Resmi Dibuka, Berikut Rangkaian Kegiatan Perayaan Milad ke-21 UMMI Sukabumi

Senin 03 Juni 2024, 17:25 WIB
Rektor UMMI Sukabumi, Reni Sukmawani resmi membuka Rangkaian Milad ke-21 UMMI dalam acara opening ceremony pada Senin (3/6/2024) pagi. (Sumber : Istimewa)

Rektor UMMI Sukabumi, Reni Sukmawani resmi membuka Rangkaian Milad ke-21 UMMI dalam acara opening ceremony pada Senin (3/6/2024) pagi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) memasuki usia yang ke-21 pada 13 Juni 2024 nanti. Dalam rangka memeriahkan hari jadinya, UMMI Sukabumi menyelenggarakan Opening Ceremony Rangkaian Milad ke-21 pada Senin (3/6/2024) pagi bertempat di taman kampus UMMI Sukabumi.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan, Ketua Badan Pembina Harian UMMI Heriyanto beserta seluruh anggota, Rektor UMMI Periode 2015-2023 Sakti Alamsyah, Wakil Rektor I, II, dan III UMMI, Pimpinan lembaga, pimpinan fakultas, pimpinan program studi, pimpinan UPT, Kepala Biro, kepala Bagian, serta Seluruh sivitas Akademika UMMI.

Rektor UMMI Sukabumi, Reni Sukmawani mengatakan, 'Gemilang 21 Tahun, Harmoni menuju UMMI Bereputasi' menjadi tema besar perayaan milad. Menurutnya, tema besar itu diambil sebagai upaya untuk meningkatkan kolaborasi yang harmonis dengan berbagai pihak.

“Tema pada perhelatan Milad Ke-21 UMMI ini diangkat sebagai upaya untuk meningkatkan kolaborasi yang harmoni dari berbagai elemen baik Persyarikatan, Mitra, Alumni serta untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan keluarga besar UMMI yang berdampak pada tekad yang sama, yaitu mewujudkan UMMI bereputasi,“ ujar Reni kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Baca Juga: Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Selain itu, Reni menyebut milad ke-21 ini banyak mengandung makna ketidakterbatasan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni) serta Komitmen UMMI Sukabumi untuk terus berkarya.

“Terdapat makna yang terkandung dalam logo Milad Ke-21 UMMI yaitu, Angka 21 (dua puluh satu) merupakan angka usia UMMI saat ini. Angka 1 diwujudkan dalam bentuk pena menggambarkan aktivitas menulis, melambangkan komitmen UMMI dalam mendorong sivitasnya untuk terus berkarya melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Catur Dharma kedua dan ketiga,” jelas dia.

“Angka 2 menggambarkan infinity atau ketidakterbatasan IPTEKS yang terus berkembang, melambangkan komitmen UMMI untuk terus mengembangkan IPTEKS melalui Catur Dharma Perguruan Tinggi,” tambahnya.

Adapun 'angka 21', disebut menunjukan aktivitas UMMI terwujud dalam ekosistem akademik yang menghasilkan karya tanpa batas, di mana para akademisi, peneliti, dan mahasiswa terus menerus menciptakan karya ilmiah dan inovasi, serta kegiatan Catur Dharma lainnya berlandaskan IPTEKS yang terus berkembang tanpa batas.

“Dengan mengaktualisasikan Catur Dharma dalam satu tarikan nafas, partisipasi harmoni dari semua unsur yang ada di UMMI, serta dukungan para mitra dan stakeholder, kami yakin UMMI bereputasi akan terwujud,” pungkasnya.

Sementara untuk kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Semarak Milad UMMI ke-21 terdiri dari:

1. UMMI Ceria yang dilaksanakan sebagai upaya mempererat persaudaraan dan silaturahmi di antara pegawai UMMI.

2. Reuni Akbar dengan mengumpulkan seluruh alumni UMMI darimasa ke masa dalam rangka membangun kembali hubungan antara sesama alumni, dan hubungan antara alumni dan universitas.

3. Kegiatan-kegiatan yang ditujukan dalam rangka mempererat hubungan antara UMMI dan masyarakat umum beserta mitra, dan alumni antara lain Fun Walk/ jalan santai; UMMI Fest yang merupakan kegiatan perlombaan antar pelajar; dan UMMI Expo yang terdiri dari Bazar keilmuan, bazar produk kerajinan, bazar kuliner, bazar UMKM dan bazar lainnya.

