Setengah Abad Penguji: Membangun Peradaban Negeri

Senin 25 September 2023, 17:55 WIB
Milad ke-56 Yayasan Islam Penguji Sukabumi | Foto : Sy

Milad ke-56 Yayasan Islam Penguji Sukabumi | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah abad lebih Yayasan Islam Penyelenggaraan Umroh dan Haji Indonesia atau lebih populer dengan sebutan Yayasan Penguji Sukabumi berkiprah untuk ummat dan bangsa. Tepat di hari ini Senin 25 September 2023 Yayasan Islam Penguji menyelenggarakan Milad ke-56.

Ketua Panitia Milad ke-56 Yayasan Islam Penguji Sukabumi, Hasan Marwiji menyampaikan pelaksanaan milad ini merupakan kali pertama dilaksanakan selama Yayasan Penguji berdiri.

"Walaupun usianya sudah 56 tahun, tapi merayakan milad dengan mengundang seluruh komponen yayasan serta tamu undangan merupakan yang pertama," ujar Hasan dalam sambutannya seperti dikutip sukabumiupdate.com, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Pemasangan Girder Dikebut, Jembatan Cikereteg Ditutup Hingga 29 September

Hasan mengungkapkan bahwa Yayasan Penguji selama 56 tahun sudah banyak berkiprah untuk kemajuan ummat, khusunya di Sukabumi dan umumnya bagi bangsa Indonesia. Dengan mengambil Thema "Setengah Abad Penguji: Membangun Peradaban Negeri" merupakan refleksi dari kiprah dan kontribusi Penguji untuk negeri ini.

"Kaum muda (millenian-zillenial) mungkin tidak akan mengetahui bagaimana Rumah Sakit Asyifa bisa berdiri dan maju sampai saat ini. Itulah salah satu peran yayasan penguji," jelasnya.

Milad ke-56 Yayasan Islam Penguji Sukabumi | Foto : SyMilad ke-56 Yayasan Islam Penguji Sukabumi | Foto : Sy

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Islam Penguji, Dudung Abdul Malik mengatakan bahwa inisiatif pendirian Yayasan Islam Penguji pada 25 September 1967 yang semula fokus pada pelenggaraan haji dan umroh kini akan kembali digaungkan diusia penguji itu sendiri sudah ke-56 tahun.

Baca Juga: Permendag No 50 Diteken! TikTok Shop Dilarang Berjualan Hanya Boleh Iklan Saja

"Berbagai kiprah yayasan sudah banyak dilakukan dalam berbagai bidang keummatan; pendidikan, sosial hingga kesehatan. Namun justru dalam bidang penyelenggaraan haji dan umroh belum terlaksana, dan tahun ini yayasan penguji sudah bekerjasama dengan perusahaan yang teruji dalam hal tersebut," ungkap Kang Dudung.

Menurut Kang Dudung, saat ini yayasan penguji terus eksis dalam bidang pendidikan, dimana berdiri SMK Penguji dan Pendidikan Dasar (SD Annadwah), serta Plaza Dakwah.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, peringatan Milad ke-56 Yayasan Islam Penguji yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB dihadiri seluruh komponen yayasan. Nampak hadir ketua Dewan Pembina Yayasan Penguji H. Ahmad Rifa'i dan jajaran pengurus yayasan lainnya.

Baca Juga: 21 Kades Incumbent Terpilih di Pilkades Sukabumi 2023, Apa Itu Petahana?

Selain itu, para tamu undangan dari jajaran pemerintah daerah kota dan kabupaten Sukabumi nampak hadir. Pemerintah Kota Sukabumi diwakili oleh Asda I Andri Sertiawan dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi diwakili Plt Dinas Pendidikan Jujun Junaedi serta perwakilan Kementerian Agama Kota Sukabumi. Nampak hadir juga CEO sukabumiupdate.com Nuril Arifin. 

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh ketua yayasan dan diberikan sebagai penghormatan kepada mitra yayasan penguji dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).