Bentuk Badami, 16 Komunitas Deklarasi Dukung Fahmi-Dida di Pilwalkot Sukabumi

Sabtu 17 Agustus 2024, 10:07 WIB
Deklarasi dukungan 16 komunitas Budayawan dan Seniman dengan membentuk Badami (Balad Achmad Fahmi) | Foto : Ist

Deklarasi dukungan 16 komunitas Budayawan dan Seniman dengan membentuk Badami (Balad Achmad Fahmi) | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Sepekan menjelang masa pendaftaran pasangan calon di Pilkada Kota Sukabumi, dukungan masyarakat kepada para kandidat secara terbuka terus bermunculan. Hal yang sama diterima pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Dida Sembada yang diusung koalisi PKS dan Gerindra. 

Terbaru, sebanyak 16 komunitas seniman dan budayawan di Kota Sukabumi mendeklarasikan dukungannya kepada bakal calon wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dengan membentuk wadah Balad Achmad Fahmi (Badami). Dukungan tersebut disampaikan dalam Deklarasi pemenangan H Achmad Fahmi sebagai calon wali kota Sukabumi di Ponpes Biru Mahabbah Kota Sukabumi, Jumat (16/8/2024) malam.

Momen tersebut diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Badami dengan bacalon wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Dalam kesempatan itu hadir pula bacalon wakil wali Kota Sukabumi Dida Sembada dan Ketua Badami M Ichwan Muslimin serta perwakilan 16 komunitas seniman dan budayawan.

"Setelah diskusi untuk berlabuh ke siapa, akhirnya kami bersepakat mendukung Kang Fahmi dan Kang Dida dalam pilkada 2024 dengan membentuk Badami," ujar Ketua Badami M Ichwan Muslimin. Di mana, Badami mendukung sepenuhnya pemenangan Achmad Fahmi sebagai calon wali kota Sukabumi periode 2025-2030.

Ke depan kata Ichwan, bukan sebatas dukungan calon wali kota melainkan akan menjadi Bakti Budaya Sukabumi (Badami). Karena selama ini ada yang berpikir budaya hanya tradisi, padahal dalam budaya tercantum seni tradisi dan modern sejalan dengan amanat UU Nomor 5 tahun 2017 yang menyebutkan Pemda wajib memelihara dan melestarikan seluruh aspek budaya.

Baca Juga: DPS Pilkada 2024: Imut-imut! 65 Ribu Pemilih di Kota Sukabumi Berusia Dibawah 25 Tahun

Baca Juga: Fahmi-Dida Hadir Serasi, Tampil Berkemeja Biru Muda untuk Pilkada Kota Sukabumi

Dukungan ini pun lanjut Ichwan dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Badami dan Kang Fahmi. "Malam hari sebelum hari kemerdekaan, menjadi momen seniman dan budayawan akan sepakat seni budaya Sukabumi menjadi satu padu menuju merdeka kepada titik kebahagiaan dan kesejahteraan," jelasnya,

Bacalon Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, deklarasi Badami sekaligus sebagai komitmen kuat mari bangun Sukabumi kita. "Dengan harmoni saling asah, asih, asuh dan wawangi dalam konteks segala sesuatu badamikan insya Allah kebersamaan akan hadir," jelasnya.

Fahmi mengatakan, pada 16 agustus 1945 lalu Soekarno dan Hatta diculik diberikan motivasi dan keyakinan optimisme untuk menyatakan kemerdekaan. "Sejarah berulang, saya dan Pak Dida diculik dalam posisi yang menyenangkan yakni deklarasi dukungan," katanya,

Sebuah semangat lanjut Fahmi, bagaimana Sukabumi harus jadi kota nyaman dan serasi. Bukan sekedar jargon politik karena sebuah doa, harapan dan komitmen untuk menata pemerintahan ke depan.

Dalam artian bukan sekedar harmonis saling menjaga. Tetapi doa dan komitmen menjalankan pemerintahan kedepannya. Kota dibangun dalam konteks keserasian dalam harmoni indah di tengah keragaman.

"Seni budaya, agama dan teknologi harus bersatu bersama dalam membangun kota. Agama membuat hidup terarah, teknologi membuat hidup mudah, seni dan budaya membuat hidup indah," kata Fahmi. Sebuah kata harmoni menghadirkan keserasian bagi perjalananan kepemimpinan ke depannya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 17:02 WIB

Kandang di Citepus Sukabumi Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Mati Terpanggang

Berikut kronologi kebakaran kandang ayam di Citepus Palabuhanratu Sukabumi. Akibat kejadian ini ratusan ekor ayam mati terpanggang.
Petugas Damkar saat proses pendinginan kandang ayam yang ludes terbakar di Citepus Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik19 September 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson

Salah satu penggalan Lirik Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson yang membekas di ingatan adalah "I just wanna be part of your symphony. Will you hold me tight and not let go?", sehingga banyak dicari warganet.
Official Audio Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson. Foto: Ist
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)
Sehat19 September 2024, 15:46 WIB

Monkeypox Muncul Lagi, Dinkes Kota Sukabumi Imbau Warga Cegah Penyebaran Virus

Wita menyatakan Kota Sukabumi masih terbebas dari virus ini.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 15:45 WIB

Kecelakaan di Tanjakan Baeud Sukabumi, Truk Ekspedisi Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)