Golkar Sukabumi Soal Nasib Rekomendasi Asjap dan Andri Hamami Pasca Airlangga Mundur

Minggu 11 Agustus 2024, 21:09 WIB
Bacalon Bupati Sukabumi Asep Japar (Asjap) dan Bacalon Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami saat menerima rekomendasi dari DPP Golkar untuk maju Pilkada 2024. (Sumber Foto: Kolase/Istimewa)

Bacalon Bupati Sukabumi Asep Japar (Asjap) dan Bacalon Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami saat menerima rekomendasi dari DPP Golkar untuk maju Pilkada 2024. (Sumber Foto: Kolase/Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, Hasen Candra memastikan mundurnya Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum DPP Partai Golkar tidak akan merubah atau berpengaruh terhadap rekomendasi yang telah dikeluarkan pengurus pusat partai berlambang pohon beringin itu kepada pasangan bakal calon Wali Kota- Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz-Andri Hamami.

"Insya Allah enggak, kan ada timnya," ujar Hasen kepada sukabumiupdate.com, Minggu (11/8/2024).

Hasen juga menyebut DPD Partai Golkar Kota Sukabumi saat ini dalam posisi menunggu instruksi dari Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat (Jabar), Tubagus Ace Hasan Syadzily, terkait langkah selanjutnya yang harus diambil.

Ia juga telah menyampaikan imbauan dari Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara, kepada para kader di setiap tingkatan, termasuk sayap partai dan simpatisan Partai Golkar agar tetap tenang serta menjaga soliditas serta kondusifitas di Jabar.

“Terkait pengunduran diri Ketua Umum, mohon teman-teman tetap tenang, kita jaga soliditas dan kondusifitas di Jawa Barat. Kita hormati dan pahami pengunduran Ketua Umum kita. Insya Allah Ketua kita Pak Ace yang sudah menyiapkan langkah langkah organisasi yang harus diambil,” tandasnya.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar

Senada, Ketua Harian DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengatakan mundurnya Airlangga Hartarto tidak akan merubah atau berpengaruh terhadap rekomendasi yang telah dikeluarkan DPP Partai Golkar kepada Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar (Asjap).

“Tidak akan berubah (SK rekomendasi yang telah diberikan),” ujar Deni.

Dirinya mengimbau kepada seluruh kader, sayap partai dan simpatisan Partai Golkar agar tetap solid serta berjalan sebagaimana mestinya. Deni menegaskan, Partai Golkar di Kabupaten Sukabumi, partai pemenang pada pemilihan legislatif dengan jumlah total 10 kursi.

“Maka dari itu tidak ada alasan pada Pilkada 2024 kita juga harus menang. Adapun soal pak Airlangga Hartarto memundurkan diri itu hal yang biasa di tingkat atas. Tetap berjalan, kontalasi politik di atas itu sudah biasa, kita harus tetap solid dan fokus pemenangan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar setelah menjabat hampir dua periode lamanya. Keputusan itu diambil Airlangga sejak Sabtu, 10 Agustus 2024 malam.

Airlangga mengatakan, keputusan mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum partai diambil berdasarkan pertimbangan, salah satunya untuk menjaga keutuhan partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat," kata Airlangga dalam rekaman video.

Setelah pengunduran diri ini, lanjut Airlangga, Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku. Mekanisme yang dimaksud, adalah melaksanan Munas Luar Biasa atau Munaslub Partai.

Munaslub sendiri adalah mekanisme alternatif dari Munas partai apabila ditemukan kondisi tertentu di luar jadwal yang ditentukan. Sebelumnya, Airlangga menyatakan Munas partai akan dilakukan tahun ini, tepatnya pada Desember 2024.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment19 September 2024, 15:15 WIB

Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa

Nikita Mirzani akhirnya berhasil menjemput sang putri, Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly di apartemennya pada Kamis, 19 September 2024 siang.
Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa (Sumber : Instagram/@andreaszhu_official)
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)
Internasional19 September 2024, 14:51 WIB

Diuji Ulang Hidung Elektronik, Vieux Boulogne Jadi Keju Paling Bau di Dunia

Vieux Boulogne Tetap Jadi Keju Paling Bau di Dunia. Para ilmuwan di Universitas Cranfield bahkan melakukan uji kedua pada tahun 2007, menggunakan hidung elektronik yang lebih canggih.
Ilustrasi. Keju Parut. (Sumber : Pixabay/Christos Giakkas)
Food & Travel19 September 2024, 13:00 WIB

HTM Hanya 10 Ribu, Gunung Lembu dengan View Waduk Jatiluhur dan Legenda Mbah Jongrang

Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem.
Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem. (Sumber : Instagram/@aaldaa.___).
Entertainment19 September 2024, 12:45 WIB

IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar

Youtuber game asal Amerika, IShowSpeed sedang menjadi di trending ketika mendatangi Kota Tua, Jakarta, Indonesia, pada Rabu, 18 September 2024 kemarin sambil melakukan siaran langsung.
IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar (Sumber : Youtube | IShowSpeed)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 12:43 WIB

Timses Calon Pilkada di Haornas Kota Sukabumi 2024: Ini Penjelasan Pj Wali Kota, Kadisporapar, dan Muraz

Panitia diduga mengundang bakal calon Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka Haornas 2024 di Lapang Merdeka, Kamis (19/9/2024) (Sumber: dokpim kota sukabumi)
Sukabumi19 September 2024, 12:43 WIB

Kabar Duka, M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi Meninggal Dunia

Muhammad Solihin mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi meninggal dunia pada Kamis (19/9/2024), siang di RSUD R Syamsudin.
M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)
Bola19 September 2024, 12:00 WIB

Persib Bandung vs Port FC di AFC Champions League Two: Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini.
Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini. (Sumber : Twitter/@persib/Instagram/@portfc_official).
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa