Ini Penyebab 20 Bidang Tanah di Cisaat Belum Dibayar Proyek Tol Bocimi Seksi 3

Rabu 15 Mei 2024, 14:15 WIB
Sejumlah rumah sudah mulai dibongkar untuk proyek tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat | Foto : Asep Awaludin

Sejumlah rumah sudah mulai dibongkar untuk proyek tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Pembebasan lahan di proyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 3 masih belum usai meski pengerjaan terus dilakukan. Tersendatnya pembebasan lahan tersebut diketahui sejak habisnya masa berlaku Penetapan Lokasi (Penlok) pada 7 Oktober 2023 lalu.

Kantor Agraria Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kantah Kabupaten Sukabumi menyebut Penlok sudah diterbitkan oleh Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Februari 2024. Namun belum ada pelimpahan, sehingga pembebasan lahan masih tersendat.

“Sebenarnya, Penlok itu sudah diterbitkan oleh Pak Pj Gubnernur Jawa Barat sekitar akhir bulan Februari 2024 kemarin. Tapi, karena itu belum dilimpahkan ke kita (BPN Kabupaten Sukabumi) ya kita belum kerjakan untuk melakukan pembebasan lahan lagi,” ujar Enang Sutriyadi selaku Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan ATR/BPN Kantah Kabupaten Sukabumi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, Penlok tersebut masih dalam proses pengkajian dan evaluasi yang dilakukan oleh kanwil Jabar bersama PUPR sehingga belum didelegasikan kepada BPN Kabupaten Sukabumi.

“Jadi, untuk kelanjutan pembebasan lahan jalan Tol Bocimi Seksi 3 itu, kami masih menunggu delegasi dari Kanwil. Nah, untuk waktunya sendiri kapan itu dilimpahkan ke kita, ini tergantung percepatan dari PUPR,” ungkapnya.

Baca Juga: 18 Rekomendasi Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Lebih lanjut, Enang menyebut bahwa lahan-lahan yang belum terbebaskan tersebut didominasi oleh tanah wakaf serta tanah aset milik pemerintah setempat.

“Jadi, lahan yang belum terbebaskan itu, kebanyakan tanahnya merupakan lahan wakaf, terus aset-aset desa juga ada yang belum dibayarkan. Jadi, memang itu perintahnya beda wakaf itu, kan harus ada izin dari Kementerian kalau aset dari pemerintah daerah itu belum semuanya,” paparnya.

Pihaknya mengkalim progres pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 tergantung keuangan PUPR. Terlebih, pada seksi ini masih ada sisa sebagian lahan yang tersisa atau belum dibayarkan UGR-nya.

“Jadi kalau target pekerjaan, kita bisa cepat, sementara untuk target penyelesaiannya termasuk pembayaran, kita gak bisa karena kan tergantung dari yang punya uang. Pembebasan lahan itu belum 100 persen, karena terhenti dengan Penlok sejak Oktober 2023 kemarin,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, proyek pembangunan gerbang exit Tol Bocimi seksi 3 di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi sudah berjalan. Meski demikian, Kepala Desa setempat mengabarkan bahwa ada sekitar 20 bidang tanah belum mendapat uang ganti kerugian (UGR).

Informasi yang dihimpun, sekurangnya ada sekitar 5,1 hektar tanah yang terdampak pembangunan (sebelumnya disebut 23 hektar) di Desa Cibolang Kaler.

Lebih rinci, 5,1 hektar itu terdiri dari 70 bidang tanah di kedusunan Cimahi, tanah kosong 30 bidang dan rumah 40 unit. 21 bidang tanah di kedusunan Tipar berupa tanah kosong 16 bidang dan rumah 5 unit. 33 bidang di kedusunan Cibolang berupa 20 bidang tanah kosong dan bangunan rumah 13 unit dan 31 bidang di kedusunan Cirenged berupa 26 tanah kosong dan 5 bidang bangunan rumah.

Baca Juga: Bukan Soal Motor? Polisi Dalami Motif Rahmat Bunuh Ibunya di Kalibunder Sukabumi

Kepala Desa Cibolang Kaler, Asep Fadilah menyebut dari sekian banyak bidang tanah yang terdampak, sekurangnya ada sekitar 20 bidang tanah yang belum dibayar.

