Sejarah Volksraad, DPR Versi Hindia Belanda yang Lahir di Batavia

Rabu 23 Oktober 2024, 10:00 WIB
Volksraad kerap disebut sebagai Dewan Permusyawaratan Rakyat atau DPR di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie

Volksraad kerap disebut sebagai Dewan Permusyawaratan Rakyat atau DPR di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie

SUKABUMIUPDATE.com - Volksraad adalah lembaga parlemen yang dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 16 Desember 1916 di Batavia (sekarang Jakarta).

Lembaga Volksraad didirikan berdasarkan keputusan Indische Staatsregeling, wet op de Staatsinrichting van Nederlandsch-Indië, pasal 53-80 tanggal 16 Desember 1916. Volksraad secara harfiah berarti "Dewan Rakyat" dalam bahasa Belanda.

Sejarah Volksraad

Volksraad atau Dewan Rakyat di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indieVolksraad atau Dewan Rakyat di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie

Lebih detail, melansir Ensiklopedia Kemdikbud, Volksraad berasal dari bahasa Belanda, yang terdiri dari dua suku kata, Volks artinya rakyat dan Raad artinya dewan, sehingga Volksraad berarti Dewan Rakyat.

Volksraad adalah lembaga parlemen yang berwenang sebagai penasihat gubernur jenderal Hindia Belanda (Gouverneur generaal van Nederlands- Indië). Volksraad kerap disebut sebagai Dewan Permusyawaratan Rakyat atau DPR di zaman Hindia Belanda.

Baca Juga: Emma Poeradiredja, Perempuan Sunda Pertama yang Jadi Dewan Kota Bandung

Volksraad dibentuk sebagai hasil dari inisiatif pergerakan pribumi di Hindia Belanda yang meminta terlibat dalam pengelolaan pemerintahan. Pada awalnya, Volksraad berfungsi sebagai penasihat gubernur jenderal Hindia Belanda.

Volksraad memiliki peran sebagai lembaga yang memberikan nasihat kepada gubernur jenderal dan berwenang mengawasi kebijakan pemerintah kolonial. Anggota Volksraad terdiri dari orang-orang terpilih yang dianggap mampu membawa perubahan bagi rakyat Hindia Belanda.

Volksraad atau Dewan Rakyat di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indieVolksraad atau Dewan Rakyat di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie

Di awal periode pembentukan Volksraad tahun 1918, susunan anggota Volksraad termaktub dalam Koninklijk besluit van 30 Maart 1917 No. 69 dan tertera dalam Staatsblad No. 441. Isinya yakni Volksraad terdiri dari 39 anggota.

Dari 39 anggota Volksraad, kebijakan pemerintah menentukan 1 orang ketua yang dipilih oleh Raja/Ratu, 15 dari orang pribumi, dan 23 anggota dari Belanda dan Timur Asing. Jumlah 39 anggota Volksraad dipilih dengan alasan agar dapat mewakili masing-masing daerah (gewest) di Hindia Belanda.

Volksraad dibubarkan pada tahun 1942 setelah Jepang menginvasi Hindia Belanda dan menggantikan lembaga ini dengan Chuo Sangi-In.

Volksraad merupakan salah satu langkah penting dalam proses perjuangan rakyat Hindia Belanda untuk mendapatkan hak-hak politik dan partisipasi dalam pengelolaan pemerintahan kolonial.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional23 Oktober 2024, 12:20 WIB

Budiman Sudjatmiko Ingin Masyarakat Miskin Jadi Pemasok Makan Bergizi Gratis, Ini Alasannya

Pernyataan ini disampaikan oleh Budiman Sudjatmiko usai dilantik sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan oleh Presiden Prabowo Subianto.
Budiman Sudjatmiko dilantik jadi Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2024). (Sumber Foto: IG Budiman Sudjatmiko)
Bola23 Oktober 2024, 12:00 WIB

Lawan Lion City Sailors di ACL 2, Persib Bandung Target 3 Poin di Kandang!

Persib Bandung targetkan 3 poin saat menghadapi Lion City Sailors di Asia Champions League Two.
Persib Bandung targetkan 3 poin saat menghadapi Lion City Sailors di Asia Champions League Two. (Sumber : X@persib).
Entertainment23 Oktober 2024, 11:30 WIB

Irish Bella Menikah Lagi, Ammar Zoni Galau dan Berencana Rujuk Usai Bebas dari Penjara

Pernikahan Irish Bella dengan pengusaha Haldy Sabri cukup mengejutkan publik sampai menjadi sorotan karena terkesan tiba-tiba. Apalagi Irish baru delapan bulan bercerai dari Ammar Zoni.
Irish Bella Menikah Lagi, Ammar Zoni Galau dan Berencana Rujuk Usai Bebas dari Penjara| Foto: Instagram/@_irishbella_
Sukabumi23 Oktober 2024, 11:08 WIB

RCSU Nusa Putra University Gelar Monev Internal untuk Dosen Penerima Hibah Dikti 2024

Kegiatan Monev RCSU Nusa Putra University ini dihadiri oleh para dosen penerima hibah Dikti 2024.
RSCU Nusa Putra University gelar monev internal untuk dosen penerima Hibah Dikti 2024, Selasa (15/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Life23 Oktober 2024, 11:00 WIB

Prasasti Batu Tulis di Bogor, Peninggalan Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran

Prasasti Batu Tulis menandai pengangkatan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi sebagai pemimpin Kerajaan Pajajaran (Kerajaan Sunda).
Prasasti Batu Tulis Prabu Surawisesa (kiri) dan Prabu Siliwangi (kanan) di Bogor. Foto: IG/@bogorpisan
Sukabumi23 Oktober 2024, 10:57 WIB

Sopir Mengantuk, Mobil Tabrak Pagar Rumah Warga di Ciracap Sukabumi

Kecelakaan tunggal mobil Avanza tabrak pagar rumah di Ciracap Sukabumi ini sempat membuat warga sekitar panik.
Kecelakaan tunggal Toyota Avanza tabrak pagar rumah warga di jalan raya Ujunggenteng Ciracap Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi Memilih23 Oktober 2024, 10:00 WIB

Sejarah Volksraad, DPR Versi Hindia Belanda yang Lahir di Batavia

Volksraad berasal dari bahasa Belanda, yang terdiri dari dua suku kata, Volks artinya rakyat dan Raad artinya dewan, sehingga Volksraad berarti Dewan Rakyat.
Volksraad kerap disebut sebagai Dewan Permusyawaratan Rakyat atau DPR di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie
Sukabumi23 Oktober 2024, 09:44 WIB

Respons KCD Disdik Jabar soal Aksi Demo Pelajar SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi

Kepala KCD Wilayah V Disdik Jabar Lima Faudiamar merespons adanya aksi demo pelajar SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi.
Pelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunan (Sumber : video viral)
Life23 Oktober 2024, 09:00 WIB

9 Cara Memandikan Anak Kucing, Begini Langkahnya Agar Tidak Salah!

Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air.
Ilustrasi - Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi23 Oktober 2024, 08:00 WIB

Loker Sarjana di Perusahaan Makanan, Syarat: Fleksibel Kerja Shift Akhir Pekan

Rekruter akan menghubungi pelamar via telepon atau email resmi perusahaan, sehingga pelamar haru memastikan nomor telepon dan emailnya selalu aktif.
Ilustrasi - Loker Sarjana di Perusahaan Makanan, Syarat: Fleksibel Kerja Shift Akhir Pekan (Sumber : Pexels.com/@iMin Technology)