4 Fakta Menarik H. Zainul S, Cawabup Sukabumi yang Lima Kali Jadi Camat dan Dipanggil Abah oleh Masyarakat

Sabtu 14 September 2024, 13:01 WIB
H. Zainul S, Calon Wakil Bupati Sukabumi yang menyimpan sejumlah fakta-fakta menarik. (Sumber : Istimewa).

H. Zainul S, Calon Wakil Bupati Sukabumi yang menyimpan sejumlah fakta-fakta menarik. (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak yang bertanya-tanya bahkan terkejut Ketika H Iyos Somantri kandidat terkuat Calon Bupati Sukabumi pada akhir bulan Agustus lalu mengumumkan H Zainul S sebagai pasangannya sebagai calon wakil bupati dalam kontestasi pilkada yang akan berlangsung di tahun 2024 ini. 

Hal ini dirasa wajar karena Zainul S meskipun namanya sempat muncul dalam beberapa survey politik yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey, namun dirinya bukanlah sosok yang paling santer diperbincangkan oleh banyak pihak sebagai calon bupati ataupun calon wakil bupati dalam kontestasi pilkada kali ini.

Latar belakang Zainul S yang bukan berasal dari Politisi memang menjadikan dirinya belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat umum layaknya politisi yang sudah terbiasa mempublikasikan diri, namun bila berbicara dengan kalangan birokrat (ASN) ataupun orang -orang yang cukup sering berinteraksi dengan birokrasi di Kabupaten Sukabumi, Zainul S adalah sosok popular yang sangat dikenal dengan segala pencapaian dan level jabatan yang pernah diembannya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Zainul S :

1. Sang Penjaga Keberlangsungan Pemerintahan di Masa 'Kekosongan' Kepemimpinan di Kabupaten Sukabumi

Di rentang waktu antara akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2020 terjadi kondisi yang cukup menarik di pemerintahan Kabupaten Sukabumi dimana pada posisi-posisi puncak kepemimpinan sempat terjadi ‘kekosongan’, dimulai dengan posisi Sekda pada bulan Agustus 2020 yang kosong seiring dengan mundurnya H Iyos Somantri yang memutuskan untuk pensiun dini seiring keikutsertaannya dalam pilkada periode tersebut sebagai calon Wakil Bupati. 

Dengan kapasitas pengalaman, pengetahuan serta karakter kepemimpinannya Zainul S kemudian ditunjuk untuk menduduki posisi tersebut sebagai Pj Sekretaris Daerah.

Masa kekosongan kepemimpinan di pemerintahan Kabupaten Sukabumi kemudian berlanjut pada awal tahun 2021 tepatnya pada bulan Februari, dimana masa pemerintahan Marwan Hamami – Adjo Sarjono telah resmi berakhir namun Bupati serta Wakil Bupati yang baru terpilih masih belum dilantik sehingga Kembali Zainul S diberikan amanat untuk menjaga keberlangsungan pemerintahan dengan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati hingga pelantikan Bupati dan wakil Bupati yang baru.

H. Zainul S, Cawabup Sukabumi. | Istimewa.H. Zainul S, Cawabup Sukabumi. | Istimewa.

2. 5 Kali Menjadi Kepala Dinas

Sebelum dipercaya untuk menjadi PJ Sekda pada tahun 2020 dan Plh Bupati pada tahun 2021 kapasitas Zainul S sebagai tokoh birokrasi Kabupaten Sukabumi terasah dengan menjadi Kepala Dinas sebanyak 5 kali. 

Perjalanan Zainul S pada level Kepala dinas atau setingkat dimulai tahun 2012 saat ditunjuk menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kemudian berlanjut dengan menjadi Asisten Sekretaris Daerah untuk Bidang Pemerintahan pada tahun 2013. 

Ditahun yang sama pula Zainul S ditunjuk menjadi Pj Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMPD) sebelum kemudian menduduki posisi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  hingga tahun 2016. Di tahun tersebut Zainul S kemudian diamanahi untuk menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) hingga tahun 2018, sebelum kemudian Kembali memimpin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) hingga akhir masa jabatannya sebagai ASN (purna tugas) pada tahun 2023 lalu.

3. 5 Kali Terpilih Menjadi Camat dan Panggilan Abah dari Masyarakat

Zainul S adalah sosok yang sangat berpengalaman dalam pengelolaan pemerintahan di Kabupaten Sukabumi karena sejak lulus dari Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) pada tahun 1986, praktis seluruh hidupnya dihabiskan untuk mengabdi di Kabupaten Sukabumi sebagai ASN (dulu PNS) mulai dari tingkat  staff biasa hingga kepala dinas serta Pj Sekda dan Plh Bupati. 

Dalam masa pengabdiannya yang Panjang hingga hampir 37 tahun tersebut, tercatat Zainul S sempat menjadi Camat di 5 Kecamatan yang berbeda yaitu Bantargadung, Jampangkulon, Cikakak, Sagaranten dan Cicurug. 

Masa-masa sebagai camat tersebut memberikan pengalaman dan kemampuan bagi Zainul S dalam membangun komunikasi dan interaksi yang baik dengan masyarakat secara langsung termasuk mengelola ‘letupan-letupan’ konflik yang sempat terjadi secara horizontal antar sesama masyarakat ataupun yang bersifat vertikal seperti keluhan, protes ataupun demonstrasi yang dilakukan masyarakat kepada pihak pemerintahan.

Selain memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola konflik masyarakat, Zainul S juga sosok yang dekat dan akrab dengan masyarakat serta seringkali berhasil memberikan solusi-solusi terbaik akan berbagai macam permasalahan yang dialami masyarakat, sehingga karena dua hal tersebut di beberapa kecamatan yang sempat dipimpinnya ia pun acap kali dipanggil dengan sebutan ‘abah’ sebagai bentuk pengakuan masyarakat akan ketokohannya yang bersifat kultural tidak hanya karena statusnya sebagai Camat yang bersifat struktural.

