5 Hal Penyebab Wajah Cepat Tua

Kamis 20 Mei 2021, 19:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa hal penyebab wajah cepat tua. Memasuki usia 30-an, baik pria maupun wanita pasti akan mulai memiliki rasa kekhawatiran tentang penuaan di wajah. 

Garis penuaan di wajah sebenarnya bisa dihindari, sehingga dapat membuat wajah Anda lebih awet muda dan tidak memudarkan kepercayaan diri akibat penuaan yang mulai muncul seperti kerutan di wajah. 

Baca Juga :

Agar wajah Anda tidak cepat tua, Anda harus mengetahui dan menghindari beberapa hal yang ternyata selama ini menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. 

1. Tidur Kurang Dari 8 Jam Sehari

photo(Ilustrasi) Kurang tidur menyebabkan timbulnya masalah penuaan dini - (shutterstock.com)</span

Tidur merupakan suatu kondisi yang memungkinkan tubuh memperbaiki sel dan mengisi kembali tenaga yang hilang. Oleh karena itu, tidur yang cukup merupakan kunci utama untuk mengurangi proses penuaan pada wajah. 

Minimal, durasi tidur yang baik dan direkomendasikan oleh para pakar kesehatan adalah 7 jam sehari, 

2. Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

photo(Ilustrasi) Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan menyebabkan timbulnya masalah penuaan dini pada kulit wajah - (shutterstock.com)</span

Sejumlah orang mungkin memiliki caranya masing-masing dalam upaya menghilangkan rasa stres seperti dengan merokok atau meminum minuman beralkohol.

Beberapa minuman keras terutama tradisional memang memberikan manfaat pada tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan teratur, antara lain khasiatnya dapat memperlancar peredaran darah hingga menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan demensia. 

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan minuman beralkohol ini dapat memberikan dampak buruk pada tubuh diantaranya seperti dehidrasi dan membuat kulit kering.

Alkohol menyerap kelembaban pada kulit sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya percepatan proses kerutan pada kulit wajah Anda. 

3. Porsi Kerja yang Berlebihan

photo(Ilustrasi) Over Working atau porsi kerja yang berlebihan menyebabkan timbulnya masalah penuaan dini - (shutterstock.com)</span

Bekerja secara optimal memang akan memberikan hasil yang memuaskan, namun ada beberapa orang yang harus melakukan beberapa sejumlah pekerjaan sekaligus sehingga membuat waktu kesehariannya tersita sangat banyak hanya untuk bekerja. 

Sejumlah orang lupa hingga kehilangan waktu untuk diri sendiri karena lebih mementingkan pekerjaan daripada kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri. 

Dampaknya yakni membuat Anda stress bahkan ada yang hingga depresi. Stress diketahui dapat memicu efek buruk pada kulit, karena menghancurkan kolagen yang berfungsi sebagai anti-penuaan pada kulit. Maka dari itu, kondisi psikologis Anda juga sangat menentukan proses penuaan yang terjadi pada kulit Anda.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Manis dan Gorengan

photo(Ilustrasi) Minuman soda mengandung kandungan yang sangat banyak sehingga berpotensi menimbulkan masalah penuaan dini pada kulit wajah - (shutterstock.com)</span

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung banyak kandungan gula seperti minuman bersoda, akan mempercepat proses penuaan pada kulit wajah Anda, tanda-tandanya yakni mulai munculnya keriput pada wajah. 

Selain itu, konsumsi lemak berlebih yang biasanya disebabkan dari makanan gorengan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah karena lemak yang berlebih di dalam tubuh Anda.

photo(Ilustrasi) Mengkonsumsi gorengan yang berlebih juga dapat berpotensi menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah - (Pinterest)</span

Penyumbatan aliran darah karena lemak tersebut tentunya berpengaruh juga terhadap aliran darah menuju area sehingga jika hal demikian terjadi, wajah akan mengalami penuaan dan timbul keriput pada kulit wajah. 

5. Terlalu Sering Menahan Emosi 

photo(Ilustrasi) Terlalu sering memendam emosi juga dapat menyebabkan timbulnya masalah penuaan dini penyebab kerutan pada kulit wajah - (shutterstock.com)</span

Memiliki rasa marah dan emosi pada hal-hal tertentu, merupakan hal yang sangat wajar dan alamiah bagi manusia.

Misalnya, Anda pernah mempunyai dendam di masa lalu yang masih tersimpan dalam benak Anda, kemudian mengakar dan tidak bisa dilupakan sampai dengan sekarang. 

Hal tersebut kemudian beresiko menimbulkan terjadinya depresi jangka panjang yang akhirnya menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan dapat mempengaruhi penyakit fisik tertentu. 

Sehingga, Anda menjadi berpikir berlebihan, hilang fokus, kemudian timbul kerutan pada wajah yang membuat Anda tampak tua.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).