Tiga Bapaslon Lolos Tes Kesehatan, Dinyatakan Layak Ikut Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kamis 05 September 2024, 16:14 WIB
Tiga bakal paslon yang akan mengikuti Pilkada Kota Sukabumi 2024. (Sumber : Istimewa)

Tiga bakal paslon yang akan mengikuti Pilkada Kota Sukabumi 2024. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi dinyatakan layak melanjutkan ke tahap berikutnya usai jalani tahap pemeriksaan kesehatan di RSUD R Syamsudin SH.

Diketahui, ketiga bapaslon itu yakni pasangan Achmad Fahmi-Dida Sembada, Mohamad Muraz-Andri S Hamami dan Ayep Zaki-Bobby Maulana. Ketiga bapaslon itu telah mengikuti semua rangkaian pemeriksaan kesehatan pada 28-30 Agustus 2024 kemarin.

Kepala Divisi bagian Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Sukabumi, Dikrilah mengaku pihaknya telah menerima rangkuman hasil pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga bapaslon dari RSUD R Syamsudin SH sejak tanggal 2 Agustus 2024 kemarin.

“Alhamdulillah tanggal dua kemarin sudah menerima hasil dari pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit R Syamsudin SH yang hasilnya menyatakan bahwa masing-masing bakal pasangan calon dinyatakan fit atau layak dicalonkan sebagai bakal calon kepala daerah,” ujar Dikrilah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: Hasil Tes Kesehatan 3 Bapaslon Pilkada Kota Sukabumi Diserahkan ke KPU 2 September

Lebih lanjut, Kata Dikrila, sejak tanggal 2 September kemarin, pihaknya melakukan proses penelitian administrasi dari seluruh berkas persyaratan bapaslon yang telah diterimanya pada tahap pendaftaran.

“Jadi dari tanggal 2 sampai tanggal 4 kemarin itu adalah penelitian administrasi dari seluruh dokumen persyaratan yang diserahkan masing-masing bakal pasangan calon pada KPU,” kata dia.

“Dan hari ini kita sudah melaksanakan pleno terkait dengan penelitian administrasi tersebut sehingga nanti berita acara dari penelitian administrasi tersebut diserahkan kepada LO untuk dilengkapi,” tambah dia.

Kepala Divisi bagian Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Sukabumi, Dikrilah. | Foto: SU/Asep AwaludinKepala Divisi bagian Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Sukabumi, Dikrilah. | Foto: SU/Asep Awaludin

Berdasarkan berita acara hasil rapat pleno KPU Kota Sukabumi dalam penelitian administrasi persyaratan bapaslon, Dikrilah menyebut dari ketiga bapaslon yang mendaftar memiliki kekurangannya masing-masing.

“Jadi dari masing-masing bakal pasangan calon nanti kita akan rincikan namun itu nanti hanya akan diserahkan ke masing-masing bakal pasangan calon terkait apa-apa saja yang perlu diperbaiki,” ucapnya.

“Bentuk kekurangannya? variatif, dari berkas dokumen kependudukan kemudian ijazah artinya yang berkaitan dengan gelar dan sebagainya, dan hal-hal normatif lainnya,” sambung dia.

Atas adanya kekurangan itu, para Liaison Offiser (LO) masing-masing bapaslon diberikan waktu perbaikan sejak tanggal 6 hingga 8 September mendatang.

“Kita bergerak cepat untuk bisa melaksanakan perbaikan, meskipun nanti ada masa perbaikan lagi dari tanggal 9 September sampai tanggal 12 September 2024,” ucapnya.

Hingga akhirnya, pada tanggal 22 September 2024, KPU Kota Sukabumi akan mengumumkan sekaligus menetapkan para bakal pasangan calon menjadi calon di Pilkada Kota Sukabumi.

“Untuk pengumuman penetapannya artinya keseluruhan berkas terverifikasi dan dinyatakan lengkap itu nanti ditanggal 22 nanti kita laksanakan penetapan pasangan calon, dari bakal pasangan calon jadi penetapan pasangan calon, 22 September 2024,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang