7 Tips Mencegah Batu Ginjal, Dimulai Dari Gaya Hidup

Selasa 30 Juli 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi. Pola hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit batu ginjal. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Pola hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit batu ginjal. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat batu yang menghambat saluran urine di dalam ginjal. Batu tersebut biasanya terbuat dari mineral dan garam sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa saat akan mengeluarkan urine.

Biasanya, penyakit batu ginjal diderita oleh pasien berusia 30-60 tahun, namun tak jarang banyak juga pasien berusia di bawah 25 tahun yang terkena penyakit ini di era modern. 

Hal tersebut diakibatkan tidak menjaga makanan atau minuman yang beresiko menimbulkan batu ginjal. Selain itu, pola hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit batu ginjal.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Ikhlas Terlihat Dari Sikapnya, Apa Kamu Termasuk?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit batu ginjal, khususnya bagi Gen Z di usia muda saat ini. Updaters ingin tahu tips terhindar dari batu ginjal yang murah, mudah, dan dapat mulai dari sekarang? Simak artikel berikut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Mencegah Batu Ginjal

  • Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Salah satu penyebab timbulnya penyakit batu ginjal adalah tubuh kekurangan kalsium. Updaters diharapkan dapat meningkatkan kadar kalsium di dalam tubuh langsung dari makanan. Hal ini karena penggunaan suplemen justru dapat meningkatkan risiko batu ginjal. 

Beberapa makanan yang tinggi kalsium antara lain sayuran hijau (seperti pakcoy, bayam, brokoli), beberapa jenis ikan seperti ikan sarden dan ikan salmon, hingga beberapa makanan rendah lemak seperti susu dan keju rendah lemak.

Usahakan memenuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan usia masing-masing ya untuk terhindar dari penyakit batu ginjal.

  • Mencukupi Kebutuhan Air  

Untuk mencegah batu ginjal, maka perlu memenuhi kebutuhan air putih setiap hari minimal delapan gelas per hari. Jika tidak, tubuh akan membuang urine yang sangat sedikit sehingga urine lebih pekat dan susah untuk melarutkan mineral yang menumpuk. 

Anda juga dapat menambah kebutuhan air dengan mengonsumsi jus lemon atau jeruk. Kedua buah tersebut kaya akan sitrat yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal. 

  • Mengurangi Asupan Garam

Ketiga, mencegah batu ginjal bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi garam.

Konsumsi garam berlebih dapat menghambat penyerapan kalsium dari urine kembali ke darah. Hal ini menyebabkan kandungan kalsium urine tinggi, terbentuk mineral di dalam urine, dan menimbulkan batu ginjal. 

Anda dapat membatasi konsumsi garam sebanyak 2.000 miligram atau setara 1 sendok teh per hari agar terhindar dari penyakit batu ginjal.

  • Membatasi Makanan Berprotein Hewani

Selain membatasi garam, mengurangi konsumsi berprotein hewani seperti daging sapi, kambing, atau unggas hingga makanan laut juga penting untuk mencegah batu ginjal.

Makanan berprotein hewani dapat meningkatkan kandungan asam di dalam tubuh sehingga berpotensi menimbulkan asam urat. Asam urat sendiri merupakan salah satu bahan penyebab timbulnya batu ginjal di dalam tubuh. 

Anda dapat melakukan diet protein hewani untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain mengganti dengan makanan berprotein nabati serta fokus pada sayuran dan biji-bijian. 

Baca Juga: 10 Ciri Wanita Sederhana Namun Berkelas dan Selalu Elegan, Kamu Salah Satunya?

  • Membatasi Makanan Tinggi Oksalat

Membatasi makanan dengan kandungan oksalat tinggi juga perlu dilakukan karena oksalat mampu mengikat kalsium di dalam tubuh.

Jika hal ini terus dibiarkan maka ikatan membentuk kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal. Beberapa makanan yang punya kandungan tinggi oksalat yaitu kacang tanah, bayam, cokelat, kiwi, almond, dan beberapa produk kedelai.

  • Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan dengan kandungan serat tinggi sangat cocok bagi Anda yang ingin mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit batu ginjal.

Serat yang terkandung di dalam makanan mengandung asam fitat yang mampu mengkristalisasi  garam kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal. Beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi sebagai pilihan menu sehat untuk dikonsumsi antara lain apel, jagung, dan pepaya.

  • Melakukan Olahraga Teratur

Tips terakhir untuk mencegah batu ginjal adalah melakukan olahraga secara rutin. 

Memiliki jadwal olahraga teratur dapat mencegah penyakit batu ginjal karena tubuh dapat mengontrol tekanan darah, glukosa, hingga kolesterol.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk mencegah batu ginjal, namun cukup dengan berolahraga ringan seperti jogging, berenang, hingga bersepeda. 

Baca Juga: 10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Demikian tujuh tips terhindar dari batu ginjal yang mudah, murah, dan dapat dilakukan saat ini juga. Jika Updaters tetap merasa sakit pada area sekitar ginjal kanan atau kiri, segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana