10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Selasa 23 Juli 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)

Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi. (Sumber : Freepik/@timolina)

SUKABUMIUPDATE.com - Telur rebus memang digemari banyak orang karena rasanