Rp200 Juta Per Desa, Strategi Iyos-Zainul untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan di Sukabumi

Rabu 16 Oktober 2024, 18:09 WIB
Iyos Somantri - Zainul S, Pasangan calon Bupati - Wakil Bupati Sukabumi 2025-2030 | Foto : Istimewa

Iyos Somantri - Zainul S, Pasangan calon Bupati - Wakil Bupati Sukabumi 2025-2030 | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Isu infrastruktur jalan menjadi sorotan utama dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Pasangan calon bupati dan wakil bupati, Iyos Somantri dan Zainul S, mengungkapkan strategi mereka untuk menangani permasalahan tersebut dengan alokasi anggaran yang lebih efektif.

Dalam keterangan resminya, Iyos mengatakan bahwa infrastruktur jalan di Kabupaten Sukabumi dengan tantangan utamanya yaitu jumlah jalan yang perlu diperbaiki begitu banyak, sementara kemampuan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah (Pemda) terbatas.

Oleh karena itu, kata Iyos Somantri, ia bersama calon wakilnya, Zainul S, sudah menyiapkan beberapa strategi yang bersifat umum dan yang bersifat khusus diluar strategi-strategi lainnya yang bersifat teknis.

Iyos mermaparkan, langkah pertama yang akan dilakukannya adalah berupaya meningkatkan pendapatan daerah secara signifikan. Menurutnya, berdasar pengalamannya saat menjabat Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) periode 2011-2015, ia berhasil meningkatkan PAD Kabupaten Sukabumi lebih dari 400% dari yang semula hanya Rp95 miliar menjadi lebih dari Rp500 miliar.

"(Ketika PAD sudah naik), hasilnya akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan pembangunan termasuk perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya serta kebutuhan pembangunan lainnya yang bersifat non-ifrastruktur seperti kesehatan masyarakat, pendidikan, dan lain-lain," jelas Iyos.

Dalam pembangunan infrastruktur jalan, Iyos mengatakan akan melaksanakan peningkatan kualitas jalan (perbaikan) secara tuntas pada ruas-ruas jalan yang dilakukan pengerjaan perbaikan. Dengan demikian, kata dia, masyarakat akan merasakan kemanfaatan yang maksimal dari perbaikan yang dilaksanakan tersebut. "Saat terpilih menjadi Bupati, saya akan menerapkan kebijakan perbaikan jalan yang lebih fokus dan tuntas dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Baca Juga: Kerahkan Tim di 37 Kecamatan, GASAK 46 SC Siap Menangkan Iyos-Zainul di Pilkada Sukabumi

Baca Juga: Viral! Ustaz Solmed Dukung Iyos Somantri di Pilkada Sukabumi: Ini Wejangannya

Iyos mengiluastrasikan, jika di Kabupaten Sukabumi terdapat 10 jalan yang rusak dengan masing-masing kerusakan 5km sehingga total perbaikan jalan yang perlu dilakukan di 10 ruas jalan tersebut berjarak 50km, sementara anggaran yang tersedia dalam satu periode anggaran hanya dapat memenuhi perbaikan untuk 30km.

"Yang terjadi saat ini adalah anggaran untuk 30km tersebut dipaksakan untuk memenuhi perbaikan 10 ruas jalan sehingga masing-masing ruas hanya mendapat 3km bagian jalan yang diperbaiki dengan sisanya 2km masih belum tertangani, artinya tidak satupun dari 10 ruas jalan tersebut tuntas diperbaiki," tuturnya.

"Perbaikan Fokus dan Tuntas’ yang akan kita lakukan, merujuk pada contoh 10 ruas jalan tadi maka yang akan dilakukan adalah anggaran yang tersedia untuk 30km akan digunakan untuk menuntaskan perbaikan 6 ruas jalan sekaligus hingga tuntas sementara sisanya 4 ruas jalan akan diperbaiki pada periode anggaran berikutnya," terangnya.

Hal tersebut dilakukan, jelas Iyos, dengan strategi pendekatan ‘Perbaikan Fokus dan Tuntas’ secara bertahap akan lebih terlihat progres perbaikan jalan serta akan dapat lebih dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat.

Stretegi lainya, sambung Iyos, berkaitan dengan Infrastruktur jalan ini ia bersama Zainul akan menyiapkan tambahan bantuan keuangan sebesar 200jt per desa per tahun yang dapat digunakan oleh pemerintah desa untuk perbaikan atupun pembangunan jalan baru di wilayahnya masing-masing. Jumlah ini setara dengan 1 hingga 3.6 miliar per kecamatan sesuai dengan jumlah desa dimasing-masing kecamatan.

