KPU Pakai Sirekap di Pilkada 2024, Publik Pantau Rekap Suara Lewat Website

Kamis 26 September 2024, 09:43 WIB
(Foto Ilustrasi) KPU dan Komisi II DPR menyepakati penggunaan Sirekap di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa

(Foto Ilustrasi) KPU dan Komisi II DPR menyepakati penggunaan Sirekap di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi II DPR menyepakati penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Pilkada 2024. Nantinya publik dapat memantau hasil rekapitulasi suara Pilkada melalui website yang disediakan KPU.

Mengutip tempo.co, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Betty Epsilon Idroos mengatakan Sirekap info publik tersebut akan melengkapi penggunaan dua Sirekap sebelumnya, yakni Sirekap Mobile dan Sirekap Web. "Sebelumnya dua Sirekap ini hanya bisa diakses oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara. Jadi nanti di Pilkada akan ada tiga jenis Sirekap," kata Betty saat rapat kerja bersama Komisi II, Rabu, 25 September 2024.

Betty menjelaskan, melalui Sirekap info publik, masyarakat bisa mengakses sistem yang menampilkan dokumen C.HSIL dan D.HSIL. Dia mengatakan sistem ini juga akan menghimpun tabulasi kedua dokumen tersebut. "Setiap C.HSIL akan ada penanda khusus Optical Marking Recognition (OMR) jadi penanda khusus di kol dan di table untuk perolehan hasil," kata Betty.

Baca Juga: Lawan Kotak Kosong, Daftar 37 Paslon Tunggal di Pilkada Serentak 2024

Dengan begitu, Betty mengatakan publik bisa terlibat dalam mengawas proses pemungutan suara di Pilkada 2024 secara maksimal. Betty mengatakan proses persiapan sistem Sirekap ini sudah memasuki tahapan akhir.

KPU juga telah melakukan uji coba penggunaan Sirekap pada Pilkada mendatang. Betty mengataan pengembangan Sirekap untuk Pilkada bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung. "Proses pengembangannya sudah 99 persen dan saat ini sedang dalam masa perbaikan untuk siap diaplikasikan saat pemungutan suara di Pilkada 2024," kata Betty.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 20:24 WIB

Hari Kesaktian Pancasila: Anggota DPRD Sukabumi Ingatkan Pentingnya Persatuan di Momen Pilkada

Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila yang senantiasa di peringati pada tanggal 1 Oktober, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Sendi A. Maulana, menyampaikan pentingnya menjaga persatuan di momen Pilkada
Sendi A. Maulana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDI Perjuangan | Foto : Sukabumiupdate
Sukabumi01 Oktober 2024, 19:40 WIB

Saksi Cerita Detik-detik Pemotor 13 Tahun Tertabrak Kereta Api Pangrango di Cibadak Sukabumi

Berikut kesaksian warga di lokasi kejadian pemotor 13 tahun tertabrak kereta api Pangrango di perlintasan sebidang tanpa palang pintu Cibadak Sukabumi.
Kondisi perlintasan sebidang liar tanpa palang pintu TKP pemotor 13 tahun tertabrak Kereta Api Pangrango di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Food & Travel01 Oktober 2024, 19:00 WIB

Wisata Banten Pantai Batu Saung: Menikmati Keindahan Alam di Ujung Barat Pulau Jawa

Pantai Batu Saung adalah destinasi wisata Banten yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan pesona yang memukau.
Pantai Batu Saung adalah destinasi wisata Banten yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan pesona yang memukau. (Sumber : Desa Cinangka.).
Sukabumi01 Oktober 2024, 18:56 WIB

Pemotor 13 Tahun Tertabrak KA Pangrango di Cibadak Sukabumi, Diduga Tak Dengar Klakson

Seorang pemotor di bawah umur tertabrak Kereta Api Pangrango di perlintasan liar Cibadak Sukabumi. Korban dilarikan ke RSUD Sekarwangi.
Kondisi motor yang tertemper KA Pangrango di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi01 Oktober 2024, 18:07 WIB

Distan Lakukan Monev Pembangunan Jalan Usaha Tani Di Cidolog Sukabumi

UPTD Pertanian Wilayah Sagaranten, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) proyek pembangunan jalan sektor perkebunan di Kecamatan Cidolog.
UPTD Pertanian Sagaranten saat melakukan monev pengerasan jalan sektor perkebunan di Desa Mekarjaya Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Life01 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Langsung Oleh Rasulullah SAW, Yuk Amalkan

Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini.
Ilustrasi - Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 17:30 WIB

Ketua DPRD Sukabumi Bacakan Ikrar saat Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Berikut isi naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali.
Momen Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar saat membacakan ikrar dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Alun-alun Palabuhanratu. (Sumber : Dok. DPRD)
Jawa Barat01 Oktober 2024, 17:24 WIB

Ada Komeng 'Uhuy', Empat Anggota DPD RI Asal Jawa Barat Resmi Dilantik

Hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik. Upacara pelantikan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.
4 anggota DPD RI asal Jawa Barat resmi dilantik (Alfiansyah Komeng, Aanya Rina Casmayanti, Jihan Fahira, dan Agita Nurfianti) | Foto : Colase Sukabumi Update
Musik01 Oktober 2024, 17:00 WIB

Langsung Trending! Ini Lirik Lagu Udang Di Balik Batu Ungu, Lesti & Nassar

Lagu Udang Di Balik Batu dipopulerkan secara kolaborasi oleh Ungu Band bersama Lesti dan Nassar. Lagu ini melesat Langsung Trending YouTube Music meski baru rilis.
Official Video Lirik Lagu Udang Di Balik Batu Ungu Band, Lesti dan Nassar. Foto: YouTube/TrinityOptimaProduction
Sukabumi01 Oktober 2024, 16:57 WIB

Warga Tolak Pembangunan Tambak Udang di Dekat Pantai Minajaya Sukabumi, Ini Alasannya

Berikut alasan warga tolak rencana pembangunan tambak udang di dekat areal pesisir Pantai Minajaya Surade Sukabumi.
Suasana audiensi membahas rencana pembangunan tambak udang di dekat Pantai Minajaya Surade Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang