Catat! Janji Politik Paslon 01 dan 02 untuk Kesejahteraan Pelayanan Pembangunan Kabupaten Sukabumi

Minggu 27 Oktober 2024, 11:03 WIB
Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 diikuti dua pasangan kandidat; paslon 01 H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. dan paslin 02 H. Asep Japar dan H. Andreas.

Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 diikuti dua pasangan kandidat; paslon 01 H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. dan paslin 02 H. Asep Japar dan H. Andreas.

SUKABUMIUPDATE.com - Dua pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Sukabumi berusaha tampil menyakinkan dalam debat publik I (pertama) antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Pilkada 2024, Sabtu, 26 Oktober 2024 di Auditorium Universitas Nusa Putra.

Dalam bedah visi misi dan program kerja yang disiarkan secara live streaming di sejumlah platform media sosial ini, paslon 01 H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. dan paslin 02 H. Asep Japar dan H. Andreas, sama-sama mengumbar janji politik untuk 5 tahun ke depan jika diberi amanah oleh rakyat untuk memimpin Kabupaten Sukabumi.

Dalam debat yang dipandu Machrani Kusuma dan Gita Ginezza sebagai moderator, dan Ciko Putri sebagai Master of Ceremony (MC). Para kandidat juga memaparkan pandangan dan rencana kerja terkait tema debat, yaitu Strategi Mewujudkan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Sukabumi yang Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan.

Bedah visi misi dan program kerja ini dikupas oleh enam panelis dari kalangan akademisi, yaitu Dr. Ike Rahcmawati, M.Si, Meri Sariningsih, S.Pd.I, M.M, Rafih Sri Wulandari, S.IP, M.Si, Titik Nur Hayati, M.Hum, M.H, Dr. Asep A Sahid Gatara, M.Si, CPS serta Dr. Ayi Abdurahman, S.Pd, M.Pd.

Janji Politik

Dalam paparannya, paslon 01 (Iyos - Zainul) memaparkan 7 janji politik atau program unggulan yang akan dilakukan untuk Kabupaten Sukabumi, yaitu; - Program telur gratis untuk warga dengan anak balita; Alokasi dana khusus lembaga/organisasi keagamaan, memfasilitasi bop madrasah diniyah, sarana keagamaan, insentif guru ngaji dan imam masjid, pelatihan life skill di lingkungan pesantren sebagai dukungan peningkatan kualitas SD; Pasar sembako murah setiap bulan per kecamatan secara bergiliran;

Baca Juga: Ngaku Gabut, 2 Wanita Muda di Kota Sukabumi Nekat Jadi Pengedar Narkoba

Menciptakan 10 ribu lapangan kerja melalui bursa kerja, fasilitas kerja baik di dalam negeri maupun luar negeri; Memfasilitasi 2000 ha lahan yang dapat dikerjasamakan untuk pengembangan pertanian yang dapat membuka minimal 2000 lapangan pekerjaan baru; Peningkatan ADD dan DD untuk desa. Pemberian bantuan keuangan untuk desa Rp 200 juta per desa per tahun. Jaminan ketenagakerjaan bagi perangkat desa, RT dan RW, Linmas, BPD serta PAUD, posyandu serta sopir ambulans. Bantuan keuangan kompetitif dan non kompetitif; Perbaikan jalan kewenangan kabupaten.

Dalam kesempatan itu, Iyos juga menyampaikan bahkan program-program kerja atau janji politik itu juga sebagai dasar arah pembangunan daerah 5 tahun ke depan, yang mereka sebut Sapta ASIK. Terdiri dari asik belajar, asik menyehatkan; asik berbagi; asik berusaha; asik berwisata; asik melayani dan asik membangun.

“Ini merupakan implementasi dari visi dan misi paslon 01, yaitu Terwujudnya Kab.Sukabumi yang agamis, sejahtera, inovatif dan kolaboratif (Sukabumi Asik). Dengan misi; membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak mulia, adaptif dan tangguh; memperkuat daya saing sumberdaya ekonomi yang kolaboratif, inklusif, dan berwawasan lingkungan; meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang amanah, informatif dan visioner; serta meningkatkan pemerataan infrastruktur (jalan, irigasi, dll) yang berkualitas dan berkelanjutan.

