Tak Hanya untuk Memasak, Santan juga Super buat Kesehatan

Rabu 18 April 2018, 09:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selain buat memasak dan campuran makanan, ternyata santan juga punya beberapa manfaat kesehatan. Santan yang berasal dari kelapa kerap kali diberitakan menjadi penyebab penyakit serius, seperti meningkatkan kolesterol darah dan penyakit jantung.

Bahkan, sekarang banyak produk sintetis atau buatan yang diklaim lebih sehat untuk menggantikan santan. Padahal faktanya, santan tidak seburuk itu.

#Sumber lemak baik
Santan memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi tapi tidak berbahaya karena termasuk trigliserida rantai pendek hingga sedang. Oleh sebab itu, santan mudah larut dalam air dan lemaknya tidak menyumbat pembuluh darah ketika dikonsumsi. Lemak juga lebih cepat menghasilkan energi dan mempercepat metabolisme.

#Kaya antioksidan
Zat antioksidan dipercaya mampu menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, mengonsumsi santan bisa membantu mencegah penyakit akibat radikal bebas, seperti kanker, dan menunda penuaan.

#Mengandung vitamin dan mineral
Berbagai jenis vitamin dan mineral penting juga terdapat pada santan, antara lain zat besi, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, selenium, seng, dan folat. Selain itu, santan juga mengandung vitamin A, D, E, K, C, dan B16. Santan diketahui pula mengandung zat-zat penting bagi tubuh seperti tiamin, niasin, kolin, asam pantotenat, dan kalsium.

#Manfaat kecantikan
Punya masalah rambut rontok? Santan merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut rontok. Selain itu, menggunakan santan sebagai bilasan setelah keramas, juga akan membantu merawat rambut kering, mengatasi ketombe, mempercepat penumbuhan rambut, dan menutrisi kulit kepala.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Mobil14 September 2024, 14:00 WIB

Sering Melewati Jalan Berlubang, 6 Penyebab Mengapa Bisa Velg Mobil Retak

Memahami penyebab ini penting untuk mencegah kerusakan velg dan menjaga performa serta keamanan berkendara.
Ilustrasi - Memahami penyebab ini penting untuk mencegah kerusakan velg dan menjaga performa serta keamanan berkendara. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih14 September 2024, 13:57 WIB

KPU Buka Masukan dan Tanggapan untuk Cabup-Cawabup Sukabumi di Pilkada 2024

Masyarakat dapat menyampaikan masukan melalui dua jalur.
Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih14 September 2024, 13:01 WIB

4 Fakta Menarik H. Zainul S, Cawabup Sukabumi yang Lima Kali Jadi Camat dan Dipanggil Abah oleh Masyarakat

Mengenal Cawabup Sukabumi H. Zainul S, yang memiliki sejumlah fakta menarik.
H. Zainul S, Calon Wakil Bupati Sukabumi yang menyimpan sejumlah fakta-fakta menarik. (Sumber : Istimewa).
Bola14 September 2024, 13:00 WIB

Persita Tangerang vs Persebaya Surabaya di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, Skor dan Link Streaming

Persita Tangerang akan menghadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.
Persita Tangerang akan menghadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025. (Sumber : X/@persebayaupdate/@Persitajuara).
Arena14 September 2024, 12:57 WIB

Emas dari Atlet Sungai Citarik Sukabumi, Jabar Rebut Perolehan Medali PON XXI 2024

Ijam, Irfan, Arsyil dan Embuh, turun di nomor Down River (DR) R4 Putra, beradu cepat menyusuri riam sungai Alas sejauh 8 kilometer. Tim Jabar yang sempat tercecer, berhasil finis pertama disusul Jawa Timur dan Sumatera Utara.
Atlet Arung Jeram Jabar nomor DR R4 putra saat sesi latihan di sungai mamas Aceh (Sumber: dok FAJI JABAR)
Sukabumi14 September 2024, 12:31 WIB

Serangan Jantung, Penyebab Kematian Warga Sukabumi Korban TPPO di Kamboja

Sejauh ini pihak keluarga belum ada pembicaraan ke arah autopsi.
Kedatangan jenazah Syamsul Diana Akbar (30 tahun) di rumahnya di Kampung Parungseah Berong, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jumat malam, 13 September 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Food & Travel14 September 2024, 12:00 WIB

4 Destinasi Wisata Jawa Barat yang Instagramable, Cocok untuk Liburan

Jawa Barat memang kaya akan destinasi wisata yang tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga sangat cocok untuk diabadikan dalam foto-foto menarik untuk media sosialmu.
Jawa Barat memang kaya akan destinasi wisata yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. (Sumber : Instagram/@tamanlangitpangalengan360/@togahill.).
Nasional14 September 2024, 11:42 WIB

Mengenal Masa Sanggah CPNS 2024: Persyaratan, Cara Mengajukan, Hingga Jadwal

Masa sanggah adalah waktu pelamar untuk menyampaikan keberatan.
(Foto Ilustrasi) Masa sanggah adalah periode penting dalam proses seleksi CPNS 2024. | Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id
Sukabumi14 September 2024, 11:00 WIB

Tanam Pohon di Kampung Lutung, Sekda Sukabumi Bicara Tangguh Bencana Berbasis Internet

Program mitigasi ini diperlukan karena Kabupaten Sukabumi termasuk daerah dengan potensi bencana tinggi, mulai dari banjir, longsor, puting beliung, gempa bumi dan lainnya.
Bersama Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Sekda Ade Suryaman tanam pohon tangguh bencana di Kampung Lutung (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)
Kecantikan14 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Foundation untuk Make Up Wajah yang Jarang Diketahui

Dengan memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda, foundation dapat menjadi dasar yang sangat bermanfaat dalam menciptakan tampilan wajah yang flawless dan tahan lama.
Ilustrasi. Manfaat Foundation untuk Make Up Wajah