Live di SU! Debat Perdana Pilbup Sukabumi 2024 Terbagi 6 Segmen dengan 6 Panelis

Kamis 24 Oktober 2024, 21:48 WIB
Poster debat publik pertama Pilbup Sukabumi 2024. (Sumber Foto: KPU Kab. Sukabumi)

Poster debat publik pertama Pilbup Sukabumi 2024. (Sumber Foto: KPU Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi akan menggelar debat publik pertama antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Pilkada 2024 pada Sabtu, 26 Oktober 2024. Acara ini akan berlangsung di Auditorium Universitas Nusa Putra, mulai pukul 19.00-21.00 WIB.

Debat ini akan mempertemukan dua pasangan calon, yakni H. Iyos Somantri dan H. Zainul S. (Paslon Nomor 1), serta H. Asep Japar dan H. Andreas (Paslon Nomor 2). Machrani Kusuma dan Gita Ginezza ditunjuk sebagai moderator untuk memandu jalannya debat.

KPU Sukabumi akan menyiarkan langsung acara ini melalui berbagai platform, termasuk Live Streaming Youtube KPU Sukabumi, TVRI Jawa Barat, TribunJabar.id, halojabar.co, sukabumiupdate.com, RadarSukabumi, Radio Megaswara, dan Radio Elmitra 95 FM.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Sukabumi, Rudini, mengungkapkan bahwa debat akan melibatkan enam panelis dari kalangan akademisi.

Para panelis tersebut berasal dari Sukabumi, Bandung, dan Depok, yaitu Dr. Ike Rahmawati, M.Si, Siti Sariinah, S.Pd.I, M.M, Fathir Sri Wulandari, S.IP, M.Si, Titik Nur Hayati, M.Pmm, H.Ut, Dr. Asep S. Sandi Gazali, M.Si, CPD, serta Dr. Ayu Andaryani, S.Pi, M.Pd.

Para panelis akan mengajukan pertanyaan kepada kedua pasangan calon berdasarkan tema yang telah ditentukan.

Baca Juga: Catat Waktunya! Iyos-Zainul dan Asjap-Andreas Bakal Berhadapan di Debat Pilkada Sukabumi

Tema utama yang diangkat dalam debat ini adalah Strategi Mewujudkan Kesejahteraan dan Pelayanan Masyarakat untuk Pembangunan Kabupaten Sukabumi yang Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan.

Rudini menyatakan, dalam debat ini akan dibahas dalam enam segmen, dimulai dengan pembukaan dan penyampaian visi, misi, serta program dari kedua pasangan calon.

"Segmen kedua dan ketiga akan fokus pada pendalaman visi dan misi melalui pertanyaan dari panelis. Segmen keempat dan kelima akan diisi dengan sesi debat antar pasangan calon, sedangkan segmen terakhir adalah sesi penutupan dari masing-masing paslon," paparnya.

Menurutnya aturan tata tertib untuk debat ini sedang dalam proses finalisasi, termasuk pembatasan jumlah pendukung yang diizinkan hadir.

Rudini menuturkan setiap pasangan calon diperbolehkan membawa maksimal 48 pendukung, sehingga total 50 orang bersama pasangan calon. "Selain itu, tamu undangan lainnya seperti Bawaslu, pemerintah, akademisi, profesional, masyarakat, kelompok disabilitas, serta media juga akan hadir, dengan total peserta mencapai 70 orang," katanya.

Sebagai informasi tambahan, debat calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Debat kedua direncanakan akan digelar pada 20 November 2024.

Rudini menjelaskan bahwa baik debat pertama maupun kedua tidak akan dipisahkan antara calon bupati dan wakil bupati. Artinya, kedua pasangan calon akan terlibat secara langsung dalam setiap sesi debat. "Debat ini akan melibatkan kedua paslon secara penuh di setiap kesempatan, sehingga tidak ada pemisahan antara calon bupati dan wakil bupati," ungkapnya.

Rudini menekankan harapannya agar kedua pasangan calon dapat menjaga suasana kondusif, serta keamanan dan ketertiban selama debat berlangsung. "Kami berharap debat berjalan lancar dan semua aspek yang menjadi perhatian masyarakat dapat tersampaikan dengan baik," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi24 Oktober 2024, 22:17 WIB

DPRD Setujui RAPBD Kabupaten Sukabumi 2025 Sebesar Rp4,4 Triliun, Tunggu Evaluasi Gubernur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi bersama Pemda menggelar rapat paripurna pada hari ini, membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2025
Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola24 Oktober 2024, 22:07 WIB

Persib Gagal Curi Poin Penuh dari Lion City Sailors di Kandang

Persib Bandung sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Tyronne Del Pino menit 43.
Striker Persib, Ciro Alves berhadapan dengan kiper Lion City Sailors pada pertandingan Grup F AFC Champions League Two, Kamis, 24 Oktober 2024. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih24 Oktober 2024, 21:48 WIB

Live di SU! Debat Perdana Pilbup Sukabumi 2024 Terbagi 6 Segmen dengan 6 Panelis

Berikut jadwal, tema hingga tata tertib Debat Perdana Pilbup Sukabumi 2024 yang akan disiarkan secara streaming di Medsos Sukabumiupdate.
Poster debat publik pertama Pilbup Sukabumi 2024. (Sumber Foto: KPU Kab. Sukabumi)
Sukabumi24 Oktober 2024, 21:33 WIB

Berakhir Duka, Upaya Pencarian Wanita Sukabumi Hingga Ditemukan Tertindih Motor

Upaya pencarian Neng Laras, Wanita Sukabumi yang ditemukan tewas tertindih motor sempat libatkan paranormal.
Postingan yang mengabarkan keluarga kehilangan neng Laras, wanita muda yang ditemukan jadi mayat yang tertindih motor di selokan Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi24 Oktober 2024, 21:24 WIB

Sidak Supermarket, DPRD Sukabumi Temukan Pelanggaran Tata Ruang hingga Limbah Berbau

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi melakukan inspeksi mendadak ke salah satu supermarket di Kecamatan Palabuhanratu pada Kamis sore (24/10/2024). Sidak ini merupakan tindak lanjut dari audiensi masyarakat.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi saat sidak di Yogya Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi Memilih24 Oktober 2024, 20:25 WIB

Bawaslu Nyatakan Camat Cibeureum Sukabumi Terbukti Langgar Netralitas Pilkada 2024

Bawaslu Kota Sukabumi nyatakan Camat Cibeureum terbukti langgar netralitas ASN di Pilkada 2024.
Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, Yasti Yustia Asih. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi24 Oktober 2024, 20:11 WIB

Gruduk DPRD, Warga Palabuhanratu Keluhkan Bau Limbah dan Makanan Kedaluwarsa di Supermarket

Sejumlah warga yang tergabung di Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat menggelar audiensi bersama DPRD Kabupaten Sukabumi audiensi itu menyoroti penanganan limbah, penjualan makanan kedaluwarsa di salah supermarket
Audiensi warga dengan DPRD Kabupaten Sukabumi terkait limbah dan makanan kedaluwarsa dari Supermarket di Palabuhanratu | Foto : llyas Supendi
Entertainment24 Oktober 2024, 20:00 WIB

Masih Viral, MV Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars Raih Rekor Penayangan

Lagu APT milik Rose BLACKPINK yang berkolaborasi dengan Bruno Mars membuat rekor baru dengan meraih viewers Youtube terbanyak dalam waktu cepat.
Masih Viral, MV Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars Raih Rekor Penayangan (Sumber : Youtube | Rose)
Sukabumi24 Oktober 2024, 19:31 WIB

Baru Putus Dari Pacar, Kisah Hidup Wanita Sukabumi yang Ditemukan Tewas Tertindih Motor

Berikut kisah hidup Neng Laras, wanita muda yang ditemukan tewas tertindih motor di Nagrak Sukabumi.
Potret Neng Laras semasa hidup. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Oktober 2024, 19:01 WIB

Meriahnya Hari Santri Di Ciracap Sukabumi, Tabuh 1000 Rebana dan Liwet 1000 Kastrol

Ribuan warga Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, tumpah ruah mengikuti kegiatan gebyar Hari Santri Nasional tingkat kecamatan, bertempat di lapangan Cipaku Desa Ujunggenteng, Kamis (24/10/2024).
Pelepasan karnaval dalam rangka Hari Santri Nasional oleh Forkopimcam dan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Dadang Hermawan | Foto : Ragil Gilang