Mengupas Kalibunder: Potensi UMKM dan Surga Wisata di Selatan Sukabumi

Kamis 06 Juni 2024, 11:02 WIB
Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki luas wilayah 7.736 hektare, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Terdapat tujuh desa di kecamatan selatan Sukabumi ini yakni Kalibunder, Sukaluyu, Balekambang, Cimahpar, Sekarsari, Mekarwangi, dan Bojong.

Camat Kalibunder Encep Iwan Kartawirya mengungkapkan kecamatannya memiliki moto "Kalibunder Hiber". Ini adalah gagasan dari camat terdahulu. Kalibunder Hiber artinya Kalibunder berprestasi, bermanfaat, dan bermartabat. Saat ini, kata Encep, pihaknya bersama Forkopimcam sedang menjalankan program "sapoe di lembur".

Adapun pelayanan "sapoe di lembur" berupa adminduk, kesehatan, dalduk, keamanan dan ketertiban masyarakat, pelayanan KUA, pelayanan BPP/pertanian, pembinaan linmas, ormas, dan pembinaan agama. "Beberapa kegiatan yang sedang dilakukan ini mudah-mudahan menjadi langkah menuju Kalibunder Hiber. Upaya membentuk SDM yang tangguh," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 5 Juni 2024.

Baca Juga: Dinsos Salurkan Bantuan untuk Anak Penyandang Disabilitas di Kalibunder Sukabumi

Terkait ekonomi di Kalibunder, lanjut Encep, ada kurang lebih 1.361 UMKM yang tersebar di tujuh desa. Aktivitasnya mengarah kepada kegiatan home industry seperti konveksi, pengolahan gula merah, mebel, ternak, kerajinan anyaman, pembuatan tempe, budi daya jamur tiram, industri pengolahan makanan seperti donat, kue pasar, keripik pisang, keripik singkong, warung kelontongan, jual beli hasil bumi, dan kerajinan sapu ijuk.

"UMKM sedang difasilitasi legalitasnya oleh Dinas Perdagangan dan Industri bebarapa waktu lalu, tanggal 28 Mei 2024, melalui kegiatan sosialisasi dan pendampingian legalitas UMKM di aula Kecamatan Kalibinder. Diharapkan seluruh UMKM dan IKM memiliki legaliatas usaha," katanya.

Encep menyebut Kalibunder juga memiliki potensi wisata, namun lebih kepada wisata adventure seperti wisata sungai yakni Cikaso, Ciseureuh, dan Sungai Ciawitali. Lalu wisata danau seperti Danau Ciengang dan Bagendit yang sudah melegenda di telinga warga Pajampangan. Kemudian sirkuit PO Cimahpar dan Kaleang Bolang (wisata sungai).

"Ini potensi yang dimiliki Kecamatan Kalibunder. Untuk menggali semua itu memang tidak mudah. Perlu menyiapkan sumber daya manusia. Hari ini mulai langkah dan upaya mengembangkan dan menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni," ujar Encep.

Kecamatan Kalibunder berada 350 meter di atas permukaan laut dengan sebagian besar wilayah berbentuk perbukitan. Kalibunder diapit empat kecamatan. Di sebelah utara ada Lengkong, timur Pabuaran, selatan Tegalbuleud, dan barat berbatasan dengan Cimanggu. Sementara jumlah penduduk di Kecamatan Kalibunder hingga akhir Februari 2024 adalah sekitar 31.968 orang. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life08 Juli 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.
Ilustrasi Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Wanita sedang tidur | Foto : istockphoto.com
Sukabumi08 Juli 2024, 19:15 WIB

Cerita Anak Sebelum Ayahnya Ditemukan Tak Bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi

Berikut cerita anak Odit (74 tahun) pria lansia yang ditemukan tak bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi. Korban dilaporkan sempat hilang sebulan.
Anak korban, Azis (36 tahun) saat diwawancara di pemakaman belakang RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 19:14 WIB

Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Jalan Pelita Palabuhanratu

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan di ruas jalan Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.
Perbaikan di ruas jalan raya Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupatem Sukabumi | Foto : Dok. PU / Ilyas Supendi
Sehat08 Juli 2024, 19:00 WIB

5 Cara Mudah dan Murah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Life08 Juli 2024, 18:30 WIB

10 Cara Mengatasi Anak Usia 5 Tahun yang Tidak Mau Sekolah, Begini Langkahnya Bund!

Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.
Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.(Sumber : Freepik.com@pvproductions)
Life08 Juli 2024, 18:00 WIB

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Muharram yang Dianjurkan untuk Umat Muslim

Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi08 Juli 2024, 17:45 WIB

Bertahun-tahun Pinggir Jalan Ruas Jampangtengah-Kiaradua Jadi Pembuangan Sampah Liar

Pemdes setempat kini sudah memasang spanduk larangan buang sampah di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi tersebut.
Sampah menumpuk di pinggir jalan provinsi Kampung Ciembe Desa Padabenghar Jampangtengah Sukabumi. Pemdes setempat pasang spanduk larangan buang sampah. (Sumber : Istimewa)
Film08 Juli 2024, 17:30 WIB

Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection

Connection merupakan drama korea bergenre crime thriller dari SBS yang tayang pada 24 Mei 2024 dan telah berakhir 6 Juli 2024, dengan jumlah 14 episode. Berhasil meraih rating 14,2%
Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection (Sumber : Instagram@/sbsdrama.official)
Entertainment08 Juli 2024, 17:15 WIB

Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua

Pada 8 Juli 2024, ada kabar gembira mengenai istri dari aktor Song Joong Ki, Katy Louise Saunders dikabarkan sedang hamil anak kedua dan tengah menanti kelahiran anaknya itu.
Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua (Sumber : Istimewa)
Keuangan08 Juli 2024, 17:09 WIB

BPR Sukabumi Ekspansi Kredit ke Pabrik dan UMKM di Parungkuda

Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda tengah melakukan ekspansi kredit yang menyasar pabrik dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Parungkuda
M. Ramdan Maulana, Plt Kepala Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari