10 Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan dan Fun Fact yang Jarang Diketahui

Jumat 02 Agustus 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi. Fun Fact Kopi Hitam: Berlawanan dengan kepercayaan umum, kopi yang dipanggang lebih gelap tidak memiliki lebih banyak kafein daripada kopi yang dipanggang lebih terang. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi. Fun Fact Kopi Hitam: Berlawanan dengan kepercayaan umum, kopi yang dipanggang lebih gelap tidak memiliki lebih banyak kafein daripada kopi yang dipanggang lebih terang. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang sangat menyukai kopi. Pecinta kafein biasanya ingin secangkir kopi segar segera setelah bangun tidur.

Bagi pecinta kopi, kopi lebih dari sekadar minuman atau minuman hangat di pagi hari. Kopi bagaikan bahan bakar yang menjaga baterai tubuh mereka tetap terisi.

Sebagian orang tidak menyukai kopi hitam karena rasa pahitnya. Namun, kopi hitam dapat membantu menyembuhkan tubuh jika mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Baca Juga: 10 Karakter Cerdas Orang Sukses yang Sulit Ditiru, Hidupnya Disiplin!

Setidaknya ada belasan alasan ilmiah mengapa Updaters harus minum kopi setiap hari. Namun, tahukah Anda bagaimana minum kopi hitam memengaruhi tubuh dan pikiran Anda? Apa saja manfaat kesehatan yang dimilikinya? Simak ulasannya sebagaimana melansir pharmeasy.in!

Fakta Gizi Kopi Hitam

Ingatlah manfaat nutrisi berikut dari kopi hitam untuk 100 ml kopi hitam tanpa pemanis dan susu.

Kopi secara alami kaya akan vitamin B-2, vitamin B-3, magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik. Selain itu, karena merupakan kopi hitam dan bebas susu atau gula, kopi ini mengandung 0% lemak dan karbohidrat atau protein.

Secangkir kopi hitam juga merupakan sumber zat gizi mikro lainnya seperti mangan, natrium, riboflavin, dan Niacin.

Manfaat kopi hitam sebelum rutinitas latihan berasal dari kandungan kafein dalam minuman ini, yang membantu membuat Anda lebih waspada dan meningkatkan kinerja. Manfaat kopi hitam ini sering disebut sebagai alasan kebanyakan orang minum kopi.

Bergantung pada jenis kopi hitam (dari kopi saring hingga espresso), secangkir 100 ml mungkin mengandung antara 64 mg dan 300 mg kafein. Terakhir, kopi secara alami kaya akan antioksidan termasuk melanoidin.

Baca Juga: El Rumi & Syifa Hadju Viral! 7 Ciri Laki-laki Memiliki Love Language Act of Service

Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

1. Kopi Hitam Dapat Mengurangi Berat Badan

Kopi hitam adalah minuman bebas kalori yang dapat membantu menjaga berat badan tetap sehat. Kopi hitam kaya akan kafein yang dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi Anda, sehingga menekan rasa lapar.

Kopi hitam mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa. Oleh karena itu, jika Anda minum kopi hitam setelah makan, hal itu dapat membantu memperlambat pembentukan glukosa. Kopi hitam juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mengatasi masalah berat badan.

2. Kopi Hitam Membantu Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein diketahui dapat menstimulasi sistem saraf kita. Stimulasi ini dapat membantu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah. Hormon ini dikenal sebagai hormon fight-or-flight, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.

3. Kopi Hitam Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum kopi hitam dapat membantu Anda melawan risiko diabetes secara efektif. Kopi dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang dapat mengatur kadar glukosa darah.

4. Kopi Hitam Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Ungkapan yang cukup sering didengar adalah kafein dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi itu tidak benar.

Mengonsumsi kopi secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi efeknya dapat berkurang seiring waktu. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Tahukah Anda bahwa kafein, yang merupakan penambah energi dalam minuman favorit Anda, sebenarnya memiliki efek diuretik?

Artinya, kafein dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak urine dan berpotensi membuat Anda merasa dehidrasi. Jadi, saat menikmati minuman berkafein, ingatlah untuk tetap terhidrasi dengan banyak air untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menghindari rasa haus.

Baca Juga: 10 Sikap yang Membuat Orang Lain Kesal Pada Kita, Salah Satunya Tidak Menepati Janji

5. Kopi Hitam Bisa Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Hati

Hati merupakan organ vital yang bekerja secara diam-diam untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kopi hitam dapat membantu mengurangi kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati.

6. Kopi Hitam Membantu Menjaga Sistem Kemih Tetap Bersih

Karena kopi bekerja sebagai diuretik (meningkatkan produksi urine), Anda akan lebih sering buang air kecil. Itu membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh kita. Itu membantu menjaga perut Anda tetap bersih dan sehat.

7. Kopi Hitam Dapat Membantu Mencegah Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker tertentu seperti kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara. Kopi membantu mengurangi peradangan internal.

8. Kopi Hitam Dapat Meningkatkan Memori

Minum kopi hitam dapat melawan fungsi normal otak dan menjaga otak Anda tetap sehat. Kopi hitam membantu menjaga saraf otak tetap kuat dan meningkatkan daya ingat Anda.

9. Kopi Hitam Membantu Mengurangi Stres

Kopi adalah minuman ajaib yang dapat membantu Anda rileks dari stres dan ketegangan. Secangkir kopi hitam dapat langsung meningkatkan suasana hati dan membuat keadaan menjadi lebih baik.

Kopi dapat merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan neurotransmitter, seperti dopamin dan serotonin.

10. Kopi Hitam Dapat Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer menyerang kelompok usia lanjut, biasanya lebih dari 65 tahun. Minum kopi hitam dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 12 Sikap yang Membuat Orang Lain Tidak Menghargai Kita

Fun Fact Kopi Hitam

Berlawanan dengan kepercayaan umum, kopi yang dipanggang lebih gelap tidak memiliki lebih banyak kafein daripada kopi yang dipanggang lebih terang.

Faktanya, kopi yang dipanggang lebih terang cenderung mengandung konsentrasi kafein yang sedikit lebih tinggi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MarkPlus. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi19 September 2024, 19:26 WIB

Hindari Jalan Bergelombang, Kronologi Truk Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Tanjakan Baeud

Berikut keterangan polisi terkait kronologi kecelakaan maut di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi, Truk ekspedisi tabrak pemotor hingga tewas.
Kecelakaan maut Truk boks ekspedisi tabrak pemotor di Tanjakan Baeud Warungkiara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life19 September 2024, 19:00 WIB

5 Kisah Urban Legend yang Menyeramkan di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat.
Ilustrasi - Kelima kisah ini adalah bagian dari urban legend yang terus berkembang dan menakutkan banyak orang, terlepas dari zaman atau tempat. (Sumber : Instagram/@noraalexandra/@Freepik.com).