5 Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Rabu 31 Juli 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi. Rekomendasi Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Rekomendasi Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol merupakan awal mula dari timbulnya berbagai penyakit mematikan lain yang menyerang tubuh manusia.

Berbagai penyakit yang mengintai tidak hanya penyakit ringan saja seperti rasa nyeri pada badan, keram, hingga xanthoma namun penyakit mematikan lain juga dapat mengintai tubuh seperti stroke, gagal jantung, hingga kematian.

Tingkat kolesterol di Indonesia juga mengkhawatirkan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjabarkan bahwa lebih dari 28% penduduk di Indonesia menderita kolesterol tinggi. Lebih mengejutkan lagi, 7,9% penderita kolesterol tinggi berakhir dengan kematian dengan korban berusia anak-anak, remaja, hingga orang tua. 

Banyak cara mengatasi hingga menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi. Mulai dari menjaga pola makan, konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, hingga melakukan pola hidup sehat seperti berolahraga.

Baca Juga: 14 Basic Manner yang Harus Orang Tua Ajarkan pada Anak Sejak Dini

Menurut para ahli kesehatan, olahraga minimal 30 menit secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Updaters ingin tahu jenis olahraga yang cocok untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh? Yuk simak artikel berikut, dirangkum dari berbagai sumber!

Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

1. Jogging atau Berlari

Jogging atau Berlari dapat menjadi alternatif olahraga murah untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, jogging atau berlari selama 1 jam dalam kurun waktu 5 hari secara konsisten dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain menurunkan kadar kolesterol, baik joging atau berlari dapat menurunkan berat badan dalam tubuh serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Sangat disarankan untuk melakukan jogging atau berlari saat pagi hari sebelum beraktivitas.

Baca Juga: 14 Table Manner Makan di Restoran yang Bisa Membuat Anda Terlihat Berkelas

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang memerlukan energi yang sama besarnya dengan jogging. Terlebih bersepeda dapat diatur kecepatannya baik untuk santai atau mencapai target tertentu.

Bersepeda juga menjadi olahraga yang hits akhir-akhir sehingga Updaters dapat melakukannya bersama teman dan keluarga. 

Peneliti mengungkapkan orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki risiko lebih rendah terkena kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu, manfaat dari bersepeda dapat melancarkan peredaran darah dan meredakan nyeri sendi. 

3. Berenang

Berenang menjadi olahraga yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Meski tidak berkeringat, namun kalori yang terbakar saat berenang lebih banyak sehingga baik untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

Selain menurunkan berat badan, berenang juga dapat memperkuat jantung hingga memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Berenang juga tidak terlalu menekan pergerakan sendi sehingga aman bagi tubuh untuk usia dan kondisi tertentu.

Baca Juga: 10 Cara Hidup Sederhana yang Banyak Dilakukan Orang Sukses

4. Yoga

Yoga juga dapat menjadi alternatif olahraga lain dalam menurunkan kolesterol. Meskipun terlihat seperti olahraga tidak intens, melakukan yoga justru membantu menurunkan risiko serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Yoga merupakan olahraga bersifat meditasi sehingga dapat menurunkan kadar stres. Kadar stres inilah yang diduga pemicu masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi.

Uniknya, olahraga ini dapat dilakukan dimana saja asalkan kondisi dan situasinya mendukung. Lakukan yoga selama 3 bulan agar efek menurunkan kolesterol tubuh dapat terlihat dengan baik.

5. Angkat beban

Rekomendasi olahraga terakhir untuk mengatasi kolesterol tinggi yaitu angkat beban. Angkat beban mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga aliran darah lebih lancar.

Angkat beban juga dapat melindungi kesehatan jantung. Sangat disarankan untuk menggabungkan olahraga ini dengan aktivitas aerobik atau olahraga lain agar kadar lemak di dalam tubuh dapat turun dengan drastis dan menjaga kebugaran kardiovaskular tubuh.

Baca Juga: 10 Cara Memenangkan Hati Mertua Agar Kita Disukai dan Disenangi

Itulah beberapa rekomendasi olahraga yang mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Selalu jaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat ya Updaters!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)