Emma Poeradiredja, Perempuan Sunda Pertama yang Jadi Dewan Kota Bandung

Selasa 22 Oktober 2024, 13:00 WIB
Emma Poeradiredja (duduk kedua dari kiri) adalah sosok perempuan sunda pertama yang berhasil menjadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung. (Sumber : repository.usahid.ac.id)

Emma Poeradiredja (duduk kedua dari kiri) adalah sosok perempuan sunda pertama yang berhasil menjadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung. (Sumber : repository.usahid.ac.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Emma Poeradiredja adalah sosok penting dalam sejarah politik Bandung, dikenal sebagai perempuan Sunda pertama yang jadi anggota Dewan Kota Bandung. Saat itu, Dewan Rakyat Hindia Belanda yang kini adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), disebut dengan istilah Volksraad.

Prestasi Emma Poeradiredja ini menjadi tonggak bersejarah dalam representasi perempuan di ranah politik, khususnya di Bandung.

Lantas, siapakah Emma Poeradiredja yang berhasil jadi perempuan pertama dalam parlemen Kota Bandung? Berikut profilnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Profil Emma Poeradiredja

Emma Poeradiredja (duduk kedua dari kiri) adalah sosok perempuan sunda pertama yang berhasil menjadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung.Emma Poeradiredja (duduk kedua dari kiri), sosok perempuan sunda pertama yang berhasil jadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung.

Emma Poeradiredja adalah perempuan Sunda yang lahir pada 13 Agustus 1902 di Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Emma adalah tokoh perempuan yang mengenyam pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).

Emma Poeradiredja dikenal sebagai tokoh yang aktif dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan politik.

Baca Juga: Menko Yusril Sebut Peristiwa 1998 Bukan Pelanggaran HAM Berat, Begini Respons Publik

Indonesia diketahui berhasil duduk sebagai anggota Dewan Kota pada tahun 1939. Emma Poeradiredja terpilih sebagai anggota gemeenteraad atau Dewan Kota Bandung, menjadikannya perempuan pribumi pertama yang menduduki posisi Volksraad di wilayah tersebut.

Melansir Repository USAHID yang ditulis oleh Marlinda Irwanti, bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen", selain Emma, tiga perempuan lainnya juga berhasil menjadi anggota dewan di masa pemerintahan Hindia Belanda. Mereka adalah Siti Sukaptinah (Nyonya Sunario Mangunpuspito) anggota Dewan Kota Semarang, Siti Sundari Sudirman, anggota Dewan Kota Soerabaya dan Sri Oemiati (Yat) (adik dr. Soetomo pendiri Budi Utomo) mengisi kursi kosong di Dewan Kota Cirebon tahun 1941.

Emma Poeradiredja merupakan pendiri organisasi perempuan terbesar di Pasundan, yaitu Pasundan Iestri, dan terlibat aktif dalam Kongres Pemuda I dan II (dikenal Sumpah Pemuda) serta Kongres Perempuan Indonesia III.

Di Kongres Pemuda II (Sumpah Pemuda), Emma yang menjabat sebagai Ketua Cabang Bandung Jong Islamieten Bond, berpidato mengenai peran para perempuan agar terlihat tidak hanya dalam pembicaraan pergerakan, namun juga dengan perbuatan.

Kiprah Emma Poeradiredja dalam memberdayakan perempuan Sunda dan perjuangannya dalam bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan membuatnya menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah pergerakan perempuan di Indonesia.

Dalam penelitian Angga Pusaka Hidayat dan Widyo Nugrahanto tahun 2018, bertajuk "Dina Mangsa Tahapan Katilu: Biografi Politik Emma Poeradiredja, 1935-1941", menurut Émma Poeradiredja, perempuan dapat menjalankan empat peran dalam kehidupan masyarakat, yakni :

  • perempuan sebagai ibu,
  • perempuan sebagai pemimpin dalam urusan rumah tangga,
  • perempuan sebagai isteri, dan
  • perempuan sebagai warga negara.

