Modal 14 Kursi DPRD, Fahmi-Dida Deklarasi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi

Selasa 27 Agustus 2024, 11:08 WIB
Deklarasi Achmad Fahmi dan Dida Sembada sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Gedung Harsa Kota Sukabumi, Selasa (27/8/2024). | Foto: Tim Fahmi-Dida

Deklarasi Achmad Fahmi dan Dida Sembada sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi di Gedung Harsa Kota Sukabumi, Selasa (27/8/2024). | Foto: Tim Fahmi-Dida

SUKABUMIUPDATE.com - Achmad Fahmi dan Dida Sembada resmi mendeklarasikan diri sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024. Acara deklarasi dilaksanakan di Gedung Harsa Kota Sukabumi pada Selasa (27/8/2024).

Deklarasi disaksikan langsung oleh partai koalisi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Perindo, dan Partai Ummat. Fahmi-Dida memiliki modal 14 kursi DPRD Kota Sukabumi hasil Pemilu 2024 untuk pertarungan Pilkada 2024.

Sebanyak 14 kursi dari total 35 kursi DPRD Kota Sukabumi itu berasal dari PKS (8 kursi), PKB (2 kursi), dan Partai Gerindra (4 kursi). Surat keputusan model B1-KWK telah diserahkan masing-masing partai kepada Fahmi-Dida sebagai dokumen persyaratan pendaftaran. Sementara Partai Perindo dan Partai Ummat menjadi partai non-parlemen yang bergabung dengan koalisi ini.

Selain partai koalisi, deklarasi juga dihadiri tokoh masyarakat, komunitas pemenangan, simpatisan, dan relawan. Acara berlangsung meriah dengan menampilkan beragam kesenian. Rencananya, Fahmi-Dida akan daftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa ini.

Fahmi-Dida merupakan pasangan serasi untuk Pilkada Kota Sukabumi tahun 2024. Serasi juga menjadi jargon politik mereka dan membawa makna harapan, doa, dan sikap dalam menjalankan pemerintahan Kota Sukabumi apabila terpilih. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "serasi" berarti: cocok, sesuai, selaras, dan harmonis.

Dalam pidato deklarasinya, Achmad Fahmi menyampaikan bahwa “Serasi” bukan hanya sebuah jargon politik dan pernyataan yang manasuka. Bentuk serasi ini juga direpresentasikan melalui sosok Achmad Fahmi sebagai politisi kawakan dan Dida Sembada selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) senior yang matang dalam administrasi pemerintahan.

"Kami ingin doa dan restu dari sahabat semua agar Allah memberikan kesehatan, keberkahan, dan kelancaran. Selama 60 bulan saya memimpin Kota Sukabumi periode 2018-2023, didampingi sahabat terbaik, Pak Dida Sembada, sebagai Sekretaris Daerah. Sepanjang 60 bulan yang kami harapkan mampu membangun dan merealisasikan berbagai program, tetapi 32 bulan kami mengalami pandemi, sehingga hanya 28 bulan kami dapat membangun di situasi normal. Jadi kami berdua lebih banyak memimpin di masa pandemi Covid-19," katanya.

Bakal calon Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan bakal calon Wakil Wali Kota Sukabumi Dida Sembada. | Foto: IstimewaCalon Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan calon Wakil Wali Kota Sukabumi Dida Sembada. | Foto: Istimewa

Baca Juga: Terima SK Gerindra, Koalisi Fahmi-Dida Siap Daftar Pilkada Kota Sukabumi ke KPU

"Namun alhamdulillah, percepatan 28 bulan kami memimpin, terjadi perubahan wajah-wajah kota di sekitar kita, baik secara infrastruktur, pendidikan, maupun kesehatan. Kami mohon doa untuk melanjutkan dan menata wajah Kota Sukabumi supaya lebih indah," tambah Fahmi.

Fahmi dan Dida memang telah lama menjalin hubungan baik dan bekerja bersama untuk Kota Sukabumi. Selama 2018-2023, Dida sebagai Sekretaris Daerah mendukung Fahmi yang menduduki kursi Wali Kota untuk mengeksekusi berbagai prorgam yang berbuah banyak penghargaan dan apresiasi.

Salah satu tokoh yang hadir dalam deklarasi ini adalah Wali Kota Sukabumi periode 1993-1998 Udin Koswara. Dalam sambutannya, Udin mengatakan Fahmi adalah Wali Kota Sukabumi terbaik yang telah melanjutkan pengabdiannya. "Dari keempat wali kota penerus saya, Achmad Fahmi adalah wali kota terbaik," kata dia.

