Poros Ketiga Muncul, Habib Mulki Ditugaskan PDI Perjuangan Maju Pilkada Sukabumi

Senin 29 Juli 2024, 19:47 WIB
Habib Mulki saat menerima surat tugas dari PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

Habib Mulki saat menerima surat tugas dari PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Pesta demokrasi di Kabupaten Sukabumi, yakni Pilkada 2024, akan segera dimulai. Pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah sesuai jadwal resmi KPU akan dibuka pada 27 Agustus 2024. Namun, dalam waktu 30 hari menjelang pendaftaran, belum ada satu pun pasangan bakal calon yang dirilis oleh partai politik, termasuk PDI Perjuangan.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Dodi Suhendar, menegaskan bahwa PDI Perjuangan telah memberikan surat tugas kepada Habib Mulki sebagai Bakal Calon (Bacalon) Bupati atau Wakil Bupati untuk Pilkada Sukabumi 2024.

"Betul, bahwa DPP PDI Perjuangan telah memberikan surat tugas kepada Habib Mulki sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati untuk Pilkada Sukabumi 2024," kata Dodi kepada Sukabumiupdate.com, Senin (29/7/2024).

Dodi menjelaskan bahwa surat penugasan tersebut diberikan oleh DPP PDI Perjuangan pada hari Rabu (24/7/2024) kemarin. Penugasan ini merupakan langkah awal bagi para calon yang telah mendaftar ke partai untuk merajut koalisi dan mencari pasangan.

"Intinya penugasan itu untuk merajut koalisi dan mencari pasangan. Jadi, nanti kalau sudah melaksanakan tugas-tugas tersebut, yaitu konsolidasi, mencari pasangan, serta merajut koalisi, akan ada evaluasi. Jika semua itu berjalan dengan baik, kemungkinan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan juga akan keluar," ungkapnya.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan, PAN Jabar Undang Bacalon Bupati Sukabumi Habib Mulki

Baca Juga: Golkar Jabar Ungkap Hasil Survei Asep Japar Terbaru, Pasangan Calon di Pilkada Sukabumi Masih Dinamis

Baca Juga: 4 Poin Pakta Integritas Aparatur Pemkot Sukabumi Soal Netralitas Pilkada

Mengenai koalisi, Dodi menegaskan bahwa hingga saat ini pihaknya sudah melakukan konsolidasi dan penjajakan dengan sejumlah partai. "Koalisi sedang dalam proses, nanti kami akan membuat kejutan. Jadi, saat ini semua calon masih dalam tahap surat penugasan, sementara rekomendasi yang akan dikeluarkan nanti sudah tertera dengan pasangan calonnya," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, Habib Mulki juga dipanggil Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW) sebagai bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi untuk mempresentasikan laporan perkembangan menjelang Pilkada Kabupaten Sukabumi.

"Tim Pilkada DPW PAN Jabar mengundang bakal calon dari 3 daerah, diantaranya Kab. Bogor, Kab. Sukabumi dan Kab. Kuningan untuk menyampaikan laporan perkembangan terkait kinerja," tulis akun resmi DPW PAN Jabar dalam unggahannya seperti dilihat sukabumiupdate.com, Kamis (25/7/2024).

Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Budi Mulyadi mengkonfirmasi pertemuan tersebut. Menurutnya, DPW PAN Jawa Barat mengundang para bakal calon bupati / wakil bupati, bakal calon walikota / wakil walikota yang sudah direkomendasi oleh DPP dalam bentuk surat penugasan.

Untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi, kata Budi, DPP PAN merekomendasikan dua nama, yaitu Habib Mulki sebagai bakal calon bupati, dan Rastya Mutiarani Zahra sebagai bakal calon wakil bupati.

"DPW PAN mengundang keduanya pada Rabu 23 Juli 2024 ke Rumah PAN Jawa Barat
Jl. Pelajar Pejuang’45 No.72 Kota Bandung untuk memberikan laporan terkait kinerja (setelah diberikan penugasan). Laporan yang diminta oleh DPW PAN seputar perkembangan pasangan calon, perkembangan koalisi partai, konsolidasi dan sosialisasi di internal, dan survei pemetaan," jelas Budi.

Sebagai informasi, penugasan PDI Perjuangan kepada Habib Mulki mempertegas peta politik dalam perhelatan Pilkada Kabupaten Sukabumi. Habib Mulki telah menjadi poros ketiga diantara bakal calon bupati yang berkembang saat ini, yakni Asep Japar dan Iyos Somantri. 

Kekuatan dukungan yang dihimpun Habib Mulki dengan dua partai yakni PDI Perjuangan dan PAN, setidaknya hampir mencukupi persyaratan pengusungan bakal calon. Total jumlah kursi PDIP dan PAN hasil Pemilu 2024 adalah 9 kursi. Sedangkan batas minimal pengusungan bakal calon yaitu sebanyak 20 persen atau tepatnya 10 kursi parlemen. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 September 2024, 07:00 WIB

13 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Harga Diri Meningkat

Dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik ini, kita bisa secara bertahap meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri, yang berdampak positif pada kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Harga Diri Meningkat (Sumber : Pixabay/Rodrigo Salomón Cañas)
Sukabumi Memilih17 September 2024, 06:15 WIB

Ini Visi Misi dan Tagline 4 Bakal Paslon Pilgub Jabar 2024

Berikut Visi Misi dan Tagline 4 Bakal Paslon Pilgub Jabar 2024
4 bakal Paslon Pilgub Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel17 September 2024, 06:00 WIB

Resep Sop Kikil Sederhana, Inspirasi Menu Makan untuk Keluarga di Rumah

Inspirasi Menu Makan untuk Keluarga di Rumah, Berikut resep Sop Kikil yang lezat dan mudah untuk diikuti!
Ilustrasi. Sop Kikil (Sumber : Instagram/@imahbabaturan)
Science17 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 September 2024, Langit Potensi Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024. | Foto: Pixabay
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).