Sementara paslon 02 (Asep Japar - Andreas) dalam debat publik pertama ini menegaskan bahwa kehadiran mereka untuk mewujudkan visi MUBARAKAH yaitu Maju, Unggul, Berbudaya, dan Berkah). Yang akan dijabarkan melalui 4 misi utama; Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas dan Berkelanjutan: Fokus pada pengembangan agro industri dan pariwisata; Membangun Infrastruktur Pelayanan Dasar dan Penunjang Perekonomian yang Merata dan Inklusif: Memastikan semua wilayah mendapatkan akses yang sama terhadap fasilitas dasar; Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul: Berfokus pada pengembangan keterampilan berbasis IPTEK dan IMTAQ; serta Membangun Pemerintahan yang Kolaboratif, Profesional, dan Akuntabel: Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Pasangan calon Pilkada Kabupaten Sukabumi: Iyos Somantri-Zainul dan Asep Japar-Andreas | Foto : sukabumiupdatePasangan calon Pilkada Kabupaten Sukabumi: Iyos Somantri-Zainul dan Asep Japar-Andreas | Foto : sukabumiupdate

Asep Japar dan Andreas memaparkan bahwa visi dan misi paslon 02 akan diwujudkan melalui 12 program kerja yang menjadi janji politik mereka jika terpilih pada pilkada 2024. Yaitu; Membangun Jalan Kabupaten Leucir fokus pada perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar wilayah di Kabupaten Sukabumi; Bedah Rumah untuk Pra-Sejahtera Program ini ditujukan untuk membantu masyarakat dengan rumah tidak layak huni agar bisa memiliki tempat tinggal yang aman dan nyaman;

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Kentucky Ala Restoran, Renyah dan Gurih!

Generasi Mencrang, mencetak generasi muda yang mandiri, cerdas, dan berprestasi melalui pendidikan dan pelatihan yang berkualitas; Hapidz Qur’an dan Anak Petani Disarjanakan Memfasilitasi pendidikan bagi anak-anak petani dengan fokus pada pengajaran Al-Qur'an dan keterampilan praktis.

Membentuk Sekolah yang Melahirkan Lulusan Siap Kerja dengan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar agar lulusan bisa langsung terserap dalam dunia kerja; Satu Desa Satu Dokter, memastikan setiap desa memiliki akses layanan kesehatan dengan keberadaan minimal satu dokter;

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cukup dengan KTP, menyederhanakan proses pelayanan kesehatan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan cukup dengan menunjukkan KTP; Mewujudkan Jiwa Pemuda yang Mandiri, Terampil dan Berdikari sebagai program-program yang mendukung pemuda dalam berwirausaha dan mengasah keterampilan.

Menjadikan Masjid dan Pesantren sebagai Lokus Pembinaan dan Pemberdayaan Multi Sektor Mengintegrasikan kegiatan keagamaan dengan pengembangan sosial, ekonomi, dan digital; Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Budaya Lokal, untuk meningkatkan sektor pariwisata dengan memanfaatkan potensi budaya lokal sebagai daya tarik wisata.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Umum, program meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui berbagai bantuan dan pemberdayaan; Membantu Para Petani Persediaan Pupuk Murah dan Mudah, dengan menyediakan akses mudah terhadap pupuk dengan harga terjangkau bagi para petani.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola27 Oktober 2024, 13:10 WIB

Tim Futsal Mahasiswa Nusa Putra University, Raih Runner Up GEOI CUP Pakuan Bogor

Turnamen futsal yang berlangsung 22 hingga 25 Oktober 2024 di Bogor ini adalah ajang tanding tim futsal berbagai universitas ternama, sekaligus unjuk kemampuan pemain muda berbakat.
RUDAL FC, Tim Futsal mahasiswa Nusa Putra University (Sumber: dok nusa putra)
Inspirasi27 Oktober 2024, 13:00 WIB

