Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Bakal Calon Bupati Sukabumi

Senin 13 Mei 2024, 00:10 WIB
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update

Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.

Seperti diberitakan sebelumnya, meski telah terjalin, koalisi 5 partai tersebut belum menyebut nama yang akan diusung dalam pilkada Kabupaten Sukabumi. Ke lima partai yakni Demokrat PKB, PKS, PAN, dan PDIP bersepakat untuk calon bupati/wakil bupati akan diusulkan kemudian oleh masing-masing partai dan disodorkan kepada koalisi.

Kekinian, dari informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, koalisi 5 partai tersebut sudah mengantongi sejumlah nama bakal calon Bupati Sukabumi. Calon-calon yang muncul merupakan usulan dari masing-masing partai politik dalam koalisi.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Iman Adinugraha membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, partai dalam koalisi masing-masing sudah berinisiatif melakukan komunikasi dengan kandidat.

Walaupun, belum ada pertemuan satu meja antara 5 partai dalam koalisi, tapi pihaknya sudah mendapat informasi secara random terkait kemunculan nama-nama calon bupati tersebut dari masing-masing pimpinan parpol.

Baca Juga: Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Sampai saat ini, Kata Iman, setidaknya sudah ada tiga nama calon Bupati Sukabumi terdeteksi, yaitu Iyos Somantri diusulkan oleh PKS, Hasim Adnan diusulkan oleh PKB, dan Habib Mulki melalui PAN dan PDIP (dalam konfirmasi).

Pertemuan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha, Ketua DPD PKS M. Sodikin, dan Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Minggu (12/4/2024) | Foto : Sukabumi UpdatePertemuan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha, Ketua DPD PKS M. Sodikin, dan Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Minggu (12/4/2024) | Foto : Sukabumi Update

Menurut Iman, Partai Demokrat sendiri hingga saat ini belum mengusulkan nama calon, karena Partai Demokrat masih menunggu penugasan dari DPP.

Saat ini, sambung dia, DPP masih menggodok daftar nama yang diusulkan sesuai hasil penjaringan DPC Demokrat.

"Prinsipnya demokrat akan mengikuti keputusan dalam koalisi nanti akan bersepakat mengusung siapa dari ketiga bakal calon yang muncul," jelasnya.

Iman pun menyebut, ketiga nama yang muncul sebagai bakal calon Bupati itu juga diantaranya mendaftar lewat Partai Demokrat. Dan tentu Partai Demokrat akan turut menentukan salah satu dari ketiga nama itu.

Baca Juga: Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Berikutnya, kata dia, setelah koalisi bersepakat memutuskan siapa bakal calon Bupati, baru kemudian membahas soal siapa bakal calon wakil bupati.

Untuk bakal calon wakil bupati, tutur Iman, Partai Demokrat sudah menjaring beberapa nama. Namun, saat ini menurutnya, pihaknya ingin koalisi menyepakati dulu satu nama bakal calon bupati. Baru setelah sepakat satu nama, kita akan menyodorkan nama-nama calon wakil bupati yang sudah mendaftar

"Mudah-mudahan PDIP dan PAN juga segera mengagendakan pertemuan dengan partai demokrat untuk membahas dan memastikan bakal calon bupati yang akan mereka usung," harapnya.

Seperti di ketahui, bahwa hari ini Iman menerima kedatangan dua partai dan dua bakal calon bupati, yaitu PKS dan PKB, dan bakal calon bupati Iyos Somantri dan Hasim Adnan.

"Tinggal PAN dan PDIP beserta calonnya yang belum," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik