Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Rabu 25 September 2024, 19:27 WIB
Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)

Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi definitif masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik, pada Rabu (25/9/2024).

Prosesi pelantikan yang dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, unsur Forkopimda, Forkopimcam, serta tamu undangan lainnya itu berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD yang berlokasi di kompleks perkantoran Jajaway, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Politisi dari partai Golkar Budi Azhar Mutawali resmi menjadi ketua DPRD  yang didampingi tiga Wakil Ketua yang diantaranya, Wakil Ketua I Yudha Sukmagara dari Fraksi Partai Gerindra, Wakil Ketua II Usep dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Wakil Ketua III Ramzi Akbar Yusup dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat pimpinan definitif itu dilantik dan diambil sumpah janji jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cibadak Kabupaten Sukabumi, Dede Halim dalam Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD sementara Ferry Supriyadi.

Ketua DPRD sementara Ferry Supriyadi menjelaskan, pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa Barat tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD.

Baca Juga: Resmi Ditetapkan, Ini 4 Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029

Ferry mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran baik pemerintah maupun DPRD atas dukungan dan kerjasama selama mengemban tugas serta ungkapan selamat kepada pimpinan DPRD definitif.

Dalam kesempatan tersebut Ferry sebagai pimpinan sementara DPRD mengucapkan permohonan maaf jika selama melaksanakan tugas masih terdapat kekurangan.

"Saya ucapkan selamat kepada ketua dan wakil ketua DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029. Semoga dalam melaksanakan tugas kita semua diberikan kekuatan dan keberkahan,"singkatnya.

Prosesi pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029.Prosesi pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi yang baru dilantik, Budi Azhar Mutawali, menyatakan komitmennya untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai pimpinan DPRD dengan sebaik-baiknya.

"Merespons (sesudah dilantik) sesuai dengan sumpah janji saya menjalankan tugas pokok fungsi sebagai pimpinan DPRD beserta para pimpinan yang lain dan juga tentunya dengan anggota yang lain menjalankan tugas pokok fungsi kita sebagai Pimpinan dan anggota DPRD," kata Budi Azhar.

Budi berkomitmen akan terus meningkatkan sinergitas antara DPRD, Pemerintah daerah, instansi vertikal, dan masyarakat untuk menjalankan peraturan perundang-undangan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap dukungan dari semua pihak agar DPRD kedepan dapat terus memperbaiki diri untuk memaksimalkan peraturan Perundang-undangan yang hakikatnya demi kesejahteraan masyarakat,"jelasnya.

Azhar pun mengajak anggota DPRD agar segera mempersiapkan program kerja dari masing-masing fraksi dalam mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

"Dalam waktu dekat DPRD dengan Pemda perlu membahas beberapa rancangan antara lain, rancangan PPS, APBD 2024 dan Raperda APBD 2025. Semoga sinergi dan komunikasi terus terjaga guna mewujudkan Kabupaten Sukabumi maju, religius dan mandiri,"bebernya.

Dalam hal ini, Budi menekankan bahwa tujuan utama DPRD adalah untuk memastikan setiap peraturan yang dibuat dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

"Kami ingin peraturan-peraturan yang kami buat tidak hanya produktif, tetapi juga benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Kami akan berkolaborasi dengan legislatif dan eksekutif untuk mencapai hal ini," tandasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyadari bahwa pembangunan Kabupaten Sukabumi selama ini belum seluruhnya maksimal lantaran luas wilayah. kendati begitu, Bupati meyakini dengan Pimpinan DPRD yang baru bisa memberikan semangat baru juga dalam mewujudkan pencapaian target pembangunan yang lebih baik dan merata.

Bupati berharap, realisasi pembangunan yang dicapai DPRD sebelumnya agar terus ditingkatkan, termasuk seluruh catatan dan rekomendasi bisa ditindaklanjuti guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin.

"Semoga kiprah DPRD periode 2024-2029 mendatang dapat lebih baik dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi sejahtera lahir batin menuju indonesia maju," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 September 2024, 21:11 WIB

Gelar Razia, Tim Gabungan Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal di Sukabumi

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi dan Bea Cukai Bogor menggelar razia rokok ilegal atau tanpa cukai ke sejumlah toko dan warung di Kabupaten Sukabumi.
Hasil operasi razia peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi25 September 2024, 20:20 WIB

Menengok Pendapatan Warga Bangbayang Sukabumi dari Kuli Getah Pinus Hutan Tegalbuleud

Warga Desa Bangbayang merasa terbantu dengan adanya pekerjaan sampingan sebagai kuli sadap getah pohon pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi.
Kuli getah pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi jadi penghasilan tambahan warga Desa Bangbayang. (Sumber : SU/Ragil)
Food & Travel25 September 2024, 20:00 WIB

Situ Cibeureum Bekasi, Danau Indah Nan Gratis yang Hanya 1 Jam dari Jakarta

Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri.
Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri. (Sumber : Instagram/@arie_46/HARIDARMAWAN.COM).
Sukabumi25 September 2024, 19:35 WIB

Tersambar Petir, Rumah Warga di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Sebuah rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Kampung Babakan RT 20/03, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mengalami kebakaran setelah tersambar petir pada Rabu (25/9/2024)
Tersambar petir dan kebakaran menimpa rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Parungkuda Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Entertainment25 September 2024, 19:30 WIB

Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024

Kabar gembira buat BLINK Tanah Air karena Lisa BLACKPINK akan datang ke Indonesia melalui acara ‘LISA Fan Meetup in Asia 2024’ pada Jumat, 15 November 2024
Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024 (Sumber : Instagram/@lalalalisaa_m)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 19:27 WIB

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Ketua Dijabat Budi Azhar Mutawali.
Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)
Life25 September 2024, 19:00 WIB

Pentingnya Skill Parenting, Berikut 7 Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Skill Parenting, Orang tua perlu memahami perasaan dan pikiran anak tanpa menghakimi.
Ilustrasi. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Inspirasi25 September 2024, 18:49 WIB

Mengenal 3 Rektor Universitas Negeri Kelahiran Sukabumi, Ada yang Terpilih di Usia 38 Tahun

Menjadi rektor di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah prestasi yang menjadi kebanggaan. Dan ini adalah tiga sosok rektor yang merupakan kelahiran Sukabumi: Heri Hermansyah, KH. Solahuddin Sanusi, Prof. Deddy Ismatullah
Jabat Rektor di Universitas Negeri, (Prof. Dr. Heri Hermansyah, KH. Dr. Salahuddin Sanusi, Prof. Dr. Deddy Ismatullah | Foto : Colase Sukabumiupdate
Life25 September 2024, 18:49 WIB

3 Tahun Berjuang Melawan Perkawinan Anak di Sukabumi, Siapa GEMA CITA?

Kabupaten Sukabumi menjadi satu dari 3 daerah di Indonesia yang menjadi lokus GEMA CITA.
Generasi muda dalam kampanye Gema Cita (Sumber: dok Plan Indonesia)
Sukabumi25 September 2024, 18:45 WIB

Tuduh Tukang Teluh, Pria Palabuhanratu Jerat Leher Adik Perempuan dan Bacok Ipar Ternyata Gegara Warisan

Polisi mengungkap motif pria paruh baya di Palabuhanratu Sukabumi nekat jerat leher adik perempuan dan bacok ipar gegara warisan.
Kapolres Sukabumi AKBP Samian dan jajaran saat menunjukan barang bukti kasus penganiayaan dan fitnah tukang teluh di Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)