Isu Penculikan di Medsos Bikin Resah Warga, Ini Respons Kapolres Sukabumi

Minggu 29 Januari 2023, 23:39 WIB
Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede. | Foto: Istimewa

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede merespons dua isu penculikan anak di Kecamatan Cibadak dan Cicurug yang beredar di media sosial atau Medsos. Berdasarkan penelusurannya, Perwira yang akrab dipanggil Aa Dede itu menegaskan bahwa informasi yang meresahkan warga tersebut tidak benar. 

"Ramai di Medsos soal penculikan, awal itu di Cibadak, katanya ada himbauan dari Polsek Cibadak bahwa ada penculikan, ternyata setelah saya konfirmasi ke Kapolsek Cibadak maupun Satreskrim gak ada kejadian itu. Bahkan Kapolsek Cibadak bilang ke saya 'ndan itu nyatut ndan, lambang polsek itu dicatut'," kata Maruly kepada sukabumiupdate.com, Minggu (29/1/2023).

Maruly juga memastikan terkait isu penculikan dalam kasus pembekapan anak di Cicurug hingga saat ini belum terbukti. Namun meski begitu, ia menegaskan pihaknya tetap mengusut tuntas kejadian tersebut dengan membentuk tim khusus.

"Sampai saat ini belum bisa dipastikan itu penculikan, karena indikatornya si anak masih ada," ujarnya.

Baca Juga: Dikira Penculik, Pria Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Warga Gunungguruh Sukabumi

Terpisah, Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman menambahkan, bahwa sesuai anjuran Kapolres, masyarakat diminta agar tidak perlu resah dan tetap tenang dalam menyikapi informasi adanya isu penculikan anak ini.

"Kalau ada sesuatu yang mencurigakan atau ada suatu informasi terkait dugaan kejahatan silahkan hubungi call center kami di 110 Polres Sukabumi atau lapor kepada petugas Kepolisian terdekat," ujar Aah.

Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan program 'Aa Dede Curhat Dong 'dengan menghubungi nomor telepon atau WhatsApp di nomor 08111699110.

Untuk diketahui, isu penculikan di Cibadak bermula dari beredarnya sebuah informasi di medsos terkait suatu edaran yang seolah-olah dikeluarkan pihak Kepolisian, yang meminta masyarakat waspada dengan bahaya penculikan terhadap anak berumur 11 - 12 tahun.

Edaran tersebut juga memuat kalimat "tadi pagi kejadian 4 orang pake mobil di SDN CBDK sipenculiknya tancap gas ke arah Cikembar armed 13 mohon hati2".

Baca Juga: KPU Pantarlih Pemilu 2024: Ini Cara Daftar, Jadwal, Hingga Persyaratannya

Adapun untuk isu penculikan di Cicurug, dikaitkan dengan kasus seorang bocah berinisial N (10 tahun) siswa SD yang ditemukan pingsan terkapar di teras rumahnya usai dibekap handuk oleh orang tidak dikenal.

Kapolsek Cicurug Kompol Parlan mengatakan, tidak ada indikasi mengarah ke penculikan dalam kasus tersebut. Dugaan sementara, lanjutnya, perkara ini dikarenakan ada masalah pribadi antara pelaku dengan keluarga korban. Meski begitu, untuk menelusuri lebih lanjut, Parlan memastikan hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)