Konsumsi Vitamin C yang Cukup, 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Kamis 26 September 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Di musim pancaroba, menjaga kesehatan anak sangat penting karena perubahan cuaca yang ekstrem sering kali menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. | (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Di musim pancaroba, menjaga kesehatan anak sangat penting karena perubahan cuaca yang ekstrem sering kali menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini, kita harus lebih menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Penyakit seperti flu, batuk, dan diare sering muncul saat musim pancaroba.

Apalagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sempurna sangat rentan terkena penyakit saat musim pancaroba karena tubuh mereka kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca.

Tips Menjaga Kesehatan Badan Anak di Musim Saat Pancaroba

Berikut adalah beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan anak, dihimpun dari laman kemenkes:

1. Konsumsi Vitamin C yang Cukup

Vitamin C dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama saat perubahan cuaca yang membuat anak rentan terhadap flu dan infeksi.

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, pepaya, dan brokoli dapat menjadi pilihan yang baik. Suplemen vitamin C juga bisa diberikan sesuai anjuran dokter.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Memberikan makanan dengan gizi seimbang, yang kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sumber protein seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan akan membantu memperkuat tubuh anak dalam melawan infeksi.

3. Cuci Tangan dengan Sabun atau Hand Sanitizer

Kebiasaan mencuci tangan sangat efektif dalam mencegah penyebaran kuman dan virus, terutama di musim pancaroba.

Ajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain, dan setelah menyentuh permukaan yang banyak digunakan orang lain, seperti gagang pintu atau mainan umum. Jika tidak ada air, hand sanitizer berbasis alkohol bisa digunakan sebagai alternatif.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Mandi 2 Kali Sehari

Kebersihan tubuh adalah kunci penting dalam mencegah penyakit. Mandi rutin dua kali sehari membantu membersihkan kuman, kotoran, dan debu yang menempel pada kulit anak.

Hal ini sangat penting saat cuaca berubah-ubah, yang seringkali meningkatkan risiko infeksi kulit atau saluran pernapasan.

5. Aktivitas Fisik Minimal 30 Menit Setiap Hari

Mendorong anak untuk tetap aktif dan berolahraga minimal 30 menit setiap hari membantu menjaga kebugaran dan memperkuat sistem imun.

Aktivitas fisik tidak hanya membantu dalam menjaga berat badan yang sehat tetapi juga mendorong peredaran darah yang baik dan meningkatkan energi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 September 2024, 08:30 WIB

Lowongan Kerja SMA Fresh Graduate, Tersedia Posisi di Bidang Production

Lowongan Kerja di Jabodetabek Lulusan SMA berikut dibuka untuk penempatan wilayah Cikokol Tangerang.
Ilustrasi. Pekerja Packing. Lowongan Kerja SMA Fresh Graduate, Tersedia Posisi di Bidang Production. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
Science27 September 2024, 08:00 WIB

7 Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos di Rumah, Yuk Cintai Lingkungan!

Membuat pupuk kompos di rumah adalah cara yang mudah dan ramah lingkungan untuk mengurangi limbah organik sekaligus menghasilkan pupuk alami untuk tanaman.
Ilustrasi. Cara Membuat Pupuk Kompos di Rumah.
Life27 September 2024, 07:00 WIB

6 Perbedaan Gen Z dan Generasi X di Tempat Kerja, Kamu Termasuk yang Mana?

Bagi Gen X, keamanan finansial dan pensiun adalah faktor yang sangat penting dalam memutuskan apakah akan tetap bekerja di suatu perusahaan atau tidak. Sedangkan Gen Z lebih memprioritaskan kesejahteraan pribadi dan pertumbuhan.
Ilustrasi. Perbedaan Gen Z dan Gen X di Tempat Kerja. (Sumber : Pixabay/AmoreSeymour)
Food & Travel27 September 2024, 06:00 WIB

Resep Peuyeum Bandung, Makanan Fermentasi Tradisional dari Singkong

Peuyeum terbuat dari singkong yang sudah dikupas dan direbus, lalu difermentasi dengan menggunakan ragi.
Peuyeum Bandung, Makanan Fermentasi Tradisional dari Singkong. Foto: Instagram/@yogya_junction8
Science27 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 September 2024, Semua Wilayah Potensi Cerah di Pagi Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 27 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 27 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Jawa Barat26 September 2024, 21:31 WIB

Siap-siap! Dalam Waktu Dekat Tol Bocimi Seksi 2 Akan Diberlakukan Tarif

PT Trans Jabar Tol (TJT) mengumumkan bahwa dalam waktu dekat Tol Bocimi Seksi 2 Ruas Cigombong-Cibadak akan diberlakukan tarif
Gerbang Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Agustus 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi26 September 2024, 21:26 WIB

Hari Tani di Eks Bumiloka Jampangtengah Sukabumi, Soroti Penguasaan Lahan oleh Pengusaha

Memperingati hari tani ke-64 tahun 2024, petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) mengadakan rapat umum bertempat dilahan perjuangan Eks HGU PT. Bumiloka Swakarya Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi
Peringatan Hari Tani Nasional 2024 SPI Sukabumi di Eks HGU Bumiloka Jampangtengah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih26 September 2024, 20:53 WIB

Syaikhu Janjikan Gaji Guru Honorer Setara Buruh Usai Dengar Curhatan Warga Sukabumi

Ahmad Syaikhu menilai bahwa peningkatan gaji guru honorer hingga setara dengan UMK sangat mungkin dilakukan, tergantung pada political will kepala daerah.
Cagub Jabar nomor urut 3 Ahmad Syaikhu saat berdialog dengan warga Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi,  Kamis (26/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life26 September 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Laki-laki yang Teriak-teriak dan Suka Memukul

Perilaku berteriak dan memukul pada anak laki-laki seringkali merupakan cerminan dari suatu masalah yang lebih dalam.
Ilustrasi. Perilaku berteriak dan memukul pada anak laki-laki seringkali merupakan cerminan dari suatu masalah yang lebih dalam. (Sumber : Freepik/@asierromero)
DPRD Kab. Sukabumi26 September 2024, 19:59 WIB

Absen di Momen Wisuda, Politisi Muda Golkar Ini Pilih Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Rahma Sakura Ramkar, membuat keputusan tak biasa di hari wisudanya di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Alih-alih merayakan momen kelulusan, ia memilih hadir rapat paripurna DPRD
Rahma Sakura Ramkar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Golkar | Foto : Mulvi