Nomor Urut Pilgub Jabar: Acep-Gita 1, Jeje-Ronal 2, Syaikhu-Habibie 3, dan Dedi-Erwan 4

Selasa 24 September 2024, 11:28 WIB
Empat paslon gubernur dan wakil gubernur yang berkompetisi di Pilgub Jabar 2024 beserta nomor urutnya. | Foto: KPU

Empat paslon gubernur dan wakil gubernur yang berkompetisi di Pilgub Jabar 2024 beserta nomor urutnya. | Foto: KPU

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan nomor urut empat pasangan calon atau paslon gubernur dan wakil gubernur yang berkompetisi di Pilgub Jabar 2024 dengan menggunakan simbol-simbol pewayangan.

Mengutip tempo.co, keputusan itu merupakan hasil Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Paslon di Gedung KPU Jabar pada Senin, 23 September 2024, yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB yang dipimpin Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni. Satu per satu paslon memasuki Aula KPU Jabar setelah seluruh komisioner KPU Jabar dan Bawaslu Jabar masuk terlebih dahulu.

Pengambilan nomor urut dilakukan dua tahap, yang pertama para calon wakil gubernur mengambil nomor antara 1-14 untuk mengurut dari urutan yang terkecil, dengan urutan pengambilan berdasarkan waktu kedatangan yakni secara berurutan pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, Acep Adang-Gitalis Dwi Natarina, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja.

Baca Juga: Resmi! Nomor Urut Pilkada Kota Sukabumi: Fahmi-Dida 1, Ayep-Bobby 2, dan Muraz-Andri 3

Kemudian seluruh paslon mengambil undian dengan kotak kayu bergambar karakter wayang golek, yakni Gareng, Dawala, Cepot, dan Semar.

Setelah seluruh paslon berada di tempatnya sesuai gambar karakter yang dipilihnya, mereka diminta membuka kotak yang di dalamnya terdapat gunungan wayang dengan ada angka di depannya yang menunjukkan nomor urut mereka nanti pada kertas suara Pilgub Jabar 2024.

Dari hasil pengundian nomor urut paslon, Acep Adang-Gitalis Dwi Natarina mendapatkan nomor urut 1, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja nomor urut 2, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie nomor urut 3, dan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan nomor urut 4. Hasil pengundian tersebut disambut riuh oleh teriakan yel-yel dari tim sukses dan kader partai pengusung para paslon.

Baca Juga: Iyos-Zainul 1 dan Asjap-Andreas 2! Hasil Undian Nomor Urut Pilkada Kabupaten Sukabumi

“Berdasarkan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar ditetapkan nomor urut pasangan calon,” ujar Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni.

Agenda selanjutnya, KPU meminta keempat paslon ikut dalam deklarasi damai yang akan dilakukan pada Selasa, 24 September 2024. “Setelah kami umumkan, besok (Selasa) diminta untuk datang pada acara deklarasi damai sesuai tempat yakni di Laswi Heritage pukul 09.00 WIB,” kata Ummi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 September 2024, 01:10 WIB

Polisi Dibacok Berandal Motor yang Hendak Tawuran di Sukabumi, Pelakunya 2 Oknum Pelajar

Berikut kronologi polisi di Sukabumi dibacok berandal motor yang hendak tawuran dan meresahkan warga.
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi dan jajaran saat menunjukan barang bukti sajam yang dipakai berandal motor untuk tawuran dan menyerang petugas. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi24 September 2024, 23:17 WIB

2 Oknum The Jakmania Jadi Tersangka Kasus Perusakan Rumah di Sukabumi

2 oknum The Jakmania atau suporter Persija ditetapkan jadi tersangka dalam kasus perusakan rumah di Warudoyong Sukabumi gegara rusak banner Viking Persib.
Tangkapan layar video oknum suporter Persija atau The Jakmania saat melakukan keributan dan perusakan rumah di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin sore, 23 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 22:28 WIB

Demo di Kantor DPTR, Ratusan Petani dan Mahasiswa Sukabumi Blokade Jalan

Ratusan Mahasiswa dan Petani yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Agraria Sukabumi geruduk kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi. Selasa (24/9/2024)
Aksi demontrasi di depan Kantor DPTR Kabupaten Sukabumi. Selasa (24/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi24 September 2024, 22:24 WIB

Ini Klarifikasi The Jakmania Sukabumi Terkait Insiden Perusakan Rumah di Warudoyong

Berikut klarifikasi dari The Jakmania Sukabumi terkait peristiwa penyerangan sebuah rumah di Warudoyong Kota Sukabumi.
The Jakmania Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi24 September 2024, 21:27 WIB

Respons Pengendara soal Tol Bocimi Seksi 2 Akhirnya Resmi Dibuka Kembali Usai Ditunggu Berjam-jam

Respons pengendara usai Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali pada Selasa (24/9/2024).
Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat24 September 2024, 20:59 WIB

Sempat Berkarir di Pemkab Sukabumi, Teppy Dharmawan Dilantik Jadi Pjs Bupati Karawang

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik lima Pejabat Sementara (Pjs.) Bupati menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, salah satunya Teppy Wawan Dharmawan sebagai Pjs. Bupati Karawang
Teppy Wawan Dharmawan, Pjs Bupati Karawang | Foto : Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 20:41 WIB

Resmikan 2 Ruas Jalan yang Diperbaiki PU di Jampangtengah Sukabumi, Ini Harapan Bupati

Berikut dua ruas jalan di Jampangtengah Sukabumi yang selesai diperbaiki Dinas PU kemudian diresmikan Bupati Marwan Hamami.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadis PU Dede Rukaya dan Forkopimcam setempat saat meresmikan dua ruas jalan di Jampangtengah. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi24 September 2024, 20:05 WIB

Komplotan Begal Bersajam yang Resahkan Warga Kota Sukabumi Berhasil Dilumpuhkan

Tiga komplotan begal bersenjata tajam (sajam) di Kota Sukabumi berhasil diamankan Polisi. Ketiganya dihadiahi timah panas karena berusaha melarikan diri saat hendak diamankan.
Tiga pelaku begal saat dihadirkan dapam komferensi pers di Polres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Life24 September 2024, 20:00 WIB

Jurig Jarian, Hantu dari Tanah Sunda yang Konon Mendiami Tempat Sampah

Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah.
Ilustrasi Jurig Jarian - Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi24 September 2024, 19:39 WIB

Viral Lansia di Simpenan Sukabumi Tiba-tiba Terjatuh Lalu Meninggal Saat Menari Jaipong

Berikut kronologi kejadian viral pria lansia di Simpenan Sukabumi tiba-tiba terjatuh lalu meninggal saat menari Jaipong.
Cuplikan video detik-detik saat pria lansia di Simpenan Sukabumi tengah menari jaipong bersama sinden tiba-tiba terjatuh lalu meninggal. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)