Bukan Ibuprofen! Ini Obat Herbal untuk Sakit Kepala Migrain

Selasa 13 Agustus 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi. Suplemen herbal adalah suplemen yang berasal dari tanaman. (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi. Suplemen herbal adalah suplemen yang berasal dari tanaman. (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang sering mengalami migrain, Anda mungkin sudah mencoba obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti aspirin atau ibuprofen. Namun, herbal juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan sakit kepala migrain ya!

Akan tetapi, apakah herbal aman untuk dicoba dan apakah herbal benar-benar efektif untuk mengatasi sakit kepala migrain? Yuk simak ulasannya sebagaimana merujuk WebMD!

Apa Itu Suplemen Herbal?

Suplemen herbal adalah suplemen yang berasal dari tanaman. Suplemen herbal dapat dibuat dari berbagai bagian tanaman, termasuk:

  • Minyak
    Akar
    Biji
    Daun-daun
    Buah-buahan
    Bunga

Updaters juga dapat membeli suplemen herbal dalam berbagai bentuk. Suplemen herbal dapat berupa:

  • Pil
    Cairan
    Tincture (ramuan yang dilarutkan dalam alkohol)
    Teh

Suplemen Herbal yang Bisa Membantu Meredakan Gejala Migrain

Suplemen herbal berasal dari tanaman dan dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri migrain. Suplemen herbal tersedia dalam berbagai bentuk seperti pil atau teh.

Suplemen Herbal Tidak Menggantikan Perawatan Rutin

Obat herbal mungkin menjadi pilihan lain untuk migrain, selain obat pereda nyeri yang dijual bebas atau obat resep yang diresepkan dokter Anda.

Sebelum mencoba suplemen herbal untuk mengatasi sakit kepala, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Meskipun alami, suplemen herbal tersebut mungkin tidak cocok untuk sebagian orang.

 

Apa Suplemen Herbal yang Membantu Mengatasi Migrain?

Bukti mengenai suplemen herbal yang membantu mengatasi migrain terbatas, tetapi penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat membantu mengatasi migrain:

Butterbur. Ramuan ini berasal dari semak belukar. Ramuan ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai hal, mulai dari batuk hingga luka. Baru-baru ini, penggunaannya meluas hingga migrain. Jika Anda ingin mencoba butterbur, cobalah pilih ramuan yang bebas alkaloid pirolizidin.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun sesuatu bersifat alami, bukan berarti tidak akan ada efek samping. Kemungkinan efek samping dari butterbur meliputi:

  • bersendawa
    Sakit kepala
    Mata gatal
    Diare
    Kesulitan bernafas
    Kelelahan
    Sakit perut
    Kelelahan

Feverfew. Tanaman ini memiliki bunga kecil yang bentuknya mirip bunga aster. Kadang-kadang juga digunakan untuk mengatasi radang sendi atau penyakit kulit. Hasil penelitian tentang kemampuannya untuk mencegah migrain masih beragam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat mengurangi sakit kepala. Tanaman ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit, kepekaan terhadap cahaya, dan gejala lainnya.

Kemungkinan efek samping dari feverfew meliputi:

  • Mual
    Masalah pencernaan
    kembung
    Iritasi mulut
    Beberapa orang mungkin alergi terhadap feverfew.

Jahe. Anda dapat menggunakan jahe saat memasak. Jahe dikenal dapat membantu meredakan nyeri dan mual. ​​Itulah sebabnya jahe juga digunakan untuk mengatasi migrain. Tidak banyak bukti, tetapi secara umum aman untuk dicoba.

Valerian. Tanaman ini memiliki bunga kecil berwarna putih, ungu, atau merah muda. Tanaman ini dikenal memiliki efek menenangkan. Orang-orang menggunakannya untuk membantu mengatasi saraf dan tidur, tetapi tanaman ini juga telah diteliti untuk mengatasi migrain.

Perlu diingat bahwa ada jenis suplemen lain yang dapat membantu mengatasi migrain. Herbal hanyalah salah satu kategori. Sebaiknya, tanyakan kepada dokter apakah ada suplemen lain yang dapat dicoba.

 

Beberapa Herbal yang Telah Diteliti untuk Meredakan Migrain

Beberapa herba seperti butterbur, feverfew, jahe, dan valerian dapat membantu mengatasi migrain. Namun, belum ada banyak bukti yang menunjukkan khasiatnya.

HATI-HATI! Ramuan Herbal Dapat Menyebabkan Masalah Lain

Butterbur, feverfew, jahe, dan valerian dapat meredakan nyeri migrain dan mual. ​​Namun, tanaman ini juga dapat menyebabkan masalah perut atau reaksi alergi pada sebagian orang.

Apakah Suplemen Herbal Aman untuk Migrain?

Anda mungkin berpikir bahwa suplemen herbal aman karena alami. Namun, segala sesuatu yang alami tidak baik untuk Anda, terutama jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba suplemen baru, baik herbal maupun lainnya. Catat semua obat dan suplemen yang Anda konsumsi dan jumlahnya. Dokter dapat memberi tahu Anda apa yang aman dan tidak.

Penting juga untuk diketahui bahwa suplemen tidak diatur oleh FDA dengan cara yang sama seperti makanan atau obat-obatan.

 

Perusahaan yang menjual suplemen tidak seharusnya memberi label sesuatu yang bukan mereknya, tetapi terserah Anda untuk melakukan sedikit penyelidikan untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut mengatakan yang sebenarnya.

Meskipun aman, pengobatan herbal mungkin bukan cara yang paling efektif untuk mengobati migrain. Selain pengobatan, langkah-langkah berikut juga dapat membantu:

  • Mematikan lampu saat pertama kali merasakan serangan migrain
    Menyeruput minuman berkafein
    Melakukan olahraga yang cukup
    Menurunkan stres
    Tidur nyenyak

Apakah Suplemen Herbal Bisa Dikonsumsi dengan Obat Migrain?

Beberapa suplemen herbal dapat berinteraksi dengan obat migrain dan menimbulkan masalah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Echinacea
    Bawang putih (dalam jumlah banyak)
    Ginkgo Biloba
    Daun Ginseng
    St. John Wort
    Akar valerian
    Jeruk bali

*Catatan: Sumber tulisan ini telah diulas secara medis oleh Brunilda Nazario, MD

Sumber: webmd.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 September 2024, 20:00 WIB

Situ Bagendit, Wisata Eksotis di Garut yang Berselimut Kisah Legenda

Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba.
Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba. (Sumber : disparbud.garutkab.go.id).