Panwaslu Surade Sukabumi Laksanakan Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Jumat 05 Juli 2024, 19:13 WIB
Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)

Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Pilkada tahun 2024, bertempat di SMK Al Madani Jampangkulon, Rabu (3/7/2024).

Ketua Panwaslu Kecamatan Surade, Eris Nasrudin, S.Pd.I mengatakan Rakernis ini berupa pembekalan yang diberikan kepada PKD dan staf kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Surade yang digelar pimpinan Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Muidul Fitri Atoilah dan Rusmin Nuryadin serta diisi pemateri oleh Teguh Haryanto selaku Ketua Bawaslu periode 2018-2023.

"Adapun materi yang disampaikan merupakan pembekalan dalam pengawasan tahapan pemuktahiran data pemilih, yang dilakukan oleh Pantarli yakni Pencocokan dan Penelitian (Coklit), dan kami melakukan pengawasan dalam proses Coklit itu," kata Eris kepada sukabumiupdate.com, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Panwaslu Surade Sukabumi Rakor Tahapan Distribusi Logistik Pemilu 2024

Menurut Eris, pengawasan sendiri dilakukan oleh PKD, yang nantinya mendata, mencatat, dan dilaporkan kepada Panwaslu Kecamatan Surade.

"Untuk Kecamatan Surade, ada 11 desa, dan 1 kelurahan, jadi jumlah PKD sebanyak 12 orang," ujarnya.

"Kemudian untuk pemuktahiran data (Coklit) di Kecamatan Surade, masih dalam rekapitulasi, diperkirakan hingga saat ini sudah mencapai 75-80 persen, sementara untuk Pilkada tahun 2024, di Kecamatan Surade, ada 133 Tempat Pemungutan Suara (TPS)," tambahnya.

Adapun dalam pengawasan pemuktahiran data pemilih, lanjut Eris, PKD selain mendapatkan hasil data coklit juga mengawasi langsung proses kerja Pantarlih dalam pencoklitan.

"Mulai dari petugas yang tidak diperbolehkan menggunakan joki atau diwakilkan, harus menggunakan seragam Pantarlih dan ID Card, serta penempelan Stiker Coklit di rumah pemilih. Hal ini dilakukan agar semua tahapan Pilkada 2024, bisa dilakukan secara jujur, adil, dan terlaksana dengan lancar," imbuhnya. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi08 Juli 2024, 19:51 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor di Warungkiara Sukabumi, Ini Wilayah Terdampak

Berikut wilayah terdampak gangguan air akibat adanya perbaikan pipa utama yang bocor oleh Perumdam TJM Cabang Cikembar di Warungkiara Sukabumi.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cikembar saat memperbaiki pipa utama yang bocor di Warungkiara. (Sumber : Istimewa)
Life08 Juli 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.
Ilustrasi Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Wanita sedang tidur | Foto : istockphoto.com
Sukabumi08 Juli 2024, 19:15 WIB

Cerita Anak Sebelum Ayahnya Ditemukan Tak Bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi

Berikut cerita anak Odit (74 tahun) pria lansia yang ditemukan tak bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi. Korban dilaporkan sempat hilang sebulan.
Anak korban, Azis (36 tahun) saat diwawancara di pemakaman belakang RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 19:14 WIB

Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Jalan Pelita Palabuhanratu

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan di ruas jalan Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.
Perbaikan di ruas jalan raya Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupatem Sukabumi | Foto : Dok. PU / Ilyas Supendi
Sehat08 Juli 2024, 19:00 WIB

5 Cara Mudah dan Murah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Life08 Juli 2024, 18:30 WIB

10 Cara Mengatasi Anak Usia 5 Tahun yang Tidak Mau Sekolah, Begini Langkahnya Bund!

Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.
Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.(Sumber : Freepik.com@pvproductions)
Life08 Juli 2024, 18:00 WIB

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Muharram yang Dianjurkan untuk Umat Muslim

Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan sunnah bulan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Muslim. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi08 Juli 2024, 17:45 WIB

Bertahun-tahun Pinggir Jalan Ruas Jampangtengah-Kiaradua Jadi Pembuangan Sampah Liar

Pemdes setempat kini sudah memasang spanduk larangan buang sampah di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi tersebut.
Sampah menumpuk di pinggir jalan provinsi Kampung Ciembe Desa Padabenghar Jampangtengah Sukabumi. Pemdes setempat pasang spanduk larangan buang sampah. (Sumber : Istimewa)
Film08 Juli 2024, 17:30 WIB

Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection

Connection merupakan drama korea bergenre crime thriller dari SBS yang tayang pada 24 Mei 2024 dan telah berakhir 6 Juli 2024, dengan jumlah 14 episode. Berhasil meraih rating 14,2%
Episode Terakhir Raih Rating Dua Digit, Berikut Sinopsis Drama Korea Connection (Sumber : Instagram@/sbsdrama.official)
Entertainment08 Juli 2024, 17:15 WIB

Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua

Pada 8 Juli 2024, ada kabar gembira mengenai istri dari aktor Song Joong Ki, Katy Louise Saunders dikabarkan sedang hamil anak kedua dan tengah menanti kelahiran anaknya itu.
Istri Song Joong Ki, Katy Louise Saunders Dikabarkan Sedang Hamil Anak Kedua (Sumber : Istimewa)