Bobby Maulana: Pendidikan Vokasi Kunci Sukses Masa Depan SDM Kota Sukabumi

Jumat 25 Oktober 2024, 17:39 WIB
Ayep Zaki - Bpbby Maulana, Calon Walikota - Wakil Walikota Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Istimewa

Ayep Zaki - Bpbby Maulana, Calon Walikota - Wakil Walikota Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Seiring dengan perkembangan ekonomi dan teknologi, pendidikan vokasi dipandang sebagai solusi strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, khususnya di Kota Sukabumi. Hal terserbut disampaikan Calon Wakil Walikota Sukabumi nomor urut 2, Bobby Maulana.

Bobby yang kini mengindak usia 36 tahun dan merupakan sosok paling muda di antara kandidat dalam Pilkada Kota Sukabumi itu menekankan pentingnya pendidikan vokasi sebagai fokus dalam pengembangan keterampilan teknis dan aplikatif untuk generasi muda.

"Pendidikan vokasi, sebagai pendidikan kejuruan, berfokus pada pelatihan praktis dan persiapan langsung untuk karier tertentu," kata Bobby dalam wawancara di Sekretariat Bersama (Sekber) Jalan Otista, Kamis (24/10/2024).

Bobby, yang juga warga Tipar, Kecamatan Citamiang, menjelaskan bahwa pendidikan vokasi bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri. "Pendidikan ini dirancang untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan mampu berkontribusi langsung ke sektor industri," ungkapnya.

Baca Juga: Bawaslu Nyatakan Camat Cibeureum Sukabumi Terbukti Langgar Netralitas Pilkada 2024

Baca Juga: Ayep Zaki-Bobby Siapkan Sejumlah Program untuk Santri di Kota Sukabumi

Ia juga menekankan bahwa bobot akademis dalam pendidikan vokasi lebih ringan dibandingkan pendidikan formal. Namun lebih mengutamakan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. "Lulusan vokasi memiliki peluang besar untuk langsung bekerja karena telah dilatih dengan keterampilan yang relevan," tambahnya.

Bobby, yang dikenal luas sebagai Ustadz Musa di layar kaca, melihat pendidikan vokasi sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran, kemiskinan, dan masalah sosial lainnya di Kota Sukabumi. Ia bersama pasangannya, Ayep Zaki, berkomitmen untuk memaksimalkan pendidikan vokasi melalui pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK).

"Salah satu program unggulan kami adalah mengoptimalkan pendidikan vokasi melalui BLK, dengan rencana mendirikan BLK di setiap kecamatan," tegasnya.

"Program ini diharapkan mampu mendorong lebih banyak generasi muda Kota Sukabumi untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan industri, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Oktober 2024, 20:49 WIB

Heboh Babi Hutan Masuk Permukiman Bikin Panik Warga Citepus Sukabumi

Peristiwa babi hutan masuk permukiman di Kampung Citepus Kebon Kalapa Palabuhanratu Sukabumi ini bikin panik warga.
Momen seekor babi hutan tersudut di dalam gang buntu di Citepus Palabuhanratu Sukabumi usai dikejar warga. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Film25 Oktober 2024, 20:00 WIB

Diangkat dari Cerita Viral di X, Sinopsis dan Daftar Pemain Film Perewangan

Satu lagi film horor terbaru yang akan memenuhi layar lebar Tanah Air, yakni Perewangan yang telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Diangkat dari Cerita Viral di X, Sinopsis dan Daftar Pemain Film Perewangan (Sumber : Instagram/@perewanganfilm)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 19:48 WIB

Pendukung Paslon Dibatasi 48 Orang, Ini Tema & Segmen Debat Pertama Pilbup Sukabumi 2024

Anggota KPU Kabupaten Sukabumi, Rudini, menjelaskan bahwa setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 48 pendukung, ditambah pasangan calon, sehingga total mencapai total 50 orang
Poster debat publik pertama Pilbup Sukabumi 2024. (Sumber : KPU Kab. Sukabumi)
Sukabumi25 Oktober 2024, 19:46 WIB

21 Pengedar Narkoba di Sukabumi Ditangkap dalam Sebulan, Barbuk Senilai Rp652 Juta Disita

Dari pengungkapan kasus ini, Polres Sukabumi Kota berhasil menyelamatkan masyarakat sebanyak lebih dari 10 ribu jiwa dari jeratan narkoba.
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi dan jajarannya saat menunjukan barang bukti dan ke-21 tersangka pengedar narkoba. (Sumber : Humas Polda Jabar)
Food & Travel25 Oktober 2024, 19:00 WIB

Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Kisah Air Zamzam yang Berubah Menjadi Danau

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau indah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@kancrakayaking).
Sukabumi25 Oktober 2024, 18:38 WIB

Tertipu Kartu BPJS Kesehatan Palsu, Sejumlah Warga Sukabumi Lapor Polisi

Kasus ini bermula saat Pak RT di Loji Sukabumi tergoda jasa pembuatan Kartu BPJS Kesehatan di Medsos.
Erwan Suhenda, korban kartu BPJS Palsu di Loji Sukabumi membuat laporan polisi atas kasus dugaan penipuan yang menimpanya. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Usaha Lancar dan Dagangan Laris Banyak yang Beli

Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha.
Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, termasuk dalam hal rezeki dan usaha. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 17:39 WIB

Bobby Maulana: Pendidikan Vokasi Kunci Sukses Masa Depan SDM Kota Sukabumi

Bobby Maulana menekankan pentingnya pendidikan vokasi sebagai fokus dalam pengembangan keterampilan teknis dan aplikatif untuk generasi muda.
Ayep Zaki - Bpbby Maulana, Calon Walikota - Wakil Walikota Sukabumi pada Pilkada 2024 | Foto : Istimewa
Musik25 Oktober 2024, 17:00 WIB

#3rd Song, Ini Lirik Terjemahan Lagu Over Each Other Linkin Park

Video Musik Lagu Over Each Other sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali di YouTube meski baru dirilis pada Kamis, 24 Oktober 2024.
Official Video Lagu Over Each Other Linkin Park. Foto: YouTube/Linkin Park
Food & Travel25 Oktober 2024, 16:30 WIB

Goa Gunung Kunci Sumedang, Kisah Penjara Zaman Belanda Hingga Misteri Suara Tak Kasat Mata

Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Goa Gunung Kunci adalah salah satu tempat penuh sejarah dan misteri yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Sumber : Instagram/@sianturimawar).