Manfaat Teh Oregano, Tanaman Herbal yang Digunakan untuk Banyak Pengobatan

Jumat 09 Agustus 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Teh oregano, yang terbuat dari daun tanaman oregano kering, memiliki berbagai manfaat kesehatan. (Sumber : Pixabay.com/dungthuyvunguyen).

Ilustrasi - Teh oregano, yang terbuat dari daun tanaman oregano kering, memiliki berbagai manfaat kesehatan. (Sumber : Pixabay.com/dungthuyvunguyen).

SUKABUMIUPDATE.com - Oregano merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan dalam memasak, tetapi terkadang juga digunakan untuk keperluan pengobatan.

Beberapa alasan orang minum teh oregano antara lain untuk mengatasi flu, gangguan pencernaan, atau batuk.

Oregano memang memiliki senyawa yang dapat bersifat antiradang atau antibakteri, tetapi manfaat kesehatannya belum terbukti.

Teh Oregano

Tanaman Oregano. | Pixabay.com/@HansLindeTanaman Oregano. | Pixabay.com/@HansLinde.

Oregano adalah herbal yang umum digunakan dalam masakan, baik segar maupun kering. Rasanya digambarkan sebagai pedas, beraroma tanah, pedas, atau seperti merica, dengan sedikit rasa mint atau jerami.

Oregano sering digunakan untuk melengkapi hidangan Mediterania yang meliputi pasta, saus tomat, unggas, daging, dan ikan.

Daun tanaman oregano digunakan dalam memasak dan membuat teh. Rempah-rempah mengandung berbagai senyawa yang dapat memengaruhi tubuh.

Beberapa senyawa aktif dalam oregano termasuk monoterpen fenolik, flavonoid (apigenin, eriodictyol, dihydroquercetin , dihydrokaempferol, thymol), dan asam fenolik.

Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam oregano meliputi asam caffeic, asam p-coumaric, asam rosmarinic , turunan caffeoyl, dan cavacrol.

Manfaat Teh Oregano dan Kata Peneliti

Oregano telah diteliti sebagai obat herbal. Akan tetapi, belum ada cukup bukti yang merekomendasikannya secara khusus untuk kondisi tertentu. Belum ada cukup penelitian tentang penggunaan oregano sebagai teh untuk menyatakan bahwa oregano bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, diperkirakan oregano mungkin memiliki khasiat yang meliputi Antasida, Antibakteri, Antikanker, Antiinflamasi, Antioksidan dan Antispasmodik.

Berikut ini ada beberapa manfaat teh oregano sebagai tanaman herbal yang berkhasiat, dihimpun dari verywellhealth.

1. Efek Antibakteri

Beberapa zat dalam oregano, termasuk flavonoid dan polifenol mungkin memiliki efek antibakteri. Ini berarti zat-zat tersebut aktif melawan bakteri dan dapat membantu mengganggu kemampuan bakteri untuk tumbuh di dalam tubuh.

2. Efek Anti-inflamasi

Flavonoid dan asam fenolik merupakan senyawa yang ditemukan dalam oregano dan tanaman lain yang dapat mengurangi peradangan. Peradangan dalam tubuh dapat menjadi respons yang tepat, seperti terhadap virus flu.

Namun, jika peradangan tidak diatasi, hal itu dapat menyebabkan perkembangan penyakit dan bahkan kanker. Oregano memang mengandung flavonoid, tetapi efeknya belum banyak diteliti pada manusia.

3. Efek Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Kerusakan yang ditimbulkannya diduga terkait dengan perkembangan kanker dan penyakit lainnya.

Antioksidan dapat mengganggu radikal bebas dan mungkin mencegah kerusakan ini. Oregano mengandung antioksidan, sehingga diyakini memiliki efek antioksidan. Namun, belum diketahui seberapa efektifnya dalam menetralkan radikal bebas.

4. Efek Antispasmodik

Antispasmodik adalah senyawa yang bekerja pada otot polos dalam sistem pencernaan. Kondisi tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), dapat menyebabkan otot-otot tersebut berkontraksi yang menyebabkan nyeri, diare , atau efek lainnya.

5. Sistem Pencernaan yang Sehat

Teh oregano dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan gangguan pencernaan. Sifat antimikroba oregano juga membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh oregano kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, dan magnesium yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

7. Meredakan Batuk dan Gejala Flu

Teh oregano dapat membantu meredakan batuk dan gejala flu dengan cara melegakan saluran pernapasan dan mengurangi lendir. Sifat antibakteri dan antivirusnya juga membantu melawan infeksi saluran pernapasan.

8. Detoksifikasi Tubuh

Teh oregano membantu dalam proses detoksifikasi dengan merangsang fungsi hati dan ginjal, membantu tubuh mengeluarkan racun secara lebih efektif.

9. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Aroma dan senyawa dalam oregano dapat memberikan efek menenangkan, membantu meredakan stres dan kecemasan. Mengonsumsi teh oregano dapat memberikan relaksasi yang dibutuhkan untuk kesehatan mental.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 04:30 WIB

Penuhi Nazar, Anggota DPRD Sukabumi Taopik Guntur Santuni Puluhan Anak Yatim di Ciemas

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Taopik Guntur memberikan santunan kepada puluhan anak yatim di Ciemas.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Taopik Guntur santuni anak yatim untuk membayar nazar dirinya yang terpilih jadi anggota dewan. (Sumber : SU/Ragil)
Inspirasi30 September 2024, 23:46 WIB

6 Ide Bisnis untuk Pemula

Terdapat berbagai ide bisnis yang cocok bagi pemula yang ingin memulai usaha. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat dipertimbangkan:
Ide bisnis bagi pemula | Foto : Pixabay
Jawa Barat30 September 2024, 23:40 WIB

Belajar ke Masa Lalu, 3 Wisata Alam yang Sarat Kisah Legenda

Jawa Barat tak hanya terkenal dengan wisata kulinernya, di tatar Pasundan ini banyak juga wisata alam yang diselimuti cerita-cerita legenda. Bahkan, hingga saat ini tak sedikit orang yang masih mempercayai kisah tersebut.
Situs Gunung Padang Cianjur bisa menjadi destinasi wisata alternatif saat mengisi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) (Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id)
Sukabumi30 September 2024, 23:19 WIB

Cari Tempat untuk Pertemuan, 15 Rekomendasi Gedung Nyaman dan Luas di Sukabumi

Updaters yang sedang mencari tempat pertemuan di Sukabumi bisa menyimak artikel di bawah ini sampai tuntas. Redaksi sukabumiupdate.com telah merangkum dari berbagai sumber untuk referensi tempat pertemuan
Rekomendasi Gedung Pertemuan di Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 September 2024, 22:32 WIB

Kronologi Mobil Pariwisata Hilang di Sukabumi, Dalam Setengah Hari Ditemukan Di Bandung

Mobil Toyota Hi-Ace dengan nomor polisi B 7567 BOB milik perusahaan travel dilaporkan hilang saat terparkir di sebuah villa yang berada di Cinumpang, Sukabumi. mobil tersebut membawa puluhan wisatawan asal Jakarta
Mobil Toyota Hi-Ace yang hilang setelah berhasil ditemukan dan dibawa kembali ke Polres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Sukabumi30 September 2024, 21:47 WIB

Cabuli Cucu Tiri, Pria Paruh Baya di Kota Sukabumi Diamankan Polisi

Seorang pria paruh baya inisial MS alias BU (56 tahun) asal Kota Sukabumi diamankan polisi usai dilaporkan melakukan pencabulan kepada gadis yang masih dibawah umur. Gadis tersebut merupakan cucu tiri pelaku
Tersangka pelaku pencabulan, MS alias BU (56 tahun) saat dihadirkan dalm konferensi pers di Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Sukabumi30 September 2024, 21:22 WIB

Warga Bela Pedagang Es Keliling di Sukabumi yang Dituduh Curi Rp30 Juta, Minta Polisi Adil

Warga meminta kepada pihak kepolisian untuk segera menegakkan keadilan setelah Jujun Junaedi (54), seorang penjual es kue keliling dan marbot masjid, menjadi korban pengeroyokan ataatas tuduhan mencuri uang sebesar Rp30 juta
Warga kampung Hegarmanah, Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Supabumi, sedang berkumpul di rumah Jujun Junaedi (54), seorang penjual es kue keliling yang menjadi korban pengeroyokan | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan30 September 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Compact Powder? Jenis Bedak Ini Cocok untuk Kulit Berminyak!

Dengan jenis bedak yang sesuai jenis kulit, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan tampilan riasan yang memukau dan sesuai dengan selera make up Anda!
Ilustrasi. Bedak Padat atau Compact Powder (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi30 September 2024, 20:05 WIB

Respon Pengguna Jelang Pemberlakuan Tarif Tol Bocimi Seksi 2 Usai Gratis, Berharap Tidak Mahal

PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengumumkan bahwa dalam waktu dekat seksi 2 Cigombong-Cibadak akan diberlakuan tarif.
Poster digital pengumuman PT TJT terkait Tol Bocimi Seksi 2 Kembali beroperasi secara fungsional dan tanpa tarif. | Sumber: IG @transjabartol
Life30 September 2024, 20:00 WIB

9 Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial, Investasi Jangka Panjang!

Membangun personal branding di media sosial adalah proses yang memerlukan strategi, konsistensi, dan ketulusan dalam menampilkan citra diri yang ingin kamu sampaikan kepada publik.
Ilustrasi. Personal branding yang kuat membuat orang lain lebih percaya pada kemampuan dan keahlianmu. (Sumber : Freepik/@freepik)