Duel Mantan Wali Kota di Pilwalkot Sukabumi 2024, Bakal Sengit dan Dramatis

Selasa 04 Juni 2024, 17:44 WIB
HM Muraz dan Achmad Fahmi (Sumber: istimewa)

HM Muraz dan Achmad Fahmi (Sumber: istimewa)

Banyak figur bermunculan lewat baliho di pinggir jalan jelang pilkada kota sukabumi 2024. Namun dari beragam wajah tersebut, baru beberapa saja yang sudah mengantongi rekomendasi partai, diantaranya dua mantan wali kota sukabumi, Mohamad Muraz dan Achmad Fahmi.

Bukan menyingkirkan peluang figur lain yang juga sudah mendapat rekom partai seperti Andri Hamami (Golkar) dan Ayep Zaki (Nasdem), namun pertemuan Muraz dan Fahmi sebagai calon wali kota Sukabumi untuk periode 2024 - 2029 mendatang, akan memunculkan persaingan sengit dan dramatis.

Sengit karena Muraz, yang merupakan wali kota sukabumi periode 2013 - 2018 diusulkan sebagai bacalon F1 oleh partai Demokrat kepada Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri PDIP, Gerindra, PPP, PAN dan NasDem. Koalisi ini mengantongi 24 kursi parlemen hasil pemilu 2024 lalu.

Sedangkan Fahmi adalah figur tunggal yang direkom partainya (PKS). Sebagai partai pemenang pemilu 2024 di Kota Sukabumi, Partai Keadilan Sejahtera bisa mengusulkan paslon tanpa koalisi. Namun baru-baru ini, Fahmi usai menerima SK dari DPP PKS menyebut tengah melakukan pendekatan dengan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) untuk Pilkada Kota Sukabumi 2024.

Dibalik adu kekuatan partai politik di Pilkada 2024 nantinya, pertemuan Muraz dan Fahmi secara head to head akan menghadirkan suasana dramatis. Ini karena keduanya memiliki banyak kenangan bersama.

Adu “geulis” antara Muraz dan Fahmi sebagai figur yang pernah menjadi orang nomor 1 di Kota Sukabumi. Adu pengaruh dua partai yang selama 10 tahun atau dua kali pilkada terakhir, jalan bersama atau koalisi memenangkan Muraz-Fahmi dan Fahmi-Andri.

Di Pilkada Kota Sukabumi 2013, PKS dan Demokrat berhasil mengantar duet HM Muraz dan Achmad Fahmi sebagai wali kota dan wakil wali kota sukabumi periode 2013 - 2018. Selanjutnya di pilkada 2018, kedua partai ini tetap berkoalisi dan menjadi pemenang, membawa Achmad Fahmi dan Andri Hamami sebagai duet pimpinan kota sukabumi 2018 - 2023. Disini Muraz memilih ikut pemilihan legislatif untuk DPR RI dan terpilih ke senayan sebagai wakil rakyat Sukabumi.

Sekali lagi tidak tidak bermaksud meniadakan peluang figur lainnya, karena saat ini seluruh partai masih penjajakan koalisi dan polah-pilih figur untuk pilkada serentak 2024. Jadi bisa saja banyak figur yang muncul di pilkada ini.

Namun jika terkait duel Muraz Fahmi tentu akan menjadi pertarungan sengit keduanya untuk kembali merebut hati warga Kota Sukabumi. Keduanya sama-sama pernah memimpin Kota Sukabumi, tentu dengan klaim prestasi masing-masing. Kedua pernah bersama berjuang dan menjadi pemenang di dua pilkada kota sukabumi.

Akankah terjadi? duel sengit dan dramatis di pilkada Kota Sukabumi 2024. Fahmi dengan mantap mengusung tagline tetap dan tepat. Sementara pendukung Muraz mulai menyuarakan perbaikan.

* Penulis: Fitriansyah (jurnalis sukabumiupdate)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi07 Juli 2024, 17:56 WIB

Wakil Ketua DPRD M Sodikin Apresiasi Launching UPZ dan Badan Wakaf Kahmi Sukabumi

Mohammad Sodikin berharap melalui kedua lembaga tersebut, MD Kahmi Sukabumi bisa lebih berkontribusi secara nyata untuk umat.
Wakil Ketua DPRD kabupaten Sukabumi, Mohammad Sodikin, menghadiri acara launching UPZ dan Badan Wakaf MD Kahmi Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Juli 2024, 17:36 WIB

Identitas Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi Masih Belum Terungkap

Polisi masih kesulitan mengungkap identitas tengkorak manusia yang ditemukan di Kampung Cioray Cikembar Sukabumi.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Musik07 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Walau Sakit dari Vagetoz, “Kau yang Sedang ku Cinta Harus Kutinggalkan”

Lagu ini menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan pengorbanan yang besar.
Lagu ini menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan pengorbanan yang besar.  (Sumber : YouTube/@Vagetoz Official)
Sukabumi Memilih07 Juli 2024, 16:12 WIB

Panwaslu Kalibunder Bekali Bimtek untuk 7 PKD Pilkada 2024

Pasca pelantikan, 7 PKD Pilkada 2024 dibekali bimbingan teknis atau Bimtek oleh Bawaslu Kabupaten Sukabumi hingga Forkopimcam Kalibunder
Kegiatan Bimtek yang digelar Panwaslu Kalibunder Sukabumi untuk 7 PKD Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Produk07 Juli 2024, 16:01 WIB

Bayar Listrik Pakai PLN Mobile Bisa Dapat Hadiah Kulkas dan Berbagai Alat Elektronik Lainnya

PLN tengah mengadakan Program Gelegar Maksi Bulan Juli berhadiah peralatan elektronik. Berikut mekanisme penukaran kupon hadiahnya.
Program Gelegar Maksi Bulan Juli PLN. (Sumber : Istimewa)
Sehat07 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Lemak Perut Agar Tubuh Sehat dan Bebas dari Penyakit

Menghilangkan lemak perut tidak mudah, tetapi dengan pola hidup yang sehat dan seimbang, Anda dapat mencapai tujuan Anda.
Menghilangkan lemak perut tidak mudah, tetapi dengan pola hidup yang sehat dan seimbang, Anda dapat mencapai tujuan Anda. | (Sumber : Freepik.com/wayhomestudio)
Film07 Juli 2024, 15:00 WIB

5 Rekomendasi Film Netflix yang Tayang Juli 2024 dari Berbagai Genre

Ada beberapa film netflix yang bisa ditonton di bulan Juli 2024 ini.
Ada beberapa film netflix yang bisa ditonton di bulan Juli 2024 ini. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi Memilih07 Juli 2024, 14:55 WIB

Panwaslu Kalibunder Sukabumi Lantik 7 PKD, Langsung Terjun Awasi Coklit Pilkada 2024

Panwaslu Kalibunder Kabupaten Sukabumi melantik 7 orang Pengawas Kelurahan dan Desaatau PKD Pilkada 2024.
Pelantikan 7 PKD Pilkada 2024 oleh Panwaslu Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Juli 2024, 14:17 WIB

Sembunyikan Celurit di Balik Baju, Pemuda asal Sukaraja Sukabumi Ditangkap Polisi

Seorang pemuda asal Sukaraja Sukabumi ditangkap polisi karena kedapatan membawa celurit yang disembunyikan di balik baju usai terjaring razia.
Barang bukti celurit yang disita Polisi dari seorang pemuda asal Sukaraja Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat07 Juli 2024, 14:00 WIB

Mengenal Diet Keto: Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Tips untuk Memulainya

Diet keto berfokus pada konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat.
Ilustrasi - Diet keto berfokus pada konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)