Posisi Brand Executive, Berikut Info Loker Bidang Marketing untuk Lulusan S1

Info Loker Bidang Marketing untuk Lulusan S1. Perusahaan membutuhkan seseorang yang profesional dan proaktif.
Posisi Brand Executive, Info Loker Bidang Marketing untuk Lulusan S1 (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
DPRD Kab. Sukabumi27 Oktober 2024, 12:17 WIB

Jangan Hanya Urusan Persib, Dadang Hermawan Apresiasi 1 Tahun Viking Sukabumi Selatan

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB itu, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Viking Sukabumi Selatan dalam merayakan ulang tahunnya yang pertamanya.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Dadang Hermawan hadir dalam parade band Pajampangan anniversary Viking Sukabumi Selatan ke I (Sumber: istimewa)
Life27 Oktober 2024, 12:00 WIB

Sejarah Bajigur, Minuman Tradisional Sunda yang Eksis Sejak Zaman Belanda

Bajigur tetap menjadi minuman tradisional yang sangat digemari masyarakat Sunda dan menjadi ikon cita rasa Jawa Barat.
Bajigur merupakan minuman tradisional Sunda yang eksis sejak zaman Belanda | Foto: IG/dapur.uri
Inspirasi27 Oktober 2024, 11:25 WIB

Donasi Insan PLN Terangi 3.725 Keluarga di Indonesia, Menuju HLN Ke-79

Program Light Up The Dream merupakan inisiasi dan kepedulian dari insan PLN untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa menikmati listrik secara mandiri.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Susiana Mutia menyala listrik di rumah Ridayanti (kedua dari kiri), penerima bantuan program Light Up The Dream di Bekasi pada (23/10/2024). (Sumber: dok pln)
Sukabumi Memilih27 Oktober 2024, 11:03 WIB

Catat! Janji Politik Paslon 01 dan 02 untuk Kesejahteraan Pelayanan Pembangunan Kabupaten Sukabumi

Dalam bedah visi misi dan program kerja paslon 01 H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. dan paslin 02 H. Asep Japar dan H. Andreas, sama-sama mengumbar janji politik untuk 5 tahun ke
Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 diikuti dua pasangan kandidat; paslon 01 H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. dan paslin 02 H. Asep Japar dan H. Andreas.
Life27 Oktober 2024, 10:00 WIB

4 Bahaya Obesitas Pada Kucing dan Penyebabnya yang Harus Diketahui

Obesitas pada kucing merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat memengaruhi kualitas hidup serta harapan hidup kucing.
Ilustrasi - Obesitas pada kucing merupakan masalah kesehatan yang serius dan dapat memengaruhi kualitas hidup serta harapan hidup kucing. Foto: IG/bobbykertanegara
Inspirasi27 Oktober 2024, 09:00 WIB

Loker Sebagai Crew Leader Minimal Lulusan SMA/Sederajat, Penempatan Karang Tengah Cibadak

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Loker Sebagai Crew Leader Minimal Lulusan SMA/Sederajat, Penempatan Karang Tengah Cibadak. (Sumber : Freepik.com)
Sehat27 Oktober 2024, 08:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Meredakan Stres, Salah Satunya Dance

Menari dengan gerakan lembut, tanpa gerakan yang terlalu cepat atau berat, bisa menjadi olahraga menyenangkan yang meningkatkan mood dan membuat tubuh aktif.
Ilustrasi. Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Meredakan Stres, Salah Satunya Dance (Sumber : Freepik)
Food & Travel27 Oktober 2024, 07:00 WIB

Resep Ayam Goreng Kentucky Ala Restoran, Renyah dan Gurih!

Kelezatan dan teksturnya yang unik menjadikan Kentucky populer di seluruh dunia dan menjadi inspirasi berbagai resep ayam goreng di banyak negara.
Ilustrasi. Resep Ayam Goreng Kentucky Ala Restoran, Renyah dan Gurih! (Sumber : Pexels/Pixabay)