Kini Mangkrak? Flashback Gembar-gembor Investasi Triliunan di Bukit Algoritma Sukabumi

Senin 10 Juni 2024, 14:30 WIB
Groundbreaking proyek Bukit Algoritma di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, pada 9 Juni 2021. | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah

Groundbreaking proyek Bukit Algoritma di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, pada 9 Juni 2021. | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga tahun lalu, tepatnya 18 April 2021, dalam sebuah wawancara dengan sukabumiupdate.com, pimpinan proyek Bukit Algoritma, Budiman Sudjatmiko, mengatakan pembangunan pusat pengembangan industri dan teknologi 4.0 serta sumber daya manusia ini tidak akan mangkrak.

Alasannya, kata Budiman, Bukit Algoritma tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Lalu, beberapa investor sudah berkomitmen untuk menyukseskan proyek ini dengan nilai investasi triliunan rupiah. Bukit Algoritma digembar-gemborkan akan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

"Pertama-tama ini tidak memakai APBN. Kita fleksibel. Ada satu komitmen tadi (investasi)," kata mantan politikus PDI Perjuangan tersebut.

Namun tiga tahun berlalu, proyek yang groundbreaking-nya dilakukan pada 9 Juni 2021 di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, ini belum memiliki kabar yang jelas. Berdasarkan pantauan langsung pada Juni 2023, belum ada pengerjaan apa pun, melainkan hanya pemeliharaan bangunan-bangunan lama.

Bukit Algoritma rencananya dibangun di lahan 888 hektare di tiga desa di Kecamatan Cikidang: Cicareuh, Pangkalan, dan Tamansari. Kemudian satu desa di Kecamatan Cibadak yaitu Neglasari. Proyek ini terbagi tiga tahap dengan masa pengerjaan tiga tahun tahap pertama, tiga tahun tahap kedua, dan empat tahun tahap ketiga.

Bukit Algoritma adalah proyek PT Kiniku Nusa Kreasi dan PT Bintang Raya Lokalestari. Keduanya membuat perusahaan Kerja Sama Operasional (KSO) bernama PT Kiniku Bintang Raya, di mana ketua pelaksananya Budiman Sudjatmiko. Sementara BUMN PT Amarta Karya (PT AMKA) menjadi kontraktor utama untuk tahap pertama.

Baca Juga: 3 Tahun Bukit Algoritma Sukabumi, Bagaimana Kabar Proyek Budiman Sudjatmiko Ini?

Pada April 2022, External Affairs PT AMKA Hilmi Dzakwan Shodiq mengatakan pembangunan Bukit Algoritma masih tertunda akibat dana investor yang belum masuk. Belum masuknya dana investor, kata Hilmi, menyebabkan pihak kontraktor belum bisa bergerak melakukan pembangunan.

"Masih pending karena dana investor belum masuk. Jadi kami kontraktor pelaksana masih belum bisa gerak," kata dia, Rabu, 13 April 2022.

Sementara tahun lalu, tepatnya 9 Juni 2023, Budiman Sudjatmiko mengatakan proyek tetap berjalan. Dia mengungkapkan pengerjaan masih berfokus pada renovasi, khususnya gedung-gedung yang sudah ada. Budiman juga menyebut timnya akan bertemu investor dari Eropa Barat. Tetapi hingga kini, belum ada kabar terbaru.

Hingga berita ini ditayangkan, sukabumiupdate.com sudah berusaha meminta keterangan kepada Budiman maupun pihak PT AMKA soal kelanjutan proyek Bukit Algoritma, namun belum memperoleh jawaban. Website PT AMKA pun tidak mengunggah informasi tentang kabar pembangunan Bukit Algoritma.

Ketika groundbreaking atau peletakan batu pertama, Juni 2021, Budiman menginformasikan perkembangan investasi yang masuk. Dia menyebut ada investor dari beberapa negara Asia yang menanamkan modalnya untuk pengembangan riset sensor pencari ikan bagi nelayan di Indonesia senilai Rp 1,7 triliun.

Angka itu menambah nilai investasi yang sebelumnya telah lebih dulu masuk ke Bukit Algoritma yakni Rp 18 triliun dari Kanada untuk pembangunan klaster fase pertama yang digarap PT AMKA berupa pembangunan infrastruktur. Kemudian ada pula investasi ekosistem energi terbarukan dari Jerman sebesar Rp 1,4 triliun.

Sebagai informasi, lahan seluas 888 hektare calon lokasi Bukit Algoritma adalah milik PT Bintang Raya Lokalestari. Dalam laporan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tahun 2018, perusahaan ini tercatat mengusulkan tanah tersebut menjadi KEK Sukabumi dengan kegiatan utamanya: pariwisata, fusi sains, dan teknologi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat08 Juli 2024, 13:00 WIB

Profil Eman Sulaeman, Hakim yang Kabulkan Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan dari Kasus Vina Cirebon

Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan.
Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan. (Sumber : pn-bandung.go.id/Video viral medsos Ayo Bandung).
Jawa Barat08 Juli 2024, 12:52 WIB

Dalam 30 Menit Dua Gempa Dangkal Guncang Cianjur

BMKG mencatat ada 2 gempa dangkal yang terjadi dalam waktu kurang 30 menit, yaitu pada pukul 11:08:05 WIB dan 11:33:40 WIB.
Dua gempa dangkal kembali guncang Cianjur, Senin 8 Juli 2023 (Sumber: BMKG)
Sehat08 Juli 2024, 12:30 WIB

15 Makanan Sehat Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal Menurut Ahli Diet

Meski sehat dikonsumsi, sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi ginjal tentang memasukkan deretan makanan terbaik untuk diet ginjal ini ke dalam rencana makan sehat.
Ilustrasi. Buah Ceri. Makanan Sehat Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal Menurut Ahli Diet (Sumber : Pexels/pixabay)
Sukabumi08 Juli 2024, 12:27 WIB

Warga Cigombong, Identitas Mayat Pria di Saung Cibadak Sukabumi Terungkap

Korban pernah hilang dari rumah, namun berhasil ditemukan dan dibawa pulang.
Polisi memperlihatkan foto Odit (74 tahun), warga Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, yang ditemukan meninggal di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Bola08 Juli 2024, 12:00 WIB

Jadwal Pekan Pertama Liga 1 2024/2025: Persib dan Persija Main di Kandang

Persib Bandung dan Persija Jakarta akan memainkan laga kandang di pekan pertama Liga 1 2024/2025.
Persib Bandung dan Persija Jakarta akan memainkan laga kandang di pekan pertama Liga 1 2024/2025. (Sumber : X/@Persija/@Persib).
Entertainment08 Juli 2024, 11:30 WIB

Mengenakan Pakaian Sunda, Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad Resmi Menikah

Kabar gembira datang dari pasangan selebriti ternama Indonesia yaitu Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad yang resmi menikah pada Minggu, 7 Juli 2024 kemarin.
Mengenakan Pakaian Sunda rancangan Didiet Maulana, Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad Resmi Menikah (Sumber : Instagram@/salshabillaadr)
Sukabumi08 Juli 2024, 11:21 WIB

Kusmana Apresiasi Prestasi BAPPEDA Kota Sukabumi, Ini Daftar Penghargaannya

Kusmana menekankan BAPPEDA harus mempertahankan kinerja yang sudah baik.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di halaman kantor BAPPEDA Kota Sukabumi, Selasa, 2 Juli 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Info08 Juli 2024, 11:18 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7903 SA

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2002 warna Hijau Muda dengan Nomor Polisi F 7903 SA (Sumber : istimewa)
Life08 Juli 2024, 11:00 WIB

11 Cara Mengatasi Harga Diri yang Rendah, Lakukan dengan Sehat dan Realistis!

Meningkatkan harga diri adalah proses yang memerlukan waktu, kesabaran, dan usaha yang konsisten.
Ilustrasi. Cara Mengatasi Harga Diri yang Rendah (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)
Jawa Barat08 Juli 2024, 10:50 WIB

Pegi Setiawan Bebas, PN Bandung Sebut Penetapan Tersangka atas Kasus Vina Tidak Sah

Polda Jawa Barat tidak pernah memeriksa Pegi selama delapan tahun terakhir.
Momen saat Pegi Setiawan membantah terlibat pembunuhan Vina dalam konferensi pers Polda Jawa Barat, Mei 2024. | Foto: Medsos Ayo Bandung