Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Jumat 21 Juni 2024, 23:39 WIB
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa

Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami untuk Pilkada Kota Sukabumi 2024.

Diketahui, Partai Golkar dan Demokrat Kota Sukabumi telah membuat kesepakatan kerja sama politik untuk Pilkada Kota Sukabumi 2024. Kesepakatan ini diterbitkan pada 19 Juni 2024, dan ditandatangani oleh Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi H. Widagdo dan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Koalisi Golkar dan Demokrat tersebut memicu spekulasi tentang perpecahan di Koalisi Sukabumi Maju (KSM), yang terdiri dari enam partai politik: Gerindra, Golkar, PDI Perjuangan, PAN, PPP, dan Nasdem.

Widagdo menegaskan, meskipun Golkar mendukung pasangan Muraz-Andri melalui kesepakatan kedua partai, ia menyebut Golkar tidak akan hengkang dari Koalisi Sukabumi Maju.

Widagdo menyatakan bahwa Partai Golkar masih menunggu hasil survei DPP. Dukungan kepada Andri Hamami sebagai pendamping Muraz masih dinamis. "Ada beberapa alasan yang tidak bisa saya sebutkan sehingga munculnya kesepakatan koalisi Demokrat dan Golkar," ujar Widagdo seusai rapat para ketua partai anggota Koalisi Sukabumi Maju (KSM) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Gabung KSM, Demokrat Usung Mohamad Muraz di Pilkada Kota Sukabumi 2024

Baca Juga: Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Widagdo mengungkapkan bahwa sebelumnya beberapa calon kepala daerah yang diusulkan oleh DPP Partai Golkar di Kota Sukabumi telah sepakat mengusulkan Andri Hamami sebagai bakal calon wali kota. Kesepakatan tersebut juga menyatakan mundurnya tiga bakal calon lainnya, yaitu Widagdo sendiri, Hasen Candra, dan Fery Astrina. "Kita masih menunggu apakah hasil survei menempatkan Pak Andri sebagai F1 (bakal calon wali kota) atau menjadi F2 (bakal calon wakil wali kota)," tambahnya.

Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, Widagdo akan mengikuti keputusan DPP terkait rekomendasi yang akan dikeluarkan nantinya. "Tentu saya akan mengikuti jika keputusan DPP sudah dikeluarkan," tandasnya.

Ketua Koalisi Sukabumi Maju (KSM), Luthfi Achmad, menyatakan pihaknya tidak terganggu dengan munculnya koalisi Golkar dan Demokrat. Ia menegaskan bahwa koalisi enam parpol tetap solid. "Koalisi Sukabumi Maju masih solid sesuai skenario awal. Saat ini kami fokus mempersiapkan kemenangan Pilkada Kota Sukabumi 2024," kata Luthfi yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.

Luthfi menambahkan, sejak awal koalisi enam parpol telah membuka ruang bagi partai anggota koalisi untuk menyodorkan nama bakal calon yang akan diusung. Namun, hingga saat ini hanya satu calon yang sudah bertemu dengan KSM, yaitu Ayep Zaki. "Sementara ini KSM baru mengantongi satu nama Ayep Zaki yang akan diusung sebagai bakal calon wali kota," ujarnya yang diamini oleh anggota koalisi lainnya.

Terkait hal itu, Ketua DPD PAN Kota Sukabumi, Usman Maulana Yusuf mengatakan Koalisi Sukabumi Maju akan segera mendeklarasikan bakal calon wali kota yang akan diusung oleh KSM.

"Dalam waktu dekat KSM akan segera mendeklarasikan bakal calon wali kota. Sedangkan bakal calon wakilnya akan digodok kemudian oleh koalisi," pungkasnya.  

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)
Entertainment28 September 2024, 14:59 WIB

Andrew Andika Ditangkap Karena Narkoba, Begini Tanggapan Tengku Dewi

Aktor Andrew Andika ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat, pada Kamis malam 26 September 2024 atas dugaan penyalahgunaan narkoba.
Andrew Andika Ditangkap Karena Narkoba, Begini Tanggapan Tengku Dewi (Sumber : Instagram/@andrewandika)
Nasional28 September 2024, 14:48 WIB

Anggota Komisi VIII DPR Sebut Yaqut Tak Layak Jadi Menteri Agama Lagi

Yaqut dinilai sudah tidak layak mengemban amanah sebagai Menteri Agama di pemerintahan Prabowo lantaran tidak kooperatif sebagai mitra kerja Komisi VIII.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Sumber Foto: Kemenag RI)
Entertainment28 September 2024, 14:00 WIB

Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand

Raffi Ahmad membagikan kabar bahagia ketika ia mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand.
Raffi Ahmad Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Thailand (Sumber : Instagram/@raffinagita1717)