4. Puncak Milad Ke-21 UMMI yaitu penyelenggaraan Sidang Terbuka Senat, dengan agenda laporan rektor, orasi ilmiah oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki dengan Tema orasi “Mewujudkan Generasi yang Inovatif, Inspiratif dan Berjiwa Entrepreneur" dan amanat secara langsung dari Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Memasuki usia ke 21 Tahun ini UMMI, senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat, kontribusi dan persembahan bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya melalui pemberian:

1. Beasiswa 10 M terdiri dari (LazisMu 121 orang, KIP, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik, Beasiswa alumni SMA/MA/SMK Muhammadiyah, Kader Muhammadiyah, Mitra UMMI, Pengurus Osis/HW/IPM/Tapak Suci, Hafidz Quran, Difabel & Disabilitas, Afirmasi);
2. Program 1 desa 1 sarjana;
3. Waqaf 1021 Al-Quran;
4. Santunan kepada ratusan anak yatim piatu dan guru ngaji;
5. Bebas biaya pendaftaran mahasiwa baru selama bulan Juni 2024. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment08 Juli 2024, 11:30 WIB

Mengenakan Pakaian Sunda, Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad Resmi Menikah

Kabar gembira datang dari pasangan selebriti ternama Indonesia yaitu Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad yang resmi menikah pada Minggu, 7 Juli 2024 kemarin.
Mengenakan Pakaian Sunda rancangan Didiet Maulana, Salshabilla Adriani dan Ibrahim Risyad Resmi Menikah (Sumber : Instagram@/salshabillaadr)
Sukabumi08 Juli 2024, 11:21 WIB

Kusmana Apresiasi Prestasi BAPPEDA Kota Sukabumi, Ini Daftar Penghargaannya

Kusmana menekankan BAPPEDA harus mempertahankan kinerja yang sudah baik.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di halaman kantor BAPPEDA Kota Sukabumi, Selasa, 2 Juli 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Info08 Juli 2024, 11:18 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7903 SA

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2002 warna Hijau Muda dengan Nomor Polisi F 7903 SA (Sumber : istimewa)
Life08 Juli 2024, 11:00 WIB

11 Cara Mengatasi Harga Diri yang Rendah, Lakukan dengan Sehat dan Realistis!

Meningkatkan harga diri adalah proses yang memerlukan waktu, kesabaran, dan usaha yang konsisten.
Ilustrasi. Cara Mengatasi Harga Diri yang Rendah (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)
Jawa Barat08 Juli 2024, 10:50 WIB

Pegi Setiawan Bebas, PN Bandung Sebut Penetapan Tersangka atas Kasus Vina Tidak Sah

Polda Jawa Barat tidak pernah memeriksa Pegi selama delapan tahun terakhir.
Momen saat Pegi Setiawan membantah terlibat pembunuhan Vina dalam konferensi pers Polda Jawa Barat, Mei 2024. | Foto: Medsos Ayo Bandung
Entertainment08 Juli 2024, 10:45 WIB

Mojang Bandung, Harashta Haifa Zahra Dinobatkan Sebagai Miss Supranational 2024

Kabar gembira datang dari Harashta Haifa Zahra yang terpilih menjadi Miss Supranational 2024 yang diselenggarakan di Polandia pada Sabtu, 6 Juli 2024 waktu setempat atau Minggu 7 Juli 2024 dini hari waktu Indonesia.
Puteri Indonesia Asal Jawa Barat, Harashta Haifa Zahra menjadi pemenang di Miss Supranational 2024 (Sumber : Instagram@/misssupranational)
Food & Travel08 Juli 2024, 10:38 WIB

Dispar Sukabumi Dukung Pengembangan Objek Wisata Alam Curug Cierang

Curug Cierang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan curug lainnya.
Curug Cierang di Kampung Cierang, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi08 Juli 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Lowongan Kerja Jawa Barat untuk Lulusan S1 berikut dibuka hingga 3 September 2024 mendatang.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Freepik/@benzoix)
Sukabumi08 Juli 2024, 10:08 WIB

Peringati 1 Muharram 1446 H, Baraya Slamet Sukabumi Kuatkan Perjuangan

Sekitar 300 peserta yang tergabung dalam Baraya Slamet hadir dalam kegiatan ini.
Peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah drh Slamet di Aula SMK Plus Al-Farhan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (7/7/2024). | Foto: Istimewa
Life08 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Isyarat Bahasa Tubuh yang Menarik Wanita, Dijamin Bakal Langsung Terpikat!

Isyarat bahasa tubuh sering kali memberikan petunjuk mengenai perasaan seseorang.
Ilustrasi - Isyarat bahasa tubuh sering kali memberikan petunjuk mengenai perasaan seseorang. (Sumber : pexels.com/Mẫnn Quang)