"Selain untuk perbaikan dan pembangunan jalan, sebagian dana ini dapat juga digunakan untuk infrastruktur lain seperti kebutuhan irigasi ataupun hal-hal lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa yang berbeda-beda, serta untuk peningkatan kesejahteraan linmas, kader posyandu dll," pungkasnya.

Sumber : Press Release

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Oktober 2024, 20:12 WIB

DPMPTSP Sukabumi Dikejar Target 55 Ribu NIB UMK, Bupati Terbitkan SE

Pemprov Jabar menargetkan Kabupaten Sukabumi mampu menerbitkan 55 ribu NIB hingga akhir tahun 2024 ini.
Petugas DPMPTSP Kabupaten Sukabumi saat melayani penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Desa Jampangtengah, Kecamatan Jampang Tengah, Selasa, 24 September 2024. (Sumber : Dok. DPMPTSP Kab. Sukabumi)
Sukabumi16 Oktober 2024, 20:06 WIB

Fasilitas Taman Tenjo Resmi Alami Kerusakan, Disperkim Sukabumi Rencanakan Perbaikan Bertahap

Sejumlah fasilitas di Taman Tenjo Resmi, Palabuhanratu, mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan oleh pengunjung. Diserkim Kabupaten Sukabumi berencana segera melakukan perbaikan secara bertahap
Kondisi fasilitas toilet umum di Taman Tenjo Resmi Palabuhanratu Sukabumi mengalami rusak tak terawat | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment16 Oktober 2024, 19:30 WIB

Jin BTS akan Merilis Album Solo Baru Bertajuk Happy Pada November 2024

Kabar gembira datang dari Jin BTS yang akan comeback dengan merilis album solo terbaru pada 15 November 2024 nanti. Pastinya sangat dinantikan oleh para penggemar.
Jin BTS akan Merilis Album Solo Baru Bertajuk Happy Pada November 2024| Foto : X (Twitter) / @BTS_KJINS
Sukabumi Memilih16 Oktober 2024, 19:12 WIB

KPU Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilbup Sukabumi, 650 Pekerja Dilibatkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi telah memulai proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Bupati-Wakil Bupati 2024
650 pekerja saat menyortir dan melipat surat suara Pilkada 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Sukaraja, Rabu (16/10/2024). | Foto : Istimewa
Food & Travel16 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Tempat Wisata di Tangerang Selatan yang Seru untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

Tangerang Selatan memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi saat akhir pekan untuk melepas penat.
Taman Kota 1 BSD - Tangerang Selatan memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi saat akhir pekan untuk melepas penat. (Sumber : Google/Foto Claudius Evan).
DPRD Kab. Sukabumi16 Oktober 2024, 18:59 WIB

Bupati Sukabumi Hadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD tentang Raperda APBD 2025

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri Rapat Paripurna DPRD ke-13 pada tahun sidang 2024, Rabu (16/10/2024).
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri rapat paripurna DPRD ke-13 tahun anggaran 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Sukabumi16 Oktober 2024, 18:42 WIB

Belasan Perahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Pasang

Belasan perahu nelayan Ujunggenteng Sukabumi rusak diterjang gelombang pasang, total kerugian mencapai Rp750 juta.
Kondisi perahu nelayan Ujunggenteng Sukabumi yang rusak diterjang gelombang pasang. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi16 Oktober 2024, 18:25 WIB

Gerakan Hijau di Sukabumi: 6.000 Pohon Produktif Ditargetkan Dukung Rehabilitasi Hutan

Rencana kegiatan penanaman 6.000 pohon produktif di kawasan Wana Wisata Buniayu, sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, rehabilitasi hutan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Rencana kegiatan penanaman 6.000 pohon produktif di kawasan Wana Wisata Buniayu, sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, rehabilitasi hutan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (Sumber : Istimewa.).
Sukabumi Memilih16 Oktober 2024, 18:09 WIB

Rp200 Juta Per Desa, Strategi Iyos-Zainul untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan di Sukabumi

Isu infrastruktur jalan menjadi sorotan utama dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. Pasangan calon bupati dan wakil bupati, Iyos Somantri dan Zainul S, mengungkapkan strategi mereka untuk menangani permasalahan tersebut
Iyos Somantri - Zainul S, Pasangan calon Bupati - Wakil Bupati Sukabumi 2025-2030 | Foto : Istimewa
Sukabumi16 Oktober 2024, 18:03 WIB

Pemeliharaan Rutin, Dinas PU Perbaiki Jalan Simpang Lio-Pasir Langkap Cikidang Sukabumi

Perbaikan ruas jalan di Cikidang ini merupakan bagian dari pemeliharaan rutin yang dilakukan oleh Dinas PU Kabupaten Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi perbaiki ruas jalan Simpanglio-Pasir Langkap, Kecamatan Cikidang. (Sumber : Istimewa)