Didukung Hergun, Sinyal Mulus Iyos-Zainul Dapat SK Gerindra untuk Pilkada Sukabumi

Sabtu 10 Agustus 2024, 17:00 WIB
Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri-Zainul foto bersama Heri Gunawan, Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra. | Foto: Istimewa

Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri-Zainul foto bersama Heri Gunawan, Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat untuk maju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024, pasangan Iyos Somantri dan Zainul kini menerima suntikan dukungan dari relawan Heri Gunawan, Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.

Dukungan itu dideklarasikan oleh Manuk Dadali, relawan Heri Gunawan, Jumat, 9 Agustus 2024 di Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan di Jalan Arif Rahman Hakim Kota Sukabumi. Menurut Heri Gunawan, sikap politik ini diberikan untuk Iyos-Zainul karena keduanya dipandang tepat memimpin Kabupaten Sukabumi.

"Ada harapan baru untuk Sukabumi agar bisa lebih maju dan sejahtera. Tampaknya sosok itu ada di Pak Iyos. Saya beserta relawan Manuk Dadali pastinya akan mengusung, mendukung, dan memenangkan Pak Iyos," kata laki-laki yang akrab disapa Hergun itu kepada wartawan.

Meski begitu, Hergun menyebut Iyos-Zainul belum menerima surat keputusan (SK) dari Partai Gerindra. “Secara faktual Pak Iyos belum menerima (SK Partai Gerindra). Saya berbicara relawan karena ini Rumah Aspirasi dan Inspirasi. Yang masuk ke sini rata-rata 99 persen menginginkan harapan baru untuk Sukabumi dan itu ada di Pak Iyos,” ujarnya.

Baca Juga: Plt Ketua Dijabat Dede Latif, PSI Kabupaten Sukabumi Siap Dukung Iyos di Pilkada 2024

Gerindra adalah partai baru di koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk mengusung Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi. Sebelumnya, partai di bawah komando Prabowo Subianto ini mendukung Asep Japar bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Merespons deklarasi relawan Heri Gunawan, Iyos mengaku bangga dan bersyukur atas dukungan yang diberikan kepada dirinya. “Saya sangat bangga dan berterima kasih Pak Heri Gunawan menghubungi saya dan bisa bertemu dengan relawan Manuk Dadali yang jumlahnya begitu banyak," kata dia.

Terlebih, bergabungnya Partai Gerindra akan menambah koleksi kursi DPRD sebagai modal Iyos maju menjadi bakal calon Bupati Sukabumi periode 2024-2029. Rinciannya, berdasarkan hasil Pemilu 2024, Gerindra meraih tujuh kursi DPRD Kabupaten Sukabumi, PKS juga tujuh kursi, dan Demokrat lima kursi.

"Suatu kebanggaan tersendiri ada 19 kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi. Kemudian tiga (kursi) DPR RI, ada Pak Hergun (Gerindra), Pak Slamet (PKS), dan Pak Iman Adinugraha (Demokrat). Teman-teman (anggota DPR RI) akan menjadi leader untuk menggerakan kawan-kawannya menurunkan program pusat ke daerah,” ujar Iyos.

Ditanya soal alasan memilih Zainul sebagai pasangannya, Iyos mengungkapkan memiliki kesamaan dengan mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi tersebut. “Pertama, birokrasi yang mungkin sama-sama dengan saya berangkatnya. Beliau (Zainul) kan tahun 1986 sama-sama. Kedua, beliau ada di lingkungan koalisi, jadi di dalam partai koalisi mereka yang menjaring bersama-sama dengan kita lalu sepakat dan Pak Zainul yang terpilih,” katanya.

Hal senada diaampaikan Zainul selaku bakal calon Wakil Bupati Sukabumi. Dia mengatakan sangat bangga bisa dipasangkan dengan Iyos Somantri. “Saya mendaftar di beberapa partai sebagai bupati, tapi ternyata Pak Iyos memang orang luar biasa dan paling pantas untuk saya bantu dan dukung dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Saya hanya mendaftar dan doa mungkin, Pak Hergun yang luar biasa, partai yang menentukan itu,” ujar dia.

Diketahui, pasangan Iyos-Zainul sudah mengantongi rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Rekomendasi diterima langsung oleh keduanya di Jakarta, Kamis malam, 8 Agustus 2024. Terkait situasi tersebut, PKS turut memastikan bersama koalisi ini dan menyatakan rekomendasi untuk Iyos-Zainul dalam proses.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 September 2024, 17:15 WIB

Mengenal Phantosmia, Mencium Bau Melati Pertanda Kuntilanak?

Menurut cerita mitos yang beredar, bunga melati adalah bunga beraroma wangi yang amat disukai Nyi Roro Kidul. Apakah Itu Phantosmia?
Ilustrasi. Bunga Melati. Halusinasi mencium bau sesuatu disebut dengan Phantosmia. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi19 September 2024, 17:02 WIB

Kandang di Citepus Sukabumi Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Mati Terpanggang

Berikut kronologi kebakaran kandang ayam di Citepus Palabuhanratu Sukabumi. Akibat kejadian ini ratusan ekor ayam mati terpanggang.
Petugas Damkar saat proses pendinginan kandang ayam yang ludes terbakar di Citepus Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik19 September 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson

Salah satu penggalan Lirik Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson yang membekas di ingatan adalah "I just wanna be part of your symphony. Will you hold me tight and not let go?", sehingga banyak dicari warganet.
Official Audio Lagu Symphony Clean Bandit feat Zara Larsson. Foto: Ist
Sukabumi19 September 2024, 16:43 WIB

Pemimpin yang Bijaksana, Sosok Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi

Almarhum M Solihin di Mata Ketua PGRI Kabupaten Sukabumi Tubagus Wahid Ansor adalah pemimpin yang bijaksana.
Sosok almarhum Muhammad Solihin, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : istimewa)
Entertainment19 September 2024, 16:30 WIB

Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan

Hal ini menimbulkan berbagai spekulasi di kalangan penggemar bahwa Rubies mungkin adalah nama fandom resmi Jennie. Tentu saja mereka senang mendengar panggilan yang akan disematkan pada mereka.
Agensi Jennie BLACKPINK Klarifikasi Terkait Nama Fandom dan Rumor Kencan (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Entertainment19 September 2024, 16:15 WIB

Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan

Nikita Mirzani akan membawa putrinya, Laura Meizani Mawardi atau Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan usai dijemput di apartemennya tadi siang.
Usai Dijemput, Nikita Mirzani Akan Bawa Lolly ke Polres Metro Jakarta Selatan (Sumber : Instagram/@yosepsinudarsono)
Keuangan19 September 2024, 16:13 WIB

DPR Sahkan UU APBN 2025 Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo, Ini Rinciannya

Berikut rincian postur anggaran UU APBN 2025 yang disahkan DPR RI untuk tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI terkait UU APBN 2025. (Sumber Foto: Youtube TV Parlemen)
Entertainment19 September 2024, 16:00 WIB

Usia Sudah 49 Tahun Tapi Wajahnya Seperti Gadis Remaja, Lure Hsu Bikin Geger Warganet!

Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat.
Selebgram Lure Hsu bikin geger warganet karena wajahnya masih muda meski sudah berkepala empat. (Sumber : Instagram/@lurehsu).
Life19 September 2024, 15:53 WIB

5 Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja, "Bisi Loba Hutang"?

Banyak pamali dalam budaya Sunda sebenarnya bertujuan untuk mendidik anak-anak agar berperilaku baik dan menjaga tata krama, salah satunya soal larangan Duduk di Atas Meja.
Ilustrasi - Orang yang duduk sambil marah-marah. Soal Mitos Larangan Pamali Duduk di Atas Meja yang Dianggap "Bisi Loba Hutang". (Sumber : Freepik.com/@luis_molinero)
Sehat19 September 2024, 15:46 WIB

Monkeypox Muncul Lagi, Dinkes Kota Sukabumi Imbau Warga Cegah Penyebaran Virus

Wita menyatakan Kota Sukabumi masih terbebas dari virus ini.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti. | Foto: SU/Asep Awaludin