Gerindra Ubah Haluan di Pilbup Sukabumi, Kini Gabung Koalisi Pengusung Iyos

Senin 05 Agustus 2024, 17:54 WIB
Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dapat dukungan dari Gerindra, PKS dan Demokrat. (Sumber : Istimewa)

Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dapat dukungan dari Gerindra, PKS dan Demokrat. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi memilih untuk mengubah haluan mereka pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi 2024.

Setelah sebelumnya ikut deklarasi mengusung Asep Japar sebagai calon Bupati Sukabumi bersama Golkar dan PPP pada 26 April 2024 lalu, kini mereka bergabung ke koalisi PKS dan Demokrat untuk mengusung Iyos Somantri sebagai calon Bupati Sukabumi 2024-2029.

Berubahnya haluan dalam peta dukungan pencalonan di Pilbup Sukabumi 2024 ini disebut Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara sebagai bukti bahwa politik itu dinamis.

“Yang namanya politik itu kan dinamis. Saya rasa ketua partai PKS, Demokrat dan saya sendiri selaku ketua DPC Gerindra melihat sesuatu yang terbaik. Dan yang terbaik itu adalah di Pak Iyos Somantri menjadi Bupati 2024,” kata Yudha kepada awak media pasca deklarasi koalisi Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri di Palabuhanratu, Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Simulasi Pilkada Sukabumi, Iyos Somantri Unggul Dipasangkan dengan Siapapun

Menurut Yudha, kesepahaman yang dibuat bersama PKS dan Demokrat dalam deklarasi hari ini adalah sesuatu yang mendapat ridho dari Allah SWT karena dilakukan tanpa paksaan dan sesuai dengan hati nurani.

“Jadi saya rasa semuanya bukan karena design, tapi karena alam semesta yang diridhoi Allah. Jadi memang koalisi ini koalisi yang berjalan dengan otomatis, tanpa ada paksaan, tanpa ada penggiringan, jadi memang atas dasar dari hati nurani di mana memang kita menginginkan pak Iyos Somantri memimpin Kabupaten Sukabumi agar lebih baik, maju dan sejahtera,” jelasnya.

Yudha menyebut koalisi bersama PKS dan Demokrat ini sebagai 'Koalisi Harapan Baru'. Adapun untuk pendamping Iyos menurutnya berdasarkan kesepakatan bersama dan akan diputuskan dalam waktu dekat ini.

“Kita berharap baik bupati maupun wakil Bupati adalah yang diminati oleh rakyat karena nantinya apabila sudah dilantik bukan milik partai tetapi milik rakyat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Muhammad Sodikin mengatakan, bahwa momen deklarasi tiga partai mengusung Iyos Somantri sebagai Calon Bupati ini merupakan kesempatan bagi koalisi untuk berbuat yang terbaik.

“Kalau melihat auranya, saya sudah bisa menebak ini aura kemenangan. Dengan kekuatan politik yang kita miliki, menurut hitung-hitungan sementara mudah-mudahan sampai di akhir kita punya 19 kursi. Mudah-mudahan kita dalam koalisi yang baik dan besar di antara koalisi yang ada,” harapnya.

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat, Iman Adinugraha, menyampaikan bahwa terbentuknya koalisi tiga partai tersebut merupakan takdir dari pencipta. Dirinya mengaku akan langsung bergerak memanaskan mesin politik partai.

“Inilah arti dari menjaga hubungan baik dengan siapapun. Hari ini kita deklarasi pasti langsung memanaskan mesin politik, insya allah minggu depan kita akan bergerak. Kita terbuka dengan siapapun (yang ingin bergabung) kalaupun tidak, kita cukup dengan tiga partai,” ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment19 September 2024, 15:15 WIB

Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa

Nikita Mirzani akhirnya berhasil menjemput sang putri, Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly di apartemennya pada Kamis, 19 September 2024 siang.
Dijemput Nikita Mirzani, Lolly Teriak Histeris Minta Tolong Karena Dipaksa (Sumber : Instagram/@andreaszhu_official)
Inspirasi19 September 2024, 15:00 WIB

Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Loker Sukabumi Sebagai Maintenance di Rumah Sakit Swasta, Minimal D3 Teknik Electro. (Sumber : Freepik)
Internasional19 September 2024, 14:51 WIB

Diuji Ulang Hidung Elektronik, Vieux Boulogne Jadi Keju Paling Bau di Dunia

Vieux Boulogne Tetap Jadi Keju Paling Bau di Dunia. Para ilmuwan di Universitas Cranfield bahkan melakukan uji kedua pada tahun 2007, menggunakan hidung elektronik yang lebih canggih.
Ilustrasi. Keju Parut. (Sumber : Pixabay/Christos Giakkas)
Food & Travel19 September 2024, 13:00 WIB

HTM Hanya 10 Ribu, Gunung Lembu dengan View Waduk Jatiluhur dan Legenda Mbah Jongrang

Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem.
Gunung Lembu cocok untuk para pecinta alam yang ingin menikmati suasana alam terbuka tanpa harus mendaki gunung dengan ketinggian ekstrem. (Sumber : Instagram/@aaldaa.___).
Entertainment19 September 2024, 12:45 WIB

IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar

Youtuber game asal Amerika, IShowSpeed sedang menjadi di trending ketika mendatangi Kota Tua, Jakarta, Indonesia, pada Rabu, 18 September 2024 kemarin sambil melakukan siaran langsung.
IShowSpeed Raih 1 Juta Penonton saat Live di Jakarta, Nangis sampai Ingusnya Keluar (Sumber : Youtube | IShowSpeed)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 12:43 WIB

Timses Calon Pilkada di Haornas Kota Sukabumi 2024: Ini Penjelasan Pj Wali Kota, Kadisporapar, dan Muraz

Panitia diduga mengundang bakal calon Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka Haornas 2024 di Lapang Merdeka, Kamis (19/9/2024) (Sumber: dokpim kota sukabumi)
Sukabumi19 September 2024, 12:43 WIB

Kabar Duka, M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi Meninggal Dunia

Muhammad Solihin mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi meninggal dunia pada Kamis (19/9/2024), siang di RSUD R Syamsudin.
M Solihin Mantan Kadisdik Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)
Bola19 September 2024, 12:00 WIB

Persib Bandung vs Port FC di AFC Champions League Two: Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini.
Persib Bandung akan menghadapi Port FC di AFC Champions League Two malam ini. (Sumber : Twitter/@persib/Instagram/@portfc_official).
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa