Alasan Ilham Habibie Mau Maju di Pilkada Jabar 2024 Bersama NasDem

Jumat 07 Juni 2024, 12:00 WIB
Momen Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan rekomendasi bagi Ilham Habibie untuk maju di Pilkada Jabar 2024, Kamis (6/6) di NasDem Tower, Jakarta Pusat. (Sumber Foto : IG Partai NasDem)

Momen Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan rekomendasi bagi Ilham Habibie untuk maju di Pilkada Jabar 2024, Kamis (6/6) di NasDem Tower, Jakarta Pusat. (Sumber Foto : IG Partai NasDem)

SUKABUMIUPDATE.com - Putra sulung Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengungkap alasannya berminat maju bersama Partai NasDem di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Sebelumnya Ilham belum berkeinginan untuk terjun ke politik melalui pilkada. Namun, usai berdiskusi dengan teman-temannya, ia mengaku mendapatkan pencerahan.

Kemudian, Ilham menjelaskan bahwa ide untuk maju pada Pilkada Serentak 2024 ini terus berkembang dalam benaknya hingga menilai ada peluang untuk memenangkan pilkada melalui dukungan dari Partai NasDem.

"Jadi, rupanya begitu di NasDem itu mulai kami diskusi itu cepat sekali, ada komitmen dan akhirnya juga cocok dari sisi pemikiran, dan lain sebagainya sehingga kami sekarang hari ini berada di sini ya dalam waktu 3 minggu," ujar Ilham seperti dikutip dari suara.com, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga: NasDem Resmi Usung Putra BJ Habibie Maju di Pilkada Jabar 2024

Menurut dia, Jawa Barat seperti ujung tombak Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, dia menyebut Jawa Barat memiliki potensi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui penguatan industri.

"Selain dari industri, kita juga punya universitas yang sangat-sangat baik. Tidak perlu saya sebut satu-satu, banyak sekali, dan kita juga punya masyarakat yang kreatif, dan kita punya pertanian, juga punya perkebunan, juga punya perikanan, juga pariwisata pun kita punya," ucapnya.

Ia menambahkan, "Jadi, yang namanya Jawa Barat ini adalah satu provinsi yang lengkap dengan semuanya, dan menurut saya, kita harus berjuang untuk kemajuannya."

Sebelumnya diketahui, Partai NasDem resmi mengusung putra mantan Presiden Bj Habibie, Ilham Akbar Habibie, untuk maju pada Pilkada Jabar 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

"Hari ini DPP Partai NasDem telah menetapkan arti kehadiran Saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang insyaallah akan berlangsung pada bulan November," ujarnya.

Surya meyakini sepenuhnya bahwa kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jabar.

Menurut Surya, siapa yang menyangka jika Ilham Habibie selama ini hanya dipandang sebagai seorang saintis saja, ilmuwan yang duduk diam, tetapi tertarik untuk bisa bertarung pada suatu pilkada.

Bagi NasDem, kata dia, pemberian surat rekomendasi untuk Ilham merupakan pendidikan politik untuk memberikan ruang yang lebih besar maupun luas untuk anak-anak bangsa.

"Siapa yang sangka? Siapa yang duga? Kami tahu ini medan yang tidak ringan, medan yang cukup bebas, memerlukan ketabahan hati, keuletan, kesigapan yang cukup luas, tetapi ini proses learning by doing," kata dia.

Adapun Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saat Mustopa menargetkan Ilham bisa maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat untuk Pilkada 2024.

"Mudah-mudahan nanti proses komunikasi yang terus kami intensifkan, dan juga kami sudah membangun kesepahaman dengan beberapa partai di level Jawa Barat itu nanti bisa bermuara, nanti terbentuk koalisi strategis untuk mengusung Ilham," ujarnya.

Saan mengatakan jika Pilkada Jawa Barat merupakan salah satu pemilihan yang strategis. Sehingga kata dia, DPP akan membangun komunikasi yang intens dengan partai lain.

SUMBER: SUARA.COM/TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Juli 2024, 12:30 WIB

Ingin Hidup Sukses? Ini 8 Keterampilan yang Harus Kamu Miliki untuk Meraih Kesuksesan

Orang sukses memiliki kemampuan untuk menerima, memahami, mempertimbangkan, dan berbagi informasi dan ide melalui berbicara, mendengarkan, dan berinteraksi dengan orang lain yang mencakup konsep yang lebih luas seperti komunikasi non-verbal.
Ilustrasi. Orang yang hidup sukses (Sumber : Freepik/@katemangostar)
Gadget05 Juli 2024, 12:00 WIB

7 Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kembali Lancar, Dijamin Efektif!

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan kinerja HP lemot bisa kembali optimal.
Ilustrasi. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan kinerja HP Anda bisa kembali optimal. Sumber foto : Pexels/Tracy Le Blanc
Food & Travel05 Juli 2024, 11:40 WIB

Rasakan Tour Adrenalin Seru di Sukabumi! Fun Offroad Jelajah Kaki Gede Pangrango

etualangan yang pasti seru bersama dengan keluarga ataupun teman. Menikmati keindahan alam memukau, mulai dari sungai deras hingga pegunungan nan menantang.
Liburan berpetualang di Sukabumi.  Fun Offroad jelajah kaki gunung gede pangrango (Sumber: dok kafa tour)
Aplikasi05 Juli 2024, 11:38 WIB

digitalMamaID Luncurkan Layanan Screen Score: Konten Literasi Ibu dan Anak

Sebuah media online, digitalMamaID, yang fokus pada literasi digital untuk para ibu, meluncurkan layanan terbarunya, Screen Score, mulai hari ini, Jum'at 5 Juli 2024.
Screen Score, Platform Digital untuk Mengulas Konten Anak | Foto : Istimewa
Entertainment05 Juli 2024, 11:30 WIB

Afgan Sukses Menggelar Sonder Tour Asia 2024 di Korea Selatan

Penyanyi ternama Indonesia, Afgan resmi menggelar tour Asia bernama Sonder Asia Tour 2024. Seoul, Korea Setelan dipilih menjadi pemberhentian pertama, yang menandai awal dari tour menakjubkan serta mengesankan dari sang penyanyi.
Afgan Sukses Menggelar Sonder Tour Asia 2024 di Korea Selatan (Sumber : Instagram@/afgan__)
Food & Travel05 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Sukses Suka Makan Siang Apa? Intip Makanan Favorit 12 Tokoh Berpengaruh Ini!

Apa yang biasa dimakan Mark Zuckerberg saat makan siang? Simak Makanan Favorit 12 Tokoh Berpengaruh Ini!
Ilustrasi. Makan Siang Orang Sukses di Dunia (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Sukabumi05 Juli 2024, 10:57 WIB

Kejar-kejaran Pajero dan Civic Sebelum Terjadi Keributan di Selakaso Kota Sukabumi

Warga setempat menyebut kejadian keributan massa di Selakaso Kota Sukabumi itu bermula dari aksi kejar-kejaran antara mobil Pajero dengan mobil Honda Civic
Aksi keributan di Selakaso Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment05 Juli 2024, 10:30 WIB

Bulan Mei Masih Liburan Bersama, Naphat Nine dan Baifern Resmi Putus

Kabar menyedihkan datang dari pasangan aktor populer dari Thailand, yaitu Naphat Nine dan Baifern Pimchanok yang resmi putus setelah dua tahun berpacaran.
Bulan Mei Masih Liburan Bersama, Naphat Nine dan Baifern Resmi Putus (Sumber : Instagram@/naphat_nine)
Sukabumi05 Juli 2024, 10:05 WIB

Viral, Video Aksi Keributan Pasukan Bersarung di Selakaso Kota Sukabumi. Ini Kata Warga

Viral di media sosial facebook sebuah video yang memperlihatkan aksi keributan serta pengrusakan sebuah mobil sedan berwarna putih oleh sekelompok orang bersarung.
Aksi keributan terjadi tepat di depan Kantor Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Capture rekaman amatir warga
Life05 Juli 2024, 10:00 WIB

7 Ciri Kamu Sulit Percaya Lagi dengan Orang lain, Pernah Alami Trauma?

Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk percaya lagi dengan orang lain.
Ilustrasi - Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk percaya lagi dengan orang lain. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).