“Dari semua bidang tanah di wilayah desa kami itu, ada sekitar 20 bidang lagi dari beberapa pemilik yang belum mendapatkan UGR. Seperti tanah milik pabrik kandang ayam ada 11 bidang, dan sisanya lahan warga yang belum dibayarkan itu,” ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (14/5/2024).

Menurut Asep, pengerjaan exit Tol Bocimi seksi 3 sendiri dilakukan sejak sepekan terakhir.

“Informasinya di lokasi yang sekarang dilakukan cut and fill diseberang jalur lingkar selatan itu, untuk rencana pembangunan pintu exit Tol Bocimi seksi 3,” kata dia.

Selain itu, dalam proses perataan tanah itu disebutkan sejumlah alat berat berupa excavator sudah berada di lokasi proyek pintu exit Tol Bocimi Seksi 3.

“Iya, itu baru mulai pembongkaran masuk Jalan Protokol depan jalur atau samping Universitas Nusaputra sampai belakang SDN Tipar. Itu pun juga baru tahap pemerataan tanah aja atau cut and fill. Iya, paling ada sekitar 800 meter panjangnya yang sudah dilakukan cut and fill,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi06 Oktober 2024, 11:36 WIB

5 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir, Ini Langkah PLN Sukabumi Guna Dukung Sektor Pertanian

Dukung sektor pertanian, PLN UP3 Sukabumi lakukan langkah ini sebagai bentuk komitmen selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir.
PLN UP3 Sukabumi resmi melakukan pemasangan baru untuk PT Banna Raya Sejahtera pada Rabu 2 Oktober 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi06 Oktober 2024, 11:25 WIB

Kompor Gas Meledak, Perahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Terbakar di Laut Tegalbuleud

Perahu terbakar di Laut Tegalbuleud Sukabumi, nelayan loncat ke laut untuk selamatkan diri. Kebakaran ini diduga akibat kompor gas meledak.
Perahu nelayan milik Haji Holil warga Ujunggenteng Sukabumi terbakar di perairan Tegalbuleud. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Entertainment06 Oktober 2024, 11:00 WIB

Berikut 6 Fakta Terbaru Kasus Vadel Badjideh Usai Diperiksa Hampir Delapan Jam

TikTokers Vadel Badjideh telah menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat, 4 Oktober 2024 atas dugaan asusila dan aborsi anak di bawah umur yang dilaporkan oleh Nikita Mirzani.
Berikut Fakta Terbaru Kasus Vadel Badjideh Usai Diperiksa Hampir Delapan Jam (Sumber : Instagram/@vadelbadjideh)
Inspirasi06 Oktober 2024, 10:20 WIB

Dukung Perekonomian dan Sektor Industri, PLN Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia

PLN UP3 Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia sebagai bentuk komitmen PLN selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.
PLN UP3 Sukabumi telah resmi memasok listrik dengan kapasitas daya sebesar 1.730.000 VA kepada PT Porto Food Indonesia. (Sumber : Istimewa)
Life06 Oktober 2024, 10:00 WIB

12 Tips Memelihara Anjing untuk Pemula, Jangan Takut Begini Langkahnya!

Memelihara anjing adalah pengalaman yang menyenangkan, namun juga membutuhkan tanggung jawab yang besar. Bagi pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar anjing peliharaanmu tumbuh sehat dan bahagia.
Ilustrasi - Memelihara anjing memang menyenangkan, tapi bagi pemula ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. (Sumber : Pixabay.com/@ZigmarsBerzins).
Sukabumi06 Oktober 2024, 09:52 WIB

Kecelakaan Maut di Jalur Lingsel Sukabumi, Pemotor Remaja Tewas Usai Tabrak Truk Parkir

Berikut kronologi kecelakaan maut di jalur Lingsel Sukabumi yang menewaskan pemotor remaja usai menabrak truk yang terparkir di bahu jalan.
Polisi saat olah TKP kecelakaan di Jalan Raya Lingkar Selatan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 5 Oktober 2024 malam. (Sumber Foto: Istimewa)
Inspirasi06 Oktober 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja. Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Science06 Oktober 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Oktober 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Keluar Rumah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera