Pelindung Tak Hanya Baju, 7 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Senin 23 September 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Menggunakan sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama saat cuaca panas.. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Menggunakan sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama saat cuaca panas.. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Sunscreen adalah tameng bagi kulit kita. Ia melindungi kulit dari serangan sinar UV, menjadi benteng kuat melawan penuaan dini, dan mencegah ancaman serius seperti kanker kulit.

Sesuai dengan namanya, tabir surya atau sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, terutama radiasi ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Akan tetapi, keunggulan sunscreen, baik tinted sunscreen maupun yang biasa, tidak berhenti sampai di situ. Untuk pemahaman yang lebih mendalam, mari simak penjelasan lengkap mengenai manfaat sunscreen berikut ini dikutip dari alodokter.

1. Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet (UV)

Sunscreen berfungsi sebagai pelindung utama dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. Paparan langsung sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti penuaan dini hingga kanker kulit.

2. Menghambat Penuaan Dini

Paparan sinar UV dapat mempercepat munculnya kerutan dan garis halus. Sunscreen membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan melindungi kolagen di dalam kulit.

3. Mencegah Bercak Gelap pada Kulit

Sunscreen membantu mencegah terbentuknya bercak-bercak gelap atau hiperpigmentasi akibat paparan matahari yang berlebihan, yang sering dialami oleh orang dengan kulit sensitif terhadap sinar UV.

4. Meratakan Warna Kulit

Penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu menjaga warna kulit tetap merata dengan mencegah terbentuknya flek hitam akibat sinar matahari yang kuat.

5. Mencegah Kulit Terbakar

Sunscreen melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang intens, termasuk sunburn yang menyakitkan dan merusak lapisan kulit.

6. Mencegah Kulit Menghitam

Dengan perlindungan dari sinar UV, sunscreen membantu mencegah penggelapan kulit atau "tanning" yang tidak diinginkan akibat paparan sinar matahari.

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Dengan memberikan perlindungan dari sinar UV yang merusak, penggunaan sunscreen dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit, terutama jenis kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan seperti melanoma.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment25 September 2024, 13:30 WIB

YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan

YG Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa BLACKPINK akan comeback dengan merilis album baru dan menggelar world tour tahun depan.
YG Konfirmasi BLACKPINK akan Comeback dan World Tour Tahun Depan (Sumber : Instagram /@blackpinkofficial)
Food & Travel25 September 2024, 13:00 WIB

HTM Cuma Rp5 Ribu, Curug Munding Lebak Banten Destinasi Wisata Liburan Murah Meriah

Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan.
Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan. (Sumber : Facebook/@msaroni11/2@Wow Banten).
Food & Travel25 September 2024, 12:30 WIB

Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Selain populer sebagai piramida tertua di dunia yang mengalahkan Piramida Giza di Mesir, Gunung Padang identik dengan Patilasan Prabu Siliwangi di zaman prasejarah.
Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment
Bola25 September 2024, 12:00 WIB

Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter, Bakal Kena Sanksi?

PT LIB berencana hari ini Rabu (25/09/2024) akan memanggil Manajemen dan Panpel Persib terkait kerusuhan suporter.
Ilustrasi - Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter Pukuli Steward. | (Sumber : persib.co.id)
Nasional25 September 2024, 11:58 WIB

Tito Sebut Banyak Tenaga Honorer Pemda Titipan Timses, Anggaran Daerah Jadi Bengkak

Pemda perlu memotong model rekrutmen pegawai semacam ini.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyebut banyak pegawai honorer di daerah yang merupakan titipan timses. | Foto: Shutterstock
Entertainment25 September 2024, 11:30 WIB

Permohonan Cerai Andre Taulany kepada Rien Wartia Trigina Ditolak, Ini Alasannya

Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin.
Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin (Sumber : Instagram/@erintaulany)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 10:30 WIB

Simak Ancamannya, Mendagri Wanti-wanti Kades yang Tak Netral di Pilkada 2024

Tito telah mengimbau berkali-kali agar kades tetap netral selama Pilkada 2024.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan temuan pelanggaran kades yang tidak netral selama Pilkada 2024 dapat dilaporkan ke Bawaslu. | Foto: Istimewa
Food & Travel25 September 2024, 10:08 WIB

Melihat Batuan Unik di Balik Aliran Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi

Lokasi Curug Cimarinjung tidak terlalu jauh dari Pantai Palangpang.
Kondisi Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Fashion25 September 2024, 10:00 WIB

5 Tips Padu Padan Sepatu Boots Wanita Agar Terlihat Modis dan Stylish

Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara.
Ilustrasi - Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara. (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor).
Entertainment25 September 2024, 09:53 WIB

YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati

Yudha Arfandi alias YA dituntut Hukuman Mati, dalam kasus kematian Raden Andante Khalif Pramudityo, atau lebih dikenal sebagai Dante (6), anak dari aktris FTV Tamara Tyasmara.
YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati | Foto : YouTube/@Indosiar