Alasan PKB Usung Fahmi-Dida di Pilkada Kota Sukabumi 2024

Minggu 18 Agustus 2024, 22:23 WIB
Penyerahan dokumen B1KWK DPP PKB oleh Cak Imin kepada pasangan Achmad Fahmi dan Dida Sembada pada Minggu (18/8/2024) di Hotel Fairmont, Jakarta. | Foto: PKB

Penyerahan dokumen B1KWK DPP PKB oleh Cak Imin kepada pasangan Achmad Fahmi dan Dida Sembada pada Minggu (18/8/2024) di Hotel Fairmont, Jakarta. | Foto: PKB

SUKABUMIUPDATE.com - Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Dida Sembada resmi menerima dokumen model B Persetujuan Parpol KWK (B1KWK) dari DPP PKB untuk maju Pilwalkot Sukabumi 2024.

Dokumen untuk mendaftarkan pasangan calon kepala daerah ke Komisi Pemilu Umum Daerah (KPUD) itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (18/8/2024) malam.

Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Sukabumi, Iman Dermawan mengatakan, penyerahan dokumen B1KWK itu merupakan akhir dari proses konsolidasi yang telah dibangun antara PKB-PKS.

“Betul itu (penyerahan B1KWK) tadi hari Minggu tepatnya 18 Agustus, memang itu akhir dari proses konsolidasi dari beberapa bulan ke belakang, karena memang dari awal juga PKB sudah koalisi dengan PKS,” ujar Iman kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Fahmi-Dida Direstui Cak Imin, PKB Perkuat Koalisi PKS-Gerindra untuk Pilkada Kota Sukabumi

Iman membeberkan alasan partainya akhirnya memutuskan untuk mengusung paslon Fahmi-Dida di Pilkada Kota Sukabumi 2024. Hal itu menurutnya berdasarkan banyak pertimbangan serta proses yang panjang.

“Sebelumnya itu (Paslon) rekomendasi dari DPC melalui DPW, karena kan berjenjang kan sesuai DPC masing-masing dan kembali diolah oleh desk pilkada Provinsi (DPW) yang akhirnya diajukan ke DPP,” kata dia.

“Alhamdulillah dengan berbagai macam dinamika proses, akhirnya sesuai dengan apa yang telah dilakukan secara konsolidasi dipertimbangkan secara matang melalui surpey dan lain-lain, akhirnya kesimpulannya paslon Fahmi-Dida yang diberikan SK oleh DPP PKB,” tambah dia.

Usai penyerahan SK, Iman menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mendeklarasikan Fahmi-Dida bersama koalisi yang sudah ada yakni PKS dan Partai Gerindra. Ia juga menyebut koalisi ini masih sangat terbuka bagi partai lain yang ingin bergabung.

“Langkah-langkahnya memang sudah dirancang ya antara partai khususnya, ikhtiar lain nantinya dari paslon untuk mencari tambahan partai lain di koalisi karena ini masih terbuka dan ini belum final ya untuk di koalisi,” ucapnya.

“Di samping itu memang tugas kita nanti dalam waktu dekat akan melaksanakan deklarasi kemudian mendaftarkan calon ke KPU,“ pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science21 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 September 2024, Sebelum Berakhir Pekan Yuk Cek Dulu Langit

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024. | Foto: Pixabay/Vu-Manh-Tien
Nasional20 September 2024, 23:51 WIB

Calon Rektor UI, Prof. Heri Hermansyah Akan Bawa UI Jadi Mercusur Ilmu Pengetahuan

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU, adalah salah satu dari tiga calon rektor Universitas Indonesia (UI) untuk periode 2024-2029.
Calon Rektor Universitas Indonesia 2024-2029, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU | Foto : Capture video yutube UI
Sukabumi20 September 2024, 23:07 WIB

Kampanye Pilkades Pakai Dana Desa Lalu Kalah, Kades Citamiang Sukabumi Jadi Tersangka

Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi periode 2014-2019, Ajang Syihabudin (57 tahun) akhirnya diborgol polisi usai diduga melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) Dana Desa (DD) senilai Rp 201 juta.
Ajang Syihabudin (57 tahun) mantan Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi saat digiring polisi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi20 September 2024, 23:03 WIB

Motif Oknum Pengacara Tembak Pemilik Warkop di Sukabumi Pakai Revolver Rakitan

Polisi mengungkap motif oknum pengacara tembak pemilik warkop di Sukabumi pakai revolver rakitan sambil mabuk.
Barang bukti senpi yang diamankan polisi dari tangan pelaku penembakan pemilik warkop di Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin.
Sukabumi20 September 2024, 22:20 WIB

Polisi: Sebelum Ditangkap, Geng Motor Ngamuk di Cibadak Lalu Ribut di Parungkuda Sukabumi

Dua insiden penyerangan brutal melibatkan geng motor terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 19 September 2024. pertama berlangsung di kawasan Pasar Semi Modern Cibadak, kedua di Parungkuda beruap serangan balasan
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 21:56 WIB

Aula SMPN 06 Kalibunder Sukabumi Ambruk Terdampak Gempa Bandung

Disdik Kabupaten Sukabumi memastikan kejadian ambruknya bangunan aula sekolah ini tak menganggu kegiatan belajar mengajar.
Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang (berkacamata) saat meninjau langsung atap gedung aula SMPN 06 Kalibunder yang ambruk. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 September 2024, 21:14 WIB

Universitas Nusa Putra Sukses Jadi Tuan Rumah Klinik MBKM 2024 untuk PTS di Sukabumi & Cianjur

Sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul dalam mendorong akselerasi pembelajaran di luar program studi, Nusa Putra University sukses jadi tuan rumah klinik MBKM 2024.
Rektor Universitas Nusa Putra Dr. H. Kurniawan, ST., M.Si., MM. saat membuka Klinik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 September 2024, 20:34 WIB

Pelaku Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi Ditangkap, Senpi Rakitan Jadi Bukti

Polisi berhasil menangkap pelaku penembakan pemilik warkop di Gunungpuyuh Sukabumi.
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rita Suwadi dan jajaran merilis kasus penembakan pemilik warkop. Pelaku yang merupakan oknum pengacara berhasil ditangkap dan dipamerkan dalam rilis. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih20 September 2024, 20:24 WIB

Rapatkan Barisan, Koalisi Targetkan Iyos-Zainul Menang Mutlak di Kandang Sendiri

Dengan semakin dekatnya Pilkada Kabupaten Sukabumi, partai koalisi pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Iyos Somantri - Zainul terus merapatkan barisan dan memanaskan mesin politik
Konsolidasi pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Iyos Somantri - Zainul di Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Life20 September 2024, 20:00 WIB

Kabut Menyesatkan Hingga Kerajaan Gaib Pajajaran, 7 Cerita Misteri Gunung Salak

Gunung Salak ternyata menyimpan segudang cerita misteri yang telah berkembang di kalangan masyarakat dan para pendaki.
Gunung Salak ternyata menyimpan segudang cerita misteri yang telah berkembang di kalangan masyarakat dan para pendaki. | (Sumber : Pras131)