Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Jumat 03 Mei 2024, 11:38 WIB
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)

Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengerjaan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat terus digeber. Walaupun pembebasan lahan belum 100 persen, jalan tol dengan panjang 13,7 kilometer tersebut terus dibangun, land clearing di sejumlah titik, termasuk di Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi yang akan menjadi pintu tol Bocimi seksi 3.

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi. Dalam video terbarunya, ia merekam dengan drone kondisi land clearing di daerah cibolang, tepat di pinggir jalan Sukabumi - Bogor, seberang simpang tiga jalur lingkar selatan.

Kawasan yang akan menjadi pintu tol bocimi seksi 3 (Cibadak - Sukabumi Barat) tersebut tampak sudah dibersihkan oleh alat berat. Video juga menjangkau perkembangan proses land clearing di pintu tol cibolang kaler.

Rencananya tol Bocimi seksi 3 akan memiliki pintu tol di Cibolang yang mengarah langsung atau lurus ke jalan lingkar selatan sebelah masjid raya raudhatul irfan, belok kiri ke arah Cisaat dan belok kanan ke arah cicantayan. Dalam video edwar widodo juga diperlihatkan sejumlah bangunan di kawasan cibolang yang dibebaskan oleh pengembang tol bocimi seksi 3 sudah dirobohkan.

Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi BaratProses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat

Selain di cibolang kaler, proses land clearing tol bocimi seksi 3 juga tengah berlangsung di kawasan Nagrak dan Ciambar. Alat-alat berat terus meratakan tanah yang akan dilintasi oleh tol bocimi tersebut, termasuk mulai menata, kawasan yang akan dibangun jembatan-jembatan yang melintasi sungai di sepanjang tol bocimi seksi 3.

Pembangunan tol bocimi seksi 3 sendiri, meleset dari target penyelesaian sesuai instruksi pemerintah kepada kontraktor. Salah satu masalahnya adalah pembebasan lahan yang belum 100 persen karena kendala izin penlok tol bocimi yang habis, sehingga harus diperbarui kembali oleh pemerintah.

Tol Bocimi seksi 3 ditarget selesai pada akhir Desember 2023 namun harus harus diundur karena beragam masalah tersebut. Data Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Kabupaten Sukabumi mencatat, proses pembebasan lahan pada saat izin penlok habis masa berlakunya baru mencapai 89 persen dengan luasan mencapai 87,2 persen. Tol Bocimi seksi 3 memiliki luas lahan sekitar 1.333.267 meter persegi, dengan target bidang tanah sebanyak 2.424 bidang tanah.

Masalah lain yang dihadapi tol bocimi seksi 3 adalah pendanaan pembangunan. Hal ini diungkap Komisi VI DPR RI saat melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Sukabumi yang dipimpin Wakil Ketua Komisi Mohamad Hekal, pada Agustus 2023 silam. Tim ini bertemu Kementerian BUMN, dan PT. Waskita Karya.

Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi BaratProses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat

Saat itu itu Haikal menyebut untuk seksi 3 (Cisaat/Cibolang) dan seksi 4 Sukaraja, progresnya tergantung pendanaan komersial yang tengah diupayakan oleh pemerintah. Ia berharap tol bocimi seksi 3 bisa selesai pada akhir 2024, dan difungsikan awal 2025.

Tol Bocimi Seksi 3 diharapkan bisa selesai akhir 2024. Jika realisasi, tidak menutup kemungkinan, Tol Bocimi Seksi 3 bisa beroperasi pada awal 2025, lalu merambah hingga ke Sukabumi Barat (Tol Bocimi Seksi 4),” ucap Haikal saat itu.

Baca Juga: Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Target ini dipertegaskan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI atau Perseroan) yang resmi mengakuisisi 25 persen saham PT Waskita Toll Road (WTR), di PT Trans Jabar Tol (TJT). Dengan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham, maka PT TJT kini dimiliki oleh PT WTR (74,99 persen), PT SMI (25 persen), dan Koperasi Waskita (0,01 persen).

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan, dengan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham PT TJT, bertujuan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) selanjutnya, yakni pada seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 Km.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science05 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juli 2024, Semua Wilayah Berpotensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)