"Terbaik karena akhlak dan budi pekertinya baik. Muslim yang benar-benar islami. Prestasinya banyak. Sejumlah penghargaan diterima, baik dari provinsi maupun nasional. Saya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan PKS, Gerindra, PKB, Perindo, dan Partai Ummat, yang telah berkoalisi, bersatu, dan kompak, mengusung Pak Fahmi-Dida. Ini adalah tindakan yang sangat tepat karena Pak Fahmi-Dida adalah pasangan serasi," tambahnya.

Sebelumnya, dukungan untuk Fahmi-Dida juga datang Wakil Wali Kota Sukabumi periode 2003-2008 Iwan Kustiawan. Deklarasi dukungan dilakukan Iwan di kediamannya di Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jumat, 23 Agustus 2024. Achmad Fahmi serta sejumlah relawan dan simpastian hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 18:01 WIB

Jejak "Penguasa Lahan" Di Pesisir Sukabumi Selatan

Pembebasan lahan disepanjang pesisir Sukabumi Selatan oleh pengusaha bernama Harry Cader, dengan mengusung program pemerintah Agrowisata terpadu mulai dari Kecamatan Tegalbuleud, Cibitung, Surade, hingga Ciracap
Hamparan pesawahan milik Harry Cader di kampung Datarnangka Desa Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Sehat19 September 2024, 18:00 WIB

Kasus Cacar Monyet Meningkat: Pandemi Terulang Kembali di Indonesia?

asalah Cacar Monyet meski sudah lama ditemukan, tidak menjadikan negara-negara jadi lengah saat merespon kembali peningkatan kasus Cacar Monyet menyebar dengan cepat.
Ilustrasi virus mongkeypox (Sumber: freepik)
Life19 September 2024, 18:00 WIB

Rezeki Halal datang dari Segala Penjuru, Yuk Amalkan Doa Ini!

Doa adalah harapan dan petunjuk bagi kita untuk menemukan rezeki yang kita cari. Sama seperti mencari harta karun, kita perlu berusaha dan berdoa agar berhasil.
Ilustrasi - Berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah SWT untuk meminta rezeki. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
Science19 September 2024, 17:50 WIB

Fakta Sains Underrated, Tikus Bisa Tertawa Saat Digelitik!

Fakta sains tikus bisa tertawa ditemukan melalui penelitian yang menunjukkan bahwa tikus menghasilkan suara ultrasonik.
Fakta sains tikus bisa tertawa saat digelitik. Foto: YouTube/National Geographic
DPRD Kab. Sukabumi19 September 2024, 17:40 WIB

Resmi Ditetapkan, Ini 4 Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029

Berikut daftar nama 4 calon Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 yang resmi ditetapkan dalam rapat paripurna Ke-5, Kamis (19/9/2024).
Penandatanganan Keputusan DPRD dan Berita Acara terkait calon Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 yang ditandatangani oleh Pimpinan Sementara dan Sekretaris Dewan. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment19 September 2024, 17:30 WIB

IShowSpeed Bingung Saat Fans Kasih Batik yang Disebut Berasal dari Malaysia

Namun, siaran langsung IShowSpeed sempat membuat media sosial heboh ketika merekam momen saat ia menerima kemeja batik dari seorang penggemar Malaysia dan mengklaim kalau batik merupakan pakaian tradisional asal Negeri Jiran itu.
IShowSpeed Bingung Saat Fans Kasih Batik yang Disebut Berasal dari Malaysia (Sumber : Instagram/@ishowspeed)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 17:19 WIB

Bawaslu Masih Temukan Data Warga Meninggal Masuk dalam Daftar Pemilih di Kota Sukabumi

Dengan adanya catatan ke KPU Kota Sukabumi ini, Bawaslu sebut ada potensi Pleno ulang dalam Penetapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT Pilkada 2024.
(Foto Ilustrasi) Bawaslu Kota Sukabumi beri catatan untuk KPU dalam proses penetapan DPT Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 17:15 WIB

Mengenal Phantosmia, Mencium Bau Melati Pertanda Kuntilanak?

Menurut cerita mitos yang beredar, bunga melati adalah bunga beraroma wangi yang amat disukai Nyi Roro Kidul. Apakah Itu Phantosmia?
Ilustrasi. Bunga Melati. Halusinasi mencium bau sesuatu disebut dengan Phantosmia. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi19 September 2024, 17:02 WIB

Kandang di Citepus Sukabumi Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Mati Terpanggang

Berikut kronologi kebakaran kandang ayam di Citepus Palabuhanratu Sukabumi. Akibat kejadian ini ratusan ekor ayam mati terpanggang.
Petugas Damkar saat proses pendinginan kandang ayam yang ludes terbakar di Citepus Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik19 September 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson

Salah satu penggalan Lirik Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson yang membekas di ingatan adalah "I just wanna be part of your symphony. Will you hold me tight and not let go?", sehingga banyak dicari warganet.
Official Audio Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson. Foto: Ist