10 Cara Alami untuk Menghilangkan Bau Badan yang Membandel

Rabu 14 Agustus 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Menggunakan obat alami untuk menghilangkan bau badan bisa menjadi solusi yang efektif dan aman. (Sumber : Freepik.com/gratispik).

Ilustrasi - Menggunakan obat alami untuk menghilangkan bau badan bisa menjadi solusi yang efektif dan aman. (Sumber : Freepik.com/gratispik).

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum membahas solusi, perlu kita pahami dulu penyebab bau badan. Bau badan umumnya disebabkan oleh bakteri yang mengurai keringat pada kulit. 

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau, namun ketika bercampur dengan bakteri, akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Nah, berikut ini adalah sepuluh cara menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah ini:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam laurat yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Cara penggunaannya dengan cara mengoleskan minyak kelapa langsung ke bagian tubuh yang sering berkeringat seperti ketiak, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah antiseptik alami yang memiliki sifat antibakteri. Cara penggunaannya dengan mengencerkan 2 sendok teh minyak pohon teh dengan 2 sendok makan air, lalu oleskan pada ketiak dan area lainnya setiap hari.

3. Minyak Lavender

Minyak lavender menghambat pertumbuhan bakteri dan memberikan aroma yang menyenangkan. Cara penggunaannya, campurkan 10 tetes minyak lavender dengan 3 sendok teh maizena dan 2 sendok teh soda kue untuk membuat deodoran alami. Oleskan campuran ini sesuai kebutuhan.

4. Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki sifat antibakteri dan menyegarkan. Cara penggunaannya,  campurkan 10 tetes minyak peppermint dengan 4 sendok makan minyak kelapa, 4 sendok makan maizena, dan 4 sendok makan soda kue. Oleskan campuran ini pada ketiak sesuai kebutuhan.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membunuh bakteri dan menyeimbangkan pH kulit serta menjadi solusi dari bau badan. Cara penggunaannya, oleskan cuka sari apel langsung pada ketiak menggunakan bola kapas, atau campur dengan air dan gunakan sebagai deodoran alami.

6. Garam Epsom

Garam Epsom memiliki sifat detoksifikasi dan mengurangi stres. Cara penggunaan untuk mengatasi bau badan dengan berendam dalam bak mandi yang berisi air hangat dan 2-3 cangkir garam Epsom selama 20-30 menit, 3 kali seminggu.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan asam tanat yang membantu menghilangkan bau badan. Cara penggunaannya dengan mengoleskan ampas teh hijau pada area berkeringat, atau minum teh hijau secara rutin untuk detoksifikasi.

8. Air Lemon

Air lemon menurunkan pH kulit, membuat bakteri sulit bertahan. Cara penggunaannya dengan menggosokkan potongan lemon langsung pada ketiak, biarkan kering, lalu bilas dengan air hangat.

9. Tomat

Tomat memiliki sifat asam yang membunuh bakteri dan mengurangi produksi keringat. Cara penggunaannya, berendamlah dalam bak mandi yang berisi air hangat dan jus tomat selama 20-30 menit, 3-4 kali seminggu.

10. Air Mawar

Air mawar mengurangi produksi keringat dan memberikan aroma bunga. Cara penggunaannya dengan mencampurkan 3 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan cuka sari apel, lalu semprotkan pada ketiak sesuai kebutuhan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)