Kader Partai Dukung Iyos-Zainul di Pilkada Sukabumi, Golkar Curiga Ada Pihak yang Memecah

Selasa 17 September 2024, 09:52 WIB
Tangkapan layar video deklarasi dukungan kader Partai Golkar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, untuk Iyos Somantri-Zainul. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar video deklarasi dukungan kader Partai Golkar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, untuk Iyos Somantri-Zainul. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kader Partai Golkar di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, membuat kejutan dengan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri-Zainul.

Keputusan ini kontroversial karena Partai Golkar secara resmi telah mengusung pasangan Asep Japar-Andreas untuk Pilkada Sukabumi 2024, bersama dengan PKB, PPP, PAN, dan Gelora.

Dalam sebuah video berdurasi 50 detik yang tersebar di berbagai grup media sosial, para kader Golkar Palabuhanratu menyatakan dukungan mereka secara terbuka. 

Video tersebut memperlihatkan para kader dengan semangat berteriak jargon "Apal Meureun" dan menyatakan kesediaan mereka untuk menerima segala konsekuensi dari dukungan mereka.

"Kami kader Golkar Palabuhanratu, siap mendukung pasangan bapak Iyos Somantri dan bapak haji Zainul sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi, periode 2024-2029 dan kami siap dengan segala konsekwensinya," ucap para kader Golkar dalam video tersebut.

"Apal Meureun, yang penting asyik, sekali lagi asyik," kata mereka di akhir deklarasi.

Baca Juga: KPU Buka Masukan dan Tanggapan untuk Cabup-Cawabup Sukabumi di Pilkada 2024

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali menyayangkan peristiwa ini dan menegaskan bahwa seluruh kader seharusnya mengikuti keputusan partai. 

"Saya kira dalam perpolitikan berbeda pendapat, berbeda pilihan itu hal yang biasa. Tetapi kalau partai sudah memutuskan seharusnya semua pengurus dan kader bisa mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh partai," kata Budi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (17/9/2024).

Budi menegaskan kalaupun mereka pengurus partai kemudian tidak menjalankan atau patuh terhadap partai, tentunya di Partai Golkar ada aturan dan mekanisme. "Saya selaku sekretaris Partai Golkar mengajak dan mengimbau semua pengurus, kader, dan simpatisan Partai Golkar agar menjalankan dan patuh terhadap keputusan partai. Kita harus menjaga kebersamaan keutuhan dan soliditas partai," kata dia.

"Yang jelas Partai Golkar dan teman partai koalisi sudah memutuskan dalam Pilkada 2024 ini adalah mengusung pasangan H Asep Japar dan H Andreas," tegasnya.

Budi menambahkan bahwa partai akan menyelidiki kemungkinan adanya upaya untuk memecah belah suara internal Golkar, namun dia yakin bahwa partai akan tetap solid.

"Kita lagi menginvestigasi apakah ada setting-an atau tidak. Tapi indikasinya ada unsur kesengajaan untuk memecah belah suara internal Partai Golkar. Tapi saya yakin pengurus kader dan simpatisan Partai Golkar dewasa dalam menyikapi hal tersebut dan insya Allah kita Partai Golkar solid."

Ketua Harian DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi Deni Gunawan mengaku tidak mengenal para kader yang membelot. Senada dengan Budi, dia juga mencurigai kemungkinan adanya setting-an. Meski demikian, Deni menilai aksi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kekuatan Golkar secara keseluruhan.

"Kurang tau ga kenal. Bisa aja itu mah setting-an..lagu lama," ujar Deni. "16 orang dari 240 ribu gak ngaruh kali," tambahnya sambil tertawa.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana