Tema Debat Kurang Gereget, Fraksi Rakyat Minta Panelis Gali Visi Misi Calon Bupati Sukabumi

Sabtu 26 Oktober 2024, 06:28 WIB
Rozak Daud, Ketua Fraksi Rakyat Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

Rozak Daud, Ketua Fraksi Rakyat Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi yang akan digelar hari ini, Sabtu (26/10/2024) di Auditorium Universitas Nusa Putra menjadi sorotan utama dalam rangkaian Pilkada 2024. Momen ini dinantikan banyak pihak karena akan memperlihatkan gagasan para kandidat untuk memajukan Sukabumi.

Debat ini akan mempertemukan pasangan nomor urut 1 Iyos Somantri-Zainul dan nomor 2 Asep Japar (Asjap)-Andreas. Temanya adalah "Strategi Mewujudkan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Sukabumi yang Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan".

Ketua Forum Aktivis Sukabumi Untuk Rakyat (Fraksi Rakyat), Rozak Daud, menilai tema debat pertama yang diberikan KPU kurang greget. Pasalnya, kata dia, antara tema dan visi-misi calon yang dimiliki oleh para calon sangat standar.

"Temanya sih datar saja, karena dari visi misi calon juga sangat normatif dan standar, tidak ada narasi yang kuat dalam visi misi calon," kata Rozak kepada sukabumipdate.com, Jumat (25/6/2024).

Oleh karena itu, sambung Rozak, kualitas debat pertama ini ditentukan oleh kemampuan panelis menggali lebih dalam dari visi misi calon sesuai tema yang akan dibahas.

Baca Juga: Mengenal Rekam Jejak 6 Panelis Debat Publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Baca Juga: Menjelang Debat Pilbup Sukabumi, Kubu ASIK dan AA Saling Klaim Paling Siap

"Tinggal kemampuan para panelis sejauh mana untuk mendalami visi misi calon dan menguji secara terbuka sehingga publik bisa menakar calon mana yang mampu dan menguasai prolematika masyarakat dan pemikiran apa yang ditawarkan calon sebagai solusinya," jelasnya.

Rozak berharap panelis tidak sebatas textbook dalam menguji visi-misi para calon, tetapi juga harus memahami persoalan, termasuk juga keresahan yang dirasakan masyarakat saat ini untuk dijadikan referensi tambahan dalam menguji paslon.

"Segmen pendalaman visi misi, panelis ulah normatif ku teori, tapi bisa melempar masalah ke paslon untuk memberikan solusi," imbuhnya.

Rozak menegaskan, kedua Paslon merupakan mantan pejabat yang semestinya memiliki keresahan yang kuat untuk memperbaiki kekurangan yang ada selama ini. Terutama menyangkut kesejahteraan masyarakat.

"Yang paling penting adalah mewujudkan kesejahteraan itu dengan cara apa? dan bagaimana? Tentu membutuhkan sebuah nalar yang kuat dari calon pemimpin, terobosan apa yang akan dilakukan," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 Oktober 2024, 09:05 WIB

Jenazah Sri Erni Tiba di Cikakak Sukabumi, TKW yang Meninggal Dunia di Suriah

Jenazah Sri Erni Juniarti (40 tahun) diantar menggunakan ambulans.
Peti jenazah Sri Erni Juniarti (40 tahun) di rumah duka di Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Inspirasi26 Oktober 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Produksi Minimal Lulusan SMK & D3, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Operator Produksi Minimal Lulusan SMK & D3, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat26 Oktober 2024, 08:00 WIB

9 Manfaat Mengonsumsi Air Hangat di Pagi Hari Saat Perut Kosong

Mengonsumsi air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.
Ilustrasi minum air putih. Mengonsumsi air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.| (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih26 Oktober 2024, 07:17 WIB

Debat Pilkada Ajang Adu Gagasan, Ini Latar Belakang Pendidikan Calon Bupati-Wabup Sukabumi

Menjelang debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukabumi kali ini, latar belakang pendidikan para calon pasangan (paslon) mulai menarik perhatian publik.
Pasangan calon Pilkada Kabupaten Sukabumi: Iyos Somantri-Zainul dan Asep Japar-Andreas | Foto : sukabumiupdate
Food & Travel26 Oktober 2024, 07:00 WIB

Resep Nugget Tempe, Camilan Praktis dari Pangan Lokal Sederhana

Selain sehat, Nugget Tempe mudah disimpan di freezer, menjadikannya camilan praktis yang bisa langsung digoreng kapan saja.
Ilustrasi. Nugget Tempe (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi Memilih26 Oktober 2024, 06:28 WIB

Tema Debat Kurang Gereget, Fraksi Rakyat Minta Panelis Gali Visi Misi Calon Bupati Sukabumi

Debat ini akan mempertemukan Iyos Somantri-Zainul dan Asep Japar-Andreas. Temanya adalah "Strategi Mewujudkan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Sukabumi yang Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan".
Rozak Daud, Ketua Fraksi Rakyat Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Science26 Oktober 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 Oktober 2024, Akhir Pekan Semua Wilayah Potensi Cerah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 26 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 26 Oktober 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Food & Travel25 Oktober 2024, 23:54 WIB

Pantai Karang Bolong Sukabumi: Destinasi Wisata yang Menawarkan Keindahan Alami

Pantai Karang Bolong di Sukabumi selatan semakin menarik perhatian para pecinta alam sebagai salah satu destinasi wisata yang belum banyak dikenal. Meskipun namanya mungkin terdengar menyeramkan
Pantai Karang Bolong jadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. | Instagram/@saktikandio (Sumber : Instagram/@saktikandio)
Food & Travel25 Oktober 2024, 23:46 WIB

Pantai Karanghawu: Destinasi Wisata Spiritual dan Alam di Sukabumi

Dikenal karena keindahan alamnya, pantai karang hawu terletak sekitar 75 kilometer dari Kota Sukabumi dan dapat dijangkau dalam waktu sekitar dua jam dengan kendaraan roda empat atau dua.
Pantai Karanghawu Cisolok Kabupaten Sukabumi (Sumber : akun fb palabuhanratu)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 23:32 WIB

Golkar Jabar Target Menangkan Pilkada di 16 Kabupaten/Kota, Sukabumi Tidak Masuk Prioritas

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mengintruksikan kepada seluruh anggota legislatif di tingkatan kabupaten/kota hingga provinsi untuk terjun langsung memenangkan calon yang diusung Partai Golkar
Budi Azhar Mutawali saat menerima SK penentapan dan pengesahan sebagai Pimpinan DPRD dari DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa/Sukabumi Update