SUKABUMIUPDATE.com - Gereja Sidang Kristus merupakan salah satu bangunan heritage ikonik yang masih tersisa di Kota Sukabumi. Gereja ini menjadi simbol keberagaman lantaran letaknya yang berdekatan dengan Masjid Agung Kota Sukabumi yakni di Jalan Masjid, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole.
Pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah mengatakan pada awalnya Gereja Sidang Kristus dibangun atas dasar kepentingan warga Protestan yang saat itu kurang terorganisir di Kota Sukabumi. Pasalnya, zending Kristen Protestan ketika itu terfokus di wilayah Pangharepan Cikembar sebagai desa Kristen di Sukabumi.
Sementara di Kota Sukabumi, gereja Katolik berdiri megah sejak awal di Jalan Grote Postweg (sekarang BJB Jalan Ahmad Yani). Kondisi ini cukup beralasan, mengingat banyak anggota jemaat Kristen Protestan di Kota Sukabumi yang mendukung gerakan antipribumi. Ini juga akhirnya yang menyebabkan kepemilikan rumah sakit gemeente (sekarang RSUD R Syamsudin SH) diserahkan kepada misi Kristen Protestan berdasarkan rapat anggota dewan gemeente, bukan kepada misi zending Protestan.
Irman mengungkapkan gereja Protestan di jalan alun-alun utara atau Jalan Masjid (kini Gereja Sidang Kristus) berdiri atas bantuan Lenne, pemilik lahan yang juga pemilik Hotel Selabintana. Dalam catatan resminya, gereja ini berdiri sejak 1911, namun sebenarnya dalam berita kebaktian sudah muncul sejak 1905.
"Tetapi belum dipastikan apakah lokasinya sama atau tidak, mengingat tahun 1900 foto-foto area alun-alun utara belum menunjukkan keberadaan gereja tersebut. Ditengarai pembangunan gereja yang awalnya disebut Protestantsche Kerk itu memang sekitar 1911. Ini terkonfirmasi dari keberadaan lonceng tua bertuliskan Soekaboemi 1914," kata Irman kepada sukabumiupdate.com pada Selasa, 21 Februari 2023.
Baca Juga: Setahun Dibuka, Wajah Baru Lapang Merdeka Sukabumi dan Kisah Berdirinya Hotel Victoria
Selain bangunan, keberadaan jam dinding pada Gereja Sidang Kristus menjadi keunikan tersendiri karena lebih tua daripada Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Irman menyebut jam dinding Gereja Sidang Kristus dibuat pada 1911, dipasang bersamaan dengan berdirinya bangunan. Sementara jam dinding pada Jam Gadang dibuat 1926.
Tak berbeda dengan Jam Gadang, jam dinding Gereja Sidang Kristus juga menuliskan angka IV romawi dengan IIII yang sering kali menjadi misteri.
Konon, kata Irman, dalam sejarahnya, IIII memang angka empat romawi sebelum diubah ke IV, karena angka IV adalah singkatan dari dewa Romawi, Jupiter, yang ditulis IVPPITER. Ini kemudian menyebabkan Raja Louis tidak suka dan meminta untuk mengubah (tulisan angka empat romawi).
Irman yang juga Ketua Yayasan Dapuran Kipahare mengatakan jam dinding di Gereja Sidang Kristus disambungkan dengan lonceng (dibuat 1914) secara mekanik yang diproduksi oleh perusahaan Klokkengieterij Eijsbouts asal Asten, Belanda. Perusahaan produsen lonceng ini didirikan pada 1872 oleh Bonaventura Eijsbouts.
"Yang luar biasa, produsen ini juga pembuat lonceng di katedral Notre Dame de Paris, Prancis. Tampak tulisan Soekaboemi 1914 menjadi ciri yang membedakan lonceng ini dengan lonceng di Notre Dame de Paris," ujar Irman.
Pada mulanya, lonceng tersebut berbunyi setiap jam dan setiap ada kegiatan di gereja. Kegiatan-kegiatan besar seperti peringatan tahun baru masehi juga kerap diadakan di gereja ini dengan mengundang pengkhotbah dari luar seperti Batavia dan Malang. Acara pernikahan juga sering dilakukan di Gereja Sidang Kristus.
Dalam kegiatan pemerintah pun, sering kali iringan para pejabat dan pawainya melewati gereja ini serta Masjid Agung, mengingat jalan masjid pada awalnya melintasi Masjid Agung (sekarang menjadi teras masjid bagian timur). Ini ditengarai sebagai legitimasi terhadap konsep spiritual karena alun-alun sendiri memiliki konsep macapat di mana sebelah barat adalah lokasi ibadah.
Baca Juga: Jelang Natal, Daftar 59 Gereja di Sukabumi Lengkap dengan Alamatnya
Nama Protestantsche Kerk masih digunakan hingga 1941 terhadap Gereja Sidang Kristus. Namun, terjadi peralihan pengurus jemaah dari orang Belanda ke orang Tionghoa. Salah satu tokoh Tionghoa yang mengurusi gereja ini adalah Pouw Boun Giok. Kemudian gereja ini disebut juga Gereja Protestan Tionghoa (Chinese Protestant Kerk) yang disebut Cih Tuh Ciao Hui. Nama Tionghoa ini sempat terukir pada dinding Menara yang sekarang sudah seluruhnya dicat putih.
Baru pada 17 September 1941, melalui Staatsblad Hindia Belanda Nomor 395, bangunan tersebut namanya resmi diubah menjadi Gereja Sidang Kristoes--kekinian menjadi Kristus. Untuk mempermudah, alamatnya sering disebut di Jalan Grote Postweg, meski sebenarnya di Jalan Masjid yang bersambung ke Grote Postweg.
Menurut Irman, ketika Jepang masuk, banyak tempat ibadah non-muslim yang dijadikan bangunan serbaguna seperti gudang. Termasuk Gereja Sidang Kristoes yang juga tak lagi diisi aktivitas peribadatan. Selain karena banyak orang Belanda yang ditahan di kamp interniran, orang Tionghoa pun tidak disukai Jepang akibat perang Jepang Cina.
Sementara masjid-mesjid masih difungsikan karena Jepang membutuhkan dukungan kaum muslimin untuk membantu berperang melawan sekutu.
Saat proklamasi berkumandang dan terjadi pengambilalihan kekuasaan di Sukabumi, Gereja Sidang Kristoes difungsikan kembali sebagai tempat ibadah. Gereja ini dikelola oleh ordo kristus dengan badan hukum Yayasan Gereja Sidang Kristus. Ketika Belanda melakukan agresi, gereja ini menjadi gereja yang luput dari bumi hangus kota karena para pejuang menghormati tempat ibadah sehingga gereja itu masih berdiri hingga sekarang.
"Gereja Sidang Kristus menjadi ciri toleransi yang berdampingan tak jauh dari Masjid Agung Kota Sukabumi. Di atas menara gereja, terdapat kaca bundar yang bisa melihat Masjid Agung yang anggun dari menara Gereja Sidang Kristus," kata Irman.