Mengenal Rekam Jejak 6 Panelis Debat Publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Jumat 25 Oktober 2024, 13:09 WIB
Enam panelis dari kalangan akademisi akan membedah visi misi dan program kerja para kandidat dalam debat publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber: KPU Kabupaten Sukabumi)

Enam panelis dari kalangan akademisi akan membedah visi misi dan program kerja para kandidat dalam debat publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber: KPU Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menghadirkan 6 panelis dari kalangan akademisi untuk menguji visi misi dan program kerja dua kandidat peserta Pilkada 2024. Dari keenam orang ini, 4 adalah perempuan dan dua laki-laki alias cowok.

Diketahui, KPU Kabupaten Sukabumi akan menggelar debat publik pertama antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Pilkada 2024 pada Sabtu, 26 Oktober 2024. Acara ini berlangsung di Auditorium Universitas Nusa Putra, mulai pukul 19.00-21.00 WIB.

Debat kandidat ini mempertemukan dua pasangan calon, yakni H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. (Paslon Nomor 1), serta H. Asep Japar dan H. Andreas (Paslon Nomor 2). Debat akan dipandu oleh Machrani Kusuma dan Gita Ginezza sebagai moderator, dan Ciko Putri sebagai Master of Ceremony (MC).

Debat kandidat pilkada kabupaten sukabumi 2024 ini juga akan disiarkan langsung melalui berbagai platform, termasuk Live Streaming Youtube KPU Sukabumi, TVRI Jawa Barat, TribunJabar.id, halojabar.co, sukabumiupdate.com, RadarSukabumi, Radio Megaswara, dan Radio Elmitra 95 FM.

Baca Juga: Profil Machroni Kusuma, Presenter Salam Olahraga yang Menjadi Moderator Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi

Kepada sukabumiupdate.com, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Sukabumi, Rudini, mengungkapkan tema debat adalah Strategi Mewujudkan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Sukabumi yang Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan.

Rudini menyatakan, dalam debat ini akan dibahas dalam enam segmen, dimulai dengan pembukaan dan penyampaian visi, misi, serta program dari kedua pasangan calon.

"Segmen kedua dan ketiga akan fokus pada pendalaman visi dan misi melalui pertanyaan dari panelis. Segmen keempat dan kelima akan diisi dengan sesi debat antar pasangan calon, sedangkan segmen terakhir adalah sesi penutupan dari masing-masing paslon," paparnya.

Bedah visi misi dan program kerja para paslon di Pilkada Kabupaten Sukabumi, pada debat perdana ini akan dikupas oleh enam panelis dari kalangan akademisi. Empat dosen perempuan dan dua dosen cowok.

Baca Juga: Live di SU! Debat Perdana Pilbup Sukabumi 2024 Terbagi 6 Segmen dengan 6 Panelis

Mereka adalah Dr. Ike Rahcmawati, M.Si, Meri Sariningsih, S.Pd.I, M.M, Rafih Sri Wulandari, S.IP, M.Si, Titik Nur Hayati, M.Hum, M.H, Dr. Asep A Sahid Gatara, M.Si, CPS serta Dr. Ayi Abdurahman, S.Pd, M.Pd.

Dari berbagai sumber berikut profil singkat keenam panelis tersebut. Pertama; Dr. Ike Rahcmawati, M.Si adalah dosen ilmu metode penelitis administrasi yang saat ini menjabat sebagai wakil rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Panelis kedua, Meri Sariningsih, S.Pd.I, M.M adalah mantan komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, sekaligus dosen komunikasi dan penyiaran Islam di STAI Al-Masthuriyah Sukabumi.

Panelis ketiga, Rafih Sri Wulandari, S.IP, M.Si adalah dosen Ilmu pemerintahan Universitas Langlang Buana. Panelis keempat; Titik Nur Hayati, M.Hum, M.H adalah mantan komisioner KPU Jawa Barat.

Panelis kelima; Dr. Asep A Sahid Gatara, M.Si, CPS adalah Dosen Ilmu Politik FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Panelis keenam; Dr. Ayi Abdurahman, S.Pd, M.Pd adalah dosen ilmu pendidikan Universitas Nusa Putra.

Baca Juga: Catat Waktunya! Iyos-Zainul dan Asjap-Andreas Bakal Berhadapan di Debat Pilkada Sukabumi

Aturan tata tertib untuk debat ini sedang dalam proses finalisasi, termasuk pembatasan jumlah pendukung yang diizinkan hadir. Rudini menuturkan setiap pasangan calon diperbolehkan membawa maksimal 48 pendukung, sehingga total 50 orang bersama pasangan calon.

"Selain itu, tamu undangan lainnya seperti Bawaslu, pemerintah, akademisi, profesional, masyarakat, kelompok disabilitas, serta media juga akan hadir, dengan total peserta mencapai 70 orang," katanya.

Sebagai informasi tambahan, debat calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Debat kedua direncanakan berlangsung 20 November 2024. Rudini menjelaskan bahwa baik debat pertama maupun kedua tidak akan dipisahkan antara calon bupati dan wakil bupati. Artinya, kedua pasangan calon akan terlibat secara langsung dalam setiap sesi debat.

"Debat ini akan melibatkan kedua paslon secara penuh di setiap kesempatan, sehingga tidak ada pemisahan antara calon bupati dan wakil bupati," ungkapnya. Rudini menekankan harapannya agar kedua pasangan calon dapat menjaga suasana kondusif, serta keamanan dan ketertiban selama debat berlangsung.

"Kami berharap debat berjalan lancar dan semua aspek yang menjadi perhatian masyarakat dapat tersampaikan dengan baik," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi25 Oktober 2024, 15:00 WIB

Loker Minimal SMA/SMK Sebagai Sales Executive/Pramuniaga, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Minimal SMA/SMK Sebagai Sales Executive/Pramuniaga, Penempatan Kota Sukabumi (Sumber : Freepik)
Sukabumi25 Oktober 2024, 14:59 WIB

Korban Tewas Jadi 2 Orang! Sopir Truk yang Tabrak Angkot di Sukalarang Sukabumi Diperiksa

AS yang mengalami luka berat meninggal di rumah sakit.
Kondisi angkot yang terlibat kecelakaan di Jalan Nasional Sukabumi-Cianjur, tepatnya di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kamis pagi, 24 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi25 Oktober 2024, 14:41 WIB

Jenazah TKW Asal Cikakak Sukabumi Akhirnya Bisa Dipulangkan dari Suriah

Meninggal di Suriah, Jenazah TKW asal Cikakak Sukabumi akhirnya bisa dipulangkan. Tiba di tanah air malam ini.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment25 Oktober 2024, 14:30 WIB

Sean Diddy Combs Hadapi Gugatan Baru Terkait Kasus Memperkosa Gadis 13 Tahun

Usai ditangkap pada September 2024 lalu, kasus Sean ‘Diddy’ Combs masih menjadi sorotan publik. Bahkan, mulai bermunculan gugatan baru terhadap sang rapper.
Sean Diddy Combs Hadapi Gugatan Baru Terkait Kasus Memperkosa Gadis 13 Tahun (Sumber : Istimewa)
Produk25 Oktober 2024, 14:19 WIB

Tokopedia Luncurkan Fitur Daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal hingga UMKM

Setiap pekerja, termasuk pekerja informal dan pelaku UMKM, berhak memiliki perlindungan atas risiko kerja.
Kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dan Tokopedia. | Foto: Istimewa
Entertainment25 Oktober 2024, 13:45 WIB

Vadel Badjideh Melaporkan Nikita Mirzani Lagi, Berkaitan Dengan Tindakan ke Laura Meizani

Konflik yang terjadi antara Vadel Badjideh dan artis Nikita Mirzani belum menemukan titik terang. Kini, Vadel dikabarkan membuat laporan baru terhadap Nikita.
Vadel Badjideh Melaporkan Nikita Mirzani Lagi, Berkaitan Dengan Tindakan ke Laura Meizani (Sumber : Instagram/@vadelbadjideh)
Musik25 Oktober 2024, 13:30 WIB

Bakal Konser Perdana di Indonesia Besok, Berikut Profil Member ZEROBASEONE

Boygrup besutan acara Boys Planet, ZEROBASEONE akan menggelar konser perdananya di Jakarta bertajuk TIMELESS WORLD di Indonesia pada Sabtu, 26 Oktober 2024 mendatang di Hall 5-6 ICE BSD CITY, Tangerang.
Bakal Konser Perdana di Indonesia Besok, Berikut Profil Member ZEROBASEONE (Sumber : Instagram/@zb1offcial)
Sukabumi Memilih25 Oktober 2024, 13:09 WIB

Mengenal Rekam Jejak 6 Panelis Debat Publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

KPU menggelar debat publik pertama antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Pilkada 2024 pada Sabtu, 26 Oktober 2024. Acara ini berlangsung di Auditorium Universitas Nusa Putra, mulai pukul 19.00-21.00 WIB
Enam panelis dari kalangan akademisi akan membedah visi misi dan program kerja para kandidat dalam debat publik I Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber: KPU Kabupaten Sukabumi)
Food & Travel25 Oktober 2024, 13:00 WIB

Curug Cigentis, Air Terjun Indah di Karawang yang Berkaitan dengan Kisah Wali Songo

Curug Cigentis merupakan salah satu destinasi wisata alam yang semakin populer di Jawa Barat, khususnya di kawasan Karawang.
Curug Cigentis merupakan salah satu destinasi wisata alam yang semakin populer di Jawa Barat, khususnya di kawasan Karawang. (Sumber : Instagram/@ahmadpenzoel/@911lock)
Bola25 Oktober 2024, 12:00 WIB

Persib Gagal Raih 3 Poin, Hodak: Kami Harusnya Menang Tapi Kartu Merah Mengubah Permainan

Bojan Hodak cukup puas dengan permainan Persib, tapi seharusnya bisa meraih 3 poin pertama di kandang.
Bojan Hodak cukup puas dengan permainan Persib, tapi seharusnya bisa meraih 3 poin pertama di kandang. | X@persib (Sumber : X@persib)