Emma Poeradiredja diketahui masih aktif meski sudah lanjut usia. Namun, aktivitas yang padat membuat Emma kelelahan dan jatuh sakit. Setelah dirawat selama 3 hari di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Emma Poeradiredja menghembuskan nafas terakhirnya. Emma kemudian dimakamkan di Makam Pahlawan Cikutra Bandung keesokan harinya, pada 20 April 1976.

Emma Poeradiredja akan selalu dikenang sebagai pelopor bagi perempuan Sunda di bidang politik, membuka jalan bagi banyak perempuan lainnya untuk berpartisipasi secara aktif di ruang publik, khususnya parlemen.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi22 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Posisi Sebagai Security dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Posisi Sebagai Security dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya! (Sumber : Freepik.com)
Nasional22 Oktober 2024, 14:53 WIB

Daftar Kementerian di Bawah 7 Menko KMP, Kemenkeu Langsung di Bawah Presiden Prabowo

Berikut daftar kementerian di bawah koordinasi tujuh Menko Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.
Menteri Kabinet Merah Putih bersama Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming. (Sumber Foto: Dok. Kemensetneg RI)
Produk22 Oktober 2024, 14:47 WIB

2 Ribu Paket Sembako Subsidi Dijual di Warudoyong Sukabumi, Harganya Rp 72.000

Pasar murah ini mendapat antusias dari warga.
Pasar murah di kantor Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Selasa (22/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik22 Oktober 2024, 14:30 WIB

Fakta Menarik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Viral

Lagu APT yang dinyanyikan oleh Rose BLACKPINK dan Bruno Mars berhasil menarik perhatian pendengar musik Internasional maupun Indonesia. Bahkan, menjadi trend baru yang digandrungi pengguna media sosial.
Fakta Menarik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Viral (Sumber : Instagram/@rose_are_rosie)
Nasional22 Oktober 2024, 14:00 WIB

Mendikdasmen Abdul Mu'ti Bakal Kaji Ulang Kurikulum Merdeka, PPDB Zonasi dan UN

Mendikdasmen Abdul Muti akan mengkaji ulang Kurikulum Merdeka Belajar, PPDB dengan jalur zonasi dan Ujian Nasional (UN).
Mendikdasmen Abdul Mu'ti. (Sumber Foto: Dok. PP Muhammadiyah)
Figur22 Oktober 2024, 14:00 WIB

14 Profil Singkat Menteri dan Wakil Menteri Perempuan di Kabinet Merah-Putih Prabowo

Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo.
Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo. (Sumber : Sekretariat Negara).
Inspirasi22 Oktober 2024, 13:43 WIB

Petani di Purabaya Sukabumi Budi Daya Tanaman Nilam untuk Bahan Baku Minyak Atsiri

Budi daya ini menjadi potensi untuk meningkatkan kesejahteraan petani.
Tanaman Nilam di Kampung Cikontrang, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Oktober 2024, 13:32 WIB

Beredar Video Pelajar SMK di Sukabumi Demo, Protes Dana Sumbangan Pembangunan?

Jaga medsos Sukabumi, heboh dengan aksi demo ratusan pelajar salah satu SMK di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Mereka memprotes kebijakan DSP atau dana sumbangan pembangunan yang dianggap memberatkan orang tua mereka.
Pelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunan (Sumber: video viral)
Food & Travel22 Oktober 2024, 13:30 WIB

5 Makanan Khas Depok yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan!

Dengan beragam pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera, tidak heran jika banyak orang yang menjadikan Depok sebagai tujuan wisata kuliner.
Dengan beragam pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera, tidak heran jika banyak orang yang menjadikan Depok sebagai tujuan wisata kuliner. (Sumber : Instagram/cecengemil/@belanga.id).
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 13:00 WIB

Emma Poeradiredja, Perempuan Sunda Pertama yang Jadi Dewan Kota Bandung

Emma Poeradiredja adalah sosok perempuan sunda pertama yang berhasil menjadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung.
Emma Poeradiredja (duduk kedua dari kiri) adalah sosok perempuan sunda pertama yang berhasil menjadi anggota Volksraad, Dewan Kota Bandung. (Sumber : repository.usahid.ac.id)