1,9 Kg Sabu Disita dari 7 Pengedar Narkoba Jaringan Lapas di Sukabumi

Selasa 21 Mei 2024, 15:03 WIB
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo saat menunjukan barang bukti sabu 1,9 kg | Foto : Dok. Polres.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo saat menunjukan barang bukti sabu 1,9 kg | Foto : Dok. Polres.

SUKABUMIUPDATE.com - Narkotika jenis sabu sebanyak 1.988,93 gram atau 1 kilogram 9 ons 88,93 gram berhasil diamankan petugas Kepolisian Mapolres Sukabumi Kota dari tujuh tersangka. Komplotan itu diduga dikendalikan oleh dua tersangka dari dalam lapas.

Adapun ke tujuh tersangka itu berinisial EA (30 tahun), PP (25 tahun), CS (38 tahun), MZ (23 tahun), YY (38 tahun), IK (51 tahun) dan HD (33 tahun). Sedangkan dua pelaku yang diduga mengendalikan dari dalam lapas yaitu W alias A dan H.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan pengungkapan itu terjadi di lima TKP berbeda dalam kurun waktu satu minggu terakhir.

“Alhamdulillah polres sukabumi kota telah mengamankan dari lima TKP berbeda dan mengamankan tujuh tersangka,” ujar Ari kepada sukabumiupdate.com, Selasa (21/5/2024).

Kata Kapolres, pengungkapan itu bermula dari laporan warga yang merasa curiga terhadap gerak gerik para pelaku di beberapa TKP.

“Bermula dari laporan masyarakat yang curiga adanya lalu-lalang orang yang dicurigai kemudian kapolsek dan kasat narkoba melakukan lidik dan alhamdulillah dapat mengamankan tersangka dengan BB 1,9 kilogram,” kata dia.

Baca Juga: Tiga Pengedar Sabu di Sukabumi Diciduk, Ini Wilayah Penangkapannya

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Komitmen Dukung PPDB Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kemudian, berdasarkan hasil pengembangan dari para tersangka, polisi menduga ada keterlibatan orang lain yang diketahui berada di dalam lapas. Mereka mengaku mendapatkan barang atas arahan dari dua orang dari dalam lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Setelah kita kembangkan, bahwa barang-barang ini dari pelaku CS dan MZ dikendalikan oleh salah satu pelaku yang merupakan residivis yang saat ini masih menjalani hukuman di Lapas dan dia pernah ditangkap di wilayah Polres Sukabumi Kota pada tahun 2022 inisial H dengan BB 3 kilogram pada saat diamankan,” ungkapnya.

“Kita bergerak cepat dari Sat Narkoba untuk berkoordinasi dengan lapas tersebut, alhamdulillah dari pihak lapas koperatif dan bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan,” sambung dia.

Ari menyebut lapas itu berada di wilayah Jawa Barat (Jabar) namun bukan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. “Itu di lapas wilayah Jabar tapi bukan di wilayah polres Sukabumi Kota,” ucapnya.

Selain mengamankan para tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya berupa satu buah alat hisap sabu atau bong, 2 buah timbangan, 2 jenis sepeda motor, uang tunai Rp475 ribu.

Jika dinominalkan, dari barang bukti sabu seberat 1,9 kilogram itu, Ari menyebut mencapai angka 3  Miliar rupiah serta menyelamatkan sekurangnya 8 ribu jiwa.

“Dirupiahkan hampir Rp3 miliar, dari barang ini kita dapat menyelamatkan 8.000 jiwa yang kemungkinan terkena dampak peredaran narkoba ini,” pungkasnya.

Terhadap para tersangka, Polisi menjeratnya dengan pasal 112 ayat 1, 112 ayat 2, 114 ayat 1, 114 ayat 2, UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal lima tahun, 12 tahun, hingga seumur hidup.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Juli 2024, 12:15 WIB

5 Trik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman, Yuk Simak

Kondisi lingkungan kerja yang kondusif mempengaruhi suasana hati dan kinerja mereka. Suasana yang tenang dan menyenangkan membuat karyawan merasa nyaman dan tidak tertekan.
Ilustrasi rik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman (Sumber : pixabay.com/@nouw22)
Food & Travel02 Juli 2024, 12:14 WIB

Nikmati Kuliner Sunda di Kota Sukabumi! 12 Restoran Menu Tradisional Wajib Dikunjungi

Sukabumi menyuguhkan berbagai pilihan restoran yang memikat bagi pecinta masakan Sunda.
Ilustrasi liwet dan aneka menu khas sunda (Sumber: Pinterest @cookpad.com)
Motor02 Juli 2024, 12:00 WIB

10 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin.
Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Aplikasi02 Juli 2024, 11:58 WIB

Perketat Pengamanan Rumah dengan Sensor Motion Berbasis Android

Perancangan sistem kamera pengawas memanfaatkan teknologi wireless yang memungkinkan diakses jarak jauh, dimanapun dan kapanpun oleh pemilik rumah.
Ilustrasi sensor motion (Sumber: freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:45 WIB

Pemula Wajib Tahu, 5 Tips Aman Solo Travelling Untuk Liburan Nanti

Tips solo traveling adalah panduan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia sendirian tanpa kekhawatiran berlebihan.
Ilustrasi. Tips Liburan Sendirian, Solo Traveling Lebih Tenang! (Sumber : pixabay.com/@OvidiuNegrea)
Sukabumi02 Juli 2024, 11:41 WIB

Hujan Picu Banjir Luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, Tiga Rumah Terendam

Tiga rumah terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, tiga belas warga terdampak. Bencana alam ini dipicu hujan deras dengan durasi lama.
Kondisi rumah yang terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life02 Juli 2024, 11:30 WIB

Pusing Anak Laki-laki Tidak Mau Diam dan Sulit Diatur? Atasi dengan 10 Cara Ini!

Tetapkan aturan yang jelas dan rutinitas harian agar anak lebih tertib. Anak-anak cenderung merasa lebih aman dan tahu apa yang diharapkan ketika ada struktur yang konsisten.
Ilustrasi. Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Diatur dan Tidak Mau Diam (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:15 WIB

Yuk Simak, 7 Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga

Merencanakan liburan saat mudik membutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan bersama keluarga tetap nyaman dan menyenangkan.
Ilustrasi Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga (Sumber : Pixabay.com/@labwan22)
Sehat02 Juli 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Latihan Plank Rutin Saat Olahraga, Bakar Kalori Perut Anti Buncit!

Anti Buncit! Plank cukup populer karena manfaat kesehatannya untuk membakar lemak perut.
Ilustrasi. Manfaat Latihan Plank Rutin Saat Olahraga, Bakar Kalori Perut Anti Buncit! (Sumber : Pexels/ElinaFairytale)
Sukabumi02 Juli 2024, 10:55 WIB

Viral Paduan Suara Siswa SMK di Sukabumi Nyanyikan Lagu Sunda 'Jang', Ini Pesan di Baliknya

Paduan Suara Siswa SMK Terpadu 2 Yaspida Sukabumi yang menyanyikan lagu sunda berjudul Jang tengah viral di media sosial.
Tangkapan layar video viral paduan Suara Siswa SMK Terpadu 2 Yaspida Sukabumi yang tuai pujian saat membawakan lagu sunda 'Jang'. (Sumber : Akun TikTok kodam993)