Tak Hanya Bikin Segar, Ini 6 Rekomendasi Minuman yang Menyehatkan Jantung

Rabu 07 Agustus 2024, 09:00 WIB
Jus delima- Beberapa minuman tak hanya menyegarkan saja, namun diantaranya dapat menyehatkan jantung. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Jus delima- Beberapa minuman tak hanya menyegarkan saja, namun diantaranya dapat menyehatkan jantung. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting untuk kualitas hidup yang lebih baik. Jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga fungsinya yang optimal sangat mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

Mengapa Kesehatan Jantung Penting?

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Dengan menjaga kesehatan jantung, kita dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

Kesehatan jantung yang baik juga berdampak positif pada kesehatan organ-organ lain dalam tubuh, seperti otak, ginjal, dan otot. Oleh karenanya menjaga pola hidup sehat adalah penting untuk kesehatan jantung kita.

Salah satu cara simpel untuk menjaga jantung agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi minuman menyehatkan. Dihimpun dari laman healthshots, berikut ini ada beberapa minuman yang dapat menjadi ramuan ajaib bagi jantung Anda dalam segala hal.

1. Kopi

Kehabisan energi? Tidak perlu khawatir, karena sudah terbukti bahwa jika Anda minum kopi secukupnya, kopi bisa menjadi salah satu minuman yang paling bermanfaat. Berapa jumlah yang dibutuhkan untuk minum kopi secukupnya? 2 cangkir sehari, tanpa gula dan susu, adalah jumlah yang Anda butuhkan untuk menjaga jantung Anda tetap sehat dan berfungsi.

Hal ini karena kopi mengandung banyak antioksidan yang membantu memperbaiki sel. Jika Anda atau seseorang menderita hipertensi, sebaiknya hindari minum kopi.

2. Jus Hijau

Ambil sayuran apa pun yang berwarna hijau, masukkan ke dalam blender. Minuman ini pasti kaya akan serat, zat besi, dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Nutrisi ini akan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh Anda dan jantung Anda akan tetap sehat.

3. Jus ABC

Jus apel, bit, dan wortel adalah rekomendasikan untuk terbaik Anda. Jika Anda bukan penggemar minuman yang disebutkan di atas, Anda pasti akan menyukai minuman ini karena rasanya lezat .

Selain antioksidan, kebutuhan harian jantung Anda akan zat besi, folat, dan kalium terpenuhi dengan baik. Dan tidak perlu menebak bahwa jantung Anda membutuhkan semua ini dalam jumlah yang banyak.

4. Teh Matcha

Teh matcha sangat bagus untuk menurunkan berat badan karena membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Jika kolesterol jahat turun, hal itu secara otomatis akan berdampak positif pada jantung Anda. Menurut penelitian, teh matcha dengan epigallocatechin gallate (EGCG) adalah apa yang perlu Anda konsumsi untuk jantung Anda.

5. Jus Pepaya

Pernah dengar likopen? Ya, pepaya mengandung banyak likopen dan tentu saja, likopen sangat dibutuhkan jantung Anda. Likopen memiliki khasiat yang dapat memperlancar aliran darah.

Telah ditemukan bahwa minum jus pepaya secara teratur akan membantu mengurangi kematian akibat penyakit jantung secara signifikan.

6. Jus Buah Delima

Selain polifenol dan zat gizi mikro lainnya, buah delima mengandung antioksidan khusus yang dikenal dapat mengurangi penyumbatan di arteri. Buah ini juga membantu menjaga arteri tetap lembut dan aliran darah tetap terkendali.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Oktober 2024, 16:20 WIB

Puskesmas Kalibunder Sukabumi Sosialisasi dan Edukasi Transformasi Posyandu

UPTD Puskesmas Kalibunder bersama Forkopimcam meresmikan Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu Bintari 4 Cijeruk, Desa Balekambang, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/10/2024).
Peresmian Posyandu Bintari 4 Desa Balekambang, Kalibunder, Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel07 Oktober 2024, 16:00 WIB

Wisata Cibulan Kuningan, Sensasi Berenang Bersama Ikan Dewa yang Konon Jelmaan Prajurit Prabu Siliwangi

Wisata Cibulan Kuningan adalah destinasi unik yang menyajikan perpaduan antara keindahan alam dan legenda mistis.
Wisata Cibulan Kuningan adalah destinasi unik yang menyajikan perpaduan antara keindahan alam dan legenda mistis. (Sumber : Google/Foto Milik Sri Suryani).
Sukabumi07 Oktober 2024, 15:54 WIB

Ada Ibu Rumah Tangga, Ponsel Picu Pembunuhan Diki di Pantai Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi, AKBP Samian mengatakan, keempat tersangka yang ditangkap berinisial N (19), GM (20), J (18), dan E (48), seorang ibu rumah tangga yang juga terlibat dalam kasus ini
4 pelaku pembunuhan Diki Jaya diperlihatkan ke publik oleh Polres Sukabumi (Sumber: SU/Ilyas)
Sukabumi07 Oktober 2024, 15:25 WIB

Kecelakaan Byson dan Beat di R Syamsudin Kota Sukabumi, Dua Pelajar Terpental

Sejumlah saksi di lokasi kejadian, menjelaskan dua pelajar yang mengendarai Honda Beat F 5914 UAR melaju dari arah Balai Kota Sukabumi.
Satlantas Polres Sukabumi kota olah tempat kejadiaan kecelakaan di jalan R Syamsudin SH Kota Sukabumi (Sumber: SU/Asep Awaludin)
Entertainment07 Oktober 2024, 15:00 WIB

Rachel Vennya Ungkap Bukti Perselingkuhan Azizah Salsha dengan Salim Nauderer

Rachel Vennya kembali menarik perhatian publik usai membongkar bukti adanya perselingkuhan yang diduga dilakukan oleh Azizah Salsha dan Salim Nauderer, yang merupakan mantan kekasihnya.
Rachel Vennya Ungkap Bukti Perselingkuhan Azizah Salsha dengan Salim Nauderer (Sumber : Instagram/@rachelvennya dan @pratamaarhan8)
Sukabumi Memilih07 Oktober 2024, 14:50 WIB

Di Cidolog Sukabumi, Ilham Habibie Jelaskan Misi Asah-Asih-Asuh untuk Jawa Barat Berbasis Imtak

Momen kampanye Pilgub Jawa Barat dipergunakan oleh pasangan Calon Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie (ASIH) untuk terus sosialiasi dan bertemu masyarakat
Ilham Habibie, Calon Wakil Gubenur dari pasalon Nomor urut 3 di Pilgub Jabar 2024  | Foto : Ragil Gilang
Life07 Oktober 2024, 14:00 WIB

Misteri Jembatan Gantung Biru Cipayung Depok, Sering Terlihat Penampakan Kuntilanak

Jembatan gantung biru di Cipayung, Depok, memang menyimpan cerita mistis yang menarik perhatian banyak orang.
Jembatan gantung biru di Cipayung, Depok, memang menyimpan cerita mistis yang menarik perhatian banyak orang. (Sumber : Screenshot YouTube/@TRANS7 Lifestyle).
Entertainment07 Oktober 2024, 13:30 WIB

Tria Comeback Bersama The Changcuters di Panggung Synchronize Fest 2024

Grup band The Changcuters memberikan kejutan spesial kepada para penggemar yang datang untuk melihat penampilan mereka di festival musik Synchronize Fest 2024 hari kedua, pada Sabtu, 5 Oktober 2024 lalu.
Tria Comeback Bersama The Changcuters di Panggung Synchronize Fest 2024 (Sumber : Instagram/@thechangcuters)
Musik07 Oktober 2024, 13:00 WIB

2NE1 Sukses Gebrakan Panggung di Konser Welcome Back Selama Tiga Hari di Seoul

2NE1 sukses comeback sekaligus merayakan anniversary debut ke-15 melalui konser Welcome Back selama tiga hari dari 4 sampai 6 Oktober 2024, di Olympic Hall, Seoul, Korea Selatan.
2NE1 Sukses Gebrakan Panggung di Konser Welcome Back Selama Tiga Hari di Seoul (Sumber : Instagram/@2ne1official)
Bola07 Oktober 2024, 12:00 WIB

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu Menyebut Timnas Indonesia Akan Lolos ke Piala Dunia 2026

Hajime Moriyasu menyebut Timnas Indonesia sebagai tim kuda hitam di Grup C, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Hajime Moriyasu menyebut Timnas Indonesia sebagai tim kuda hitam di Grup C, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Sumber : Instagram/@1hajimem).