4. Egaliter dan Akrab Makan Bersama dalam Satu Piring yang Sama Bersama Staff dan Masyarakat

Diceritakan oleh salah satu mantan staf  Zainul S, pernah terjadi  pada satu peristiwa datang warga masyarakat dengan dandanan yang rapih dan gaya yang  berkelas yang berniat untuk menemui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang dipimpin oleh Zainul S untuk suatu keperluan. 

Karena tidak pernah bertemu sebelumnya, warga tersebut tidak menyadari bahwa sosok yang sempat berpapasan dengan dirinya adalah sosok yang ia cari dan sempat tidak percaya saat diberi tahu oleh staff dinas yang memberikan informasi kepadanya, karena kesederhanaan serta gaya Zainul S yang apa adanya, tidak menonjolkan diri sebagai sosok yang penting di dinas tersebut. 

Di kesempatan yang lain diceritakan pula oleh mantan stafnya yang lain yang pernah terkaget-kaget dan bingung saat diajak makan bersama dalam satu piring yang sama oleh Zainul S tanpa ada kecanggungan dan jarak layaknya atasan dan bawahan, dan konon kedekatan, dan keakraban yang seolah tanpa sekat tersebut dilakukan dan dibangun oleh Zainul S tidak hanya kepada staf nya tapi juga pada warga masyarakat pada umumnya yang pernah berinteraksi langsung dengannya.

 

 

.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 September 2024, 16:15 WIB

Memutuskan Kontrak Secara Sepihak, Ghea Youbi Digugat Rp 4,2 Miliar

Kabar kurang menyenangkan dari penyanyi dangdut Ghea Youbi yang digugat oleh Ruang Artis Manajemen (RAM) yang merupakan manajemen tempatnya bernaung atas tudingan wanprestasi.
Memutuskan Kontrak Secara Sepihak, Ghea Youbi Digugat Rp 4,2 Miliar (Sumber : Instagram/@gheayoubi)
Bola18 September 2024, 16:03 WIB

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia U-20, Siap Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan di Korea Selatan.
Pemain Timnas Indonesia U-20. | Foto: PSSI
Mobil18 September 2024, 16:00 WIB

3 Jalan Tol Tertua di Indonesia yang Masih Beroperasi Hingga Saat Ini

Indonesia memiliki jalan tol tertua yang masih beroperasi.
Legenda Aspal: 3 Jalan Tol Tertua di Indonesia yang Tak Lekang oleh Waktu. | (Sumber : bpjt.pu.go.id)
Science18 September 2024, 15:50 WIB

Warga Sukabumi Abadikan Fenomena Awan Lurus Merah, Sering Dikaitkan Dengan Gempa

Fenomena awan lurus yang membentang dari arah timur ke barat diabadikan oleh warga Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu subuh (18/9/2024). Fenomena alam ini sering dikaitkan dengan kejadian bencana khususnya gempabumi.
Fenomena awan gulung atau awan lurus horisontal dilihat oleh sejumlah warga Sukabumi dan di Bogor, pada Rabu subuh (18/9/2024) (Sumber: Dok. Budiyanto)
Entertainment18 September 2024, 15:30 WIB

Baekhyun EXO Minta Maaf Setelah Ketahuan Merokok di Dalam Ruangan

Member EXO, Baekhyun tengah ramai dibicarakan di media sosial usai ketahuan tengah menghisap rokok elektrik di dalam ruangan sebuah restoran yang ada di Macau.
Baekhyun EXO Minta Maaf Setelah Ketahuan Merokok di Dalam Ruangan (Sumber : Instagram/@baekhyunee_exo)
Inspirasi18 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Admisi di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Semua Jurusan

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Admisi di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Semua Jurusan. (Sumber : Freepik)
Sukabumi18 September 2024, 14:50 WIB

Kenapa Sukabumi Dijuluki Kota Mochi? 2 Versi Sejarah Ini Ungkap Alasannya!

Terlepas dari dua versi Asal Usulnya di Sukabumi, Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi dan terus diwariskan dari generasi ke generasi, menjadikannya salah satu camilan yang ikonik dan dicari oleh banyak orang.
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@annisa2210
Entertainment18 September 2024, 14:45 WIB

Charlie Puth Menikah dengan Brooke Sansone, Tulis Pesan Romantis Untuk Istrinya

Penyanyi Charlie Puth resmi menikah dengan kekasihnya, Brooke Sansone pada Sabtu, 7 September 2024 lalu di rumah keluarga Charlie di Montecito, California.
Charlie Puth Menikah dengan Brooke Sansone, Tulis Pesan Romantis Untuk Istrinya (Sumber : Instagram/@charlieputh)
Science18 September 2024, 14:38 WIB

PVMBG: Pelapukan Batuan Perkuat Guncangan Gempa Darat Dangkal M5.0 di Bandung

PVMBG menyatakan, lokasi pusat gempa Bandung ini pada umumnya tersusun oleh morfologi dataran bergelombang dan perbukitan bergelombang hingga terjal.
Episenter gempa Bandung di Peta kawasan rawan bencana gempa bumi Indonesia. (Sumber : PVMBG)
Bola18 September 2024, 14:00 WIB

Jawa Barat Berpeluang Tambah Emas dari Cabang Sepakbola Putra di PON 2024

Jawa Barat berpeluang besar menambah medali emas di PON 2024 dari cabang sepakbola putra
Jawa Barat berpeluang besar menambah medali emas di PON 2024 dari cabang sepakbola putra (Sumber : Instagram/@pssi.jabar).