10 Manfaat Stretching untuk Kesehatan, Yuk Lakukan Peregangan!

Kamis 05 September 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi. Manfaat Stretching untuk Peregangan Badan (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Manfaat Stretching untuk Peregangan Badan (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Stretching adalah aktivitas fisik yang dilakukan untuk meregangkan otot-otot dan sendi tubuh guna meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki rentang gerak, serta mengurangi ketegangan otot.

Stretching bisa dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, ataupun sebagai bagian dari rutinitas harian untuk menjaga kesehatan otot dan persendian.

Stretching atau peregangan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat utama dari stretching untuk kesehatan tubuh, seperti merujuk dari berbagai sumber:

Manfaat Stretching untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Stretching membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi, yang penting untuk menjaga rentang gerak tubuh. Fleksibilitas yang baik membantu mengurangi risiko cedera saat beraktivitas atau berolahraga.

Baca Juga: 8 Menu Wajib Ngaliwet Orang Sunda yang Tidak Boleh Dilewatkan, Mana Favoritmu?

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Peregangan meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan jaringan tubuh. Manfaat stretching ini membantu memperbaiki oksigenasi otot, yang pada gilirannya meningkatkan energi dan mempercepat pemulihan setelah aktivitas fisik.

3. Mengurangi Ketegangan Otot

Stretching membantu mengurangi ketegangan pada otot yang tegang akibat aktivitas harian atau setelah olahraga. Ini dapat meredakan rasa sakit atau pegal dan membantu mencegah cedera seperti kram otot.

4. Meningkatkan Postur Tubuh

Dengan meregangkan otot yang kaku, terutama pada punggung, leher, dan bahu, stretching membantu memperbaiki postur tubuh. Postur yang baik mengurangi tekanan pada tulang belakang dan otot-otot yang menopang tubuh.

Baca Juga: 7 Perbedaan Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa, Segi Aksara hingga Kesopanan

5. Meningkatkan Rentang Gerak Sendi

Peregangan teratur meningkatkan fleksibilitas sendi, yang memungkinkan gerakan lebih bebas tanpa hambatan atau rasa sakit. Ini sangat penting untuk menjaga mobilitas, terutama seiring bertambahnya usia.

6. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Stretching tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tetapi juga untuk pikiran. Peregangan membantu melepaskan ketegangan yang terakumulasi di tubuh, yang sering kali dikaitkan dengan stres. Stretching yang dilakukan dengan napas dalam juga dapat memberikan efek relaksasi.

7. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Peregangan yang konsisten dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, terutama jika digabungkan dengan latihan kekuatan. Ini sangat penting untuk mencegah jatuh atau cedera pada orang dewasa yang lebih tua.

8. Meningkatkan Performa Olahraga

Fleksibilitas yang diperoleh dari stretching membantu otot bekerja lebih efisien, meningkatkan performa saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Stretching juga membantu mencegah otot menjadi kaku dan terbatas selama aktivitas fisik.

Baca Juga: Bahasa Sunda VS Bahasa Jawa di Jawa Barat, Sudah Tahu?

9. Membantu Proses Pemulihan Otot

Setelah berolahraga, stretching membantu mempercepat pemulihan dengan meningkatkan aliran darah ke otot dan mengurangi penumpukan asam laktat.
Manfaat peregangan badan ini membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan (delayed onset muscle soreness/DOMS).

10. Meningkatkan Kesehatan Mental

Peregangan secara teratur dapat membantu menciptakan perasaan tenang dan meningkatkan mood. Aktivitas stretching ini dapat memberikan waktu untuk fokus pada pernapasan dan melepaskan ketegangan fisik dan mental yang terakumulasi sepanjang hari.

Stretching penting untuk menjaga kesehatan otot, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko cedera, serta membantu tubuh tetap lentur dan kuat.

Dengan melakukan stretching secara teratur, tubuh akan lebih lentur, postur akan membaik, serta perasaan rileks dan tenang dapat tercapai.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).