Teman Ogah Pakai Masker, Ini Saran Ahli untuk Memberi Tahunya

Minggu 14 Juni 2020, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu cara vital melindungi diri Anda dari Covid-19 adalah mengenakan masker, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Namun, jika ada orang dalam hidup Anda yang menolak untuk mengenakan masker, mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana meyakinkan mereka untuk melakukannya.

"Mengenakan masker ketika berada di sekitar orang lain adalah salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan orang, tidak hanya untuk melindungi diri mereka sendiri, tetapi juga untuk melindungi orang lain," kata Dr. Robert Quigley MD, wakil presiden senior dan direktur medis regional untuk perusahaan layanan medis dan keamanan internasional SOS.

Banyak orang yang terjangkit virus corona tidak mengetahuinya. "Dengan mengenakan masker, Anda mengurangi kemungkinan penularan partikel yang terinfeksi - yang mungkin tidak Anda ketahui sedang Anda bawa - kepada orang lain dan permukaan."

Jika Anda tahu orang-orang yang terus terang menolak untuk mengenakan masker, atau tidak mengerti mengapa ini merupakan masalah besar, Anda mungkin tergoda untuk memulai pertengkaran – lebih baik lakukan percakapan empatik menurut Joshua Klapow Ph. D., seorang psikolog klinis. Untuk satu hal, Anda mungkin tidak tahu mengapa mereka tidak mengenakan masker. "Tidak memakai masker bisa didorong oleh apa pun dari ideologi politik, hingga keyakinan bahwa masker tidak efektif, hingga pernyataan tentang hak-hak pribadi dan kekuatan pemerintah, hingga pelupa, hingga alasan medis atau psikologis seperti kecemasan," katanya.

Penting juga untuk tidak membuat asumsi tentang motivasi orang tersebut. "Tidak ada yang mau memberikan virus corona kepada orang lain dan membiarkannya berpotensi mati," kata Dr. Burchett kepada Bustle. Tetapi mereka mungkin tidak menyadari mengapa masker sangat penting untuk mencegah penyebaran virus corona terutama ketika Anda berada di dalam ruangan atau berdekatan dengan orang lain.

Begitu Anda mengetahui alasan mereka untuk tidak mengenakan masker, Anda dapat mulai mendekati keprihatinan mereka dari tempat informasi dan empati. "Yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memberikan informasi dan permintaan pribadi," kata Klapow. "Jangan berasumsi bahwa kamu akan meyakinkan mereka untuk melakukan perubahan." Hindari berteriak, berdebat, atau memberi kuliah, yang bisa membuat orang bersikap defensif.

Ada argumen tertentu yang mungkin kuat untuk orang yang tidak mau memakai masker. "Cobalah untuk menarik tujuan yang lebih besar dari memakai masker," kata Klapow. Bicara tentang melindungi orang lain dan orang-orang di sekitar mereka. Menyebutkan lingkup sosial pribadi mereka, seperti kerabat yang mungkin berisiko, mungkin juga menyerang; manusia secara terprogram diprogram untuk merawat orang-orang terdekat kita.

Dan jika semuanya gagal, Anda menerapkan batasan. "Pada titik tertentu, Anda mungkin menemukan diri Anda meletakkan beberapa batasan," kata Klapow. "Tidak apa-apa untuk memberi tahu seseorang bahwa jika mereka menolak untuk mengenakan masker Anda tidak dapat berinteraksi dengan mereka." Tidak masalah untuk meninggalkan interaksi dengan seseorang karena mereka tidak mengenakan masker, atau bersikeras bahwa mereka tetap berjarak satu sampai dua meter dari Anda.

Pada akhirnya, para ahli mengatakan, mengenakan masker wajah tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk mengalahkan penyebaran virus corona. Dan melindungi diri Anda dan orang-orang yang Anda cintai adalah yang utama, bahkan jika itu berarti beberapa percakapan tidak nyaman.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).