Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda Palabuhanratu

Rabu 05 Juni 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi - Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda di Pelabuhan Ratu (Sumber : Instagram/@yande_zetia)

Ilustrasi - Kisah Nyi Roro Kidul Penguasa Pantai Selatan Jawa Dalam Legenda di Pelabuhan Ratu (Sumber : Instagram/@yande_zetia)

SUKABUMIUPDATE.com - Pelabuhan Ratu atau juga ditulis Palabuhanratu dikenal memiliki pantai begitu indah serta kisah legenda yang melekat, hingga menjadikannya tempat wisata populer tidak hanya bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, tapi juga untuk mereka yang tertarik dengan cerita rakyat serta mitologinya.

Salah satu legenda paling terkenal di Pelabuhan Ratu adalah Nyi Roro Kidul atau dikenal juga sebagai Ratu Pantai Selatan. Cerita rakyat mengenai sosok berpakaian warna hijau paling terkenal di Indonesia, khususnya di wilayah Pulau Jawa.

Menurut legenda, Nyi Roro Kidul adalah sosok spiritual yang menguasai lautan selatan Jawa. Sosoknya sering digambarkan sebagai wanita cantik dengan memakai pakaian berwarna hijau, sekaligus menjadi simbol dari kekuasaan dan misteri laut selatan.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

Dia dipercaya sebagai penguasa gaib yang menghuni kedalaman Samudra Hindia, di mana ia memimpin sebuah kerajaan megah dan penuh dengan kekayaan meski tidak terlihat oleh mata manusia biasa.

Legenda Nyi Roro Kidul ini bermula dari kisah tragis seorang putri yang dikutuk karena nasib atau kesalahan tidak disengaja. Dalam beberapa versi cerita, putri tersebut adalah anggota keluarga kerajaan dengan kecantikan tak tertandingi, namun ia menderita nasib buruk karena kutukan yang dijatuhkan kepadanya.

Menurut cerita lain, kutukan itu timbul karena putri tersebut menolak cinta seorang pangeran atau karena kesalahan yang dilakukan oleh orang lain, hingga kemudian membawa malapetaka pada dirinya. Akhirnya, kutukan tersebut mengubahnya menjadi makhluk gaib dan mengusirnya ke laut, tempat di mana dia kemudian berubah menjadi Nyi Roro Kidul yaitu penguasa lautan.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setelah menjadi ratu laut selatan, Nyi Roro Kidul dikatakan memiliki hubungan erat dengan para raja dan pemimpin di Jawa. Dia sering kali dianggap sebagai pelindung serta pemberi nasihat kepada mereka.

Para raja Jawa, khususnya dari keraton Yogyakarta dan Surakarta memiliki tradisi khusus dengan mengirimkan persembahan serta melakukan upacara ritual untuk menghormatinya, sekaligus berharap mendapat perlindungan dan keberkahan dari sang Ratu.

Ritual ini mencerminkan kepercayaan bahwa Nyi Roro Kidul memiliki pengaruh atas kejadian-kejadian alam yang terjadi, seperti ombak besar serta memiliki kekuatan untuk keselamatan para nelayan ketika berlaut.

Dalam kaitan dengan wisata, Pelabuhan Ratu merupakan sebuah kota kecil di pesisir selatan Jawa Barat, yaitu Sukabumi dengan menawarkan keindahan alam pantainya sekaligus menjadi pusat dari kepercayaan serta pemujaan terhadap Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

Legenda ini sangat berpengaruh di kalangan masyarakat lokal sampai banyak hotel di sekitar pantai selatan Jawa, khususnya di Pelabuhan Ratu menawarkan kamar khusus yang disediakan serta dihias secara khusus untuk Nyi Roro Kidul, lengkap dengan perlengkapan serba hijau. Sayangnya, kamar-kamar ini tidak boleh ditempati oleh tamu biasa sebagai bentuk penghormatan dan supaya tidak mengganggu sang Ratu.

Bahkan, ada satu kamar di sebuah hotel dibuat diperuntukkan khusus bagi Nyi Roro Kidul. Dimana kamar tersebut selalu dijaga dan dipelihara dengan baik. Bahkan, warna hijau memenuhi setiap sudut ruangan serta wangi bunga sedap malam begitu khas di kamar hotel itu sebagai bentuk penghormatan bila sang Ratu ingin datang.

Karena cerita legenda itu pula banyak yang percaya bahwa mengenakan pakaian hijau di pantai Pelabuhan Ratu bisa mengundang nasib buruk atau bahkan menarik perhatian Nyi Roro Kidul, sehingga ditarik untuk masuk ke dalam laut.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Legenda Pelabuhan Ratu dengan cerita Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan Jawa memang sudah terkenal meski sosoknya belum pernah terlihat dan hanya ada di dalam bentuk lukisan. Walau, ia sering digambarkan memakai pakaian hijau dan bersemayam di Samudra Hindia.

Meski begitu, sosok spiritual yang menguasai lautan selatan ini tetap dianggap sebagai ratu ghaib dengan memiliki kekuatan besar, sehingga bisa membantu kemakmuran masyarakat di sekitar pantai dan selalu berhasil menarik perhatian wisatawan yang ingin melihat rupanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional05 Juli 2024, 13:12 WIB

Mengenang 13 Tahun Da'i Sejuta Umat Berpulang, Biografii Singkat KH Zainuddin MZ

KH Zainuddin MZ, yang dikenal sebagai "Da'i Sejuta Umat", telah berpulang pada Selasa, 5 Juli 2011 di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Beliau meninggal dunia karena sakit jantung dan diabetes.
KH Zainuddin MZ (2 Maret 1952 - 5 Juli 2011) | Foto : Istimewa
Sehat05 Juli 2024, 13:00 WIB

Diet Rendah Karbohidrat: Bisakah Bantu untuk Menurunkan Berat Badan?

Diet rendah karbohidrat menjadi salah satu program diet yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan.
Ilustrasi - Diet rendah karbohidrat menjadi salah satu program diet yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. (Sumber : Freepik.com).
Film05 Juli 2024, 12:45 WIB

Jadwal Tayang 3 Film Kartun yang Ada di Moviplex Sukabumi Pada 5 Juli 2024

Di Moviplex Sukabumi, ada tiga film kartun yang sedang tayang yaitu Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet, Inside Out 2, dan Despicable Me 4.
Jadwal Tayang 3 Film Kartun yang Tayang di Moviplex Sukabumi Pada 5 Juli 2024 (Sumber : X@/HabisNontonFilm)
Life05 Juli 2024, 12:30 WIB

Ingin Hidup Sukses? Ini 8 Keterampilan yang Harus Kamu Miliki untuk Meraih Kesuksesan

Orang sukses memiliki kemampuan untuk menerima, memahami, mempertimbangkan, dan berbagi informasi dan ide melalui berbicara, mendengarkan, dan berinteraksi dengan orang lain yang mencakup konsep yang lebih luas seperti komunikasi non-verbal.
Ilustrasi. Orang yang hidup sukses (Sumber : Freepik/@katemangostar)
Gadget05 Juli 2024, 12:00 WIB

7 Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kembali Lancar, Dijamin Efektif!

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan kinerja HP lemot bisa kembali optimal.
Ilustrasi. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan kinerja HP Anda bisa kembali optimal. Sumber foto : Pexels/Tracy Le Blanc
Food & Travel05 Juli 2024, 11:40 WIB

Rasakan Tour Adrenalin Seru di Sukabumi! Fun Offroad Jelajah Kaki Gede Pangrango

etualangan yang pasti seru bersama dengan keluarga ataupun teman. Menikmati keindahan alam memukau, mulai dari sungai deras hingga pegunungan nan menantang.
Liburan berpetualang di Sukabumi.  Fun Offroad jelajah kaki gunung gede pangrango (Sumber: dok kafa tour)
Aplikasi05 Juli 2024, 11:38 WIB

digitalMamaID Luncurkan Layanan Screen Score: Konten Literasi Ibu dan Anak

Sebuah media online, digitalMamaID, yang fokus pada literasi digital untuk para ibu, meluncurkan layanan terbarunya, Screen Score, mulai hari ini, Jum'at 5 Juli 2024.
Screen Score, Platform Digital untuk Mengulas Konten Anak | Foto : Istimewa
Entertainment05 Juli 2024, 11:30 WIB

Afgan Sukses Menggelar Sonder Tour Asia 2024 di Korea Selatan

Penyanyi ternama Indonesia, Afgan resmi menggelar tour Asia bernama Sonder Asia Tour 2024. Seoul, Korea Setelan dipilih menjadi pemberhentian pertama, yang menandai awal dari tour menakjubkan serta mengesankan dari sang penyanyi.
Afgan Sukses Menggelar Sonder Tour Asia 2024 di Korea Selatan (Sumber : Instagram@/afgan__)
Food & Travel05 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Sukses Suka Makan Siang Apa? Intip Makanan Favorit 12 Tokoh Berpengaruh Ini!

Apa yang biasa dimakan Mark Zuckerberg saat makan siang? Simak Makanan Favorit 12 Tokoh Berpengaruh Ini!
Ilustrasi. Makan Siang Orang Sukses di Dunia (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Sukabumi05 Juli 2024, 10:57 WIB

Kejar-kejaran Pajero dan Civic Sebelum Terjadi Keributan di Selakaso Kota Sukabumi

Warga setempat menyebut kejadian keributan massa di Selakaso Kota Sukabumi itu bermula dari aksi kejar-kejaran antara mobil Pajero dengan mobil Honda Civic
Aksi keributan di Selakaso Kota Sukabumi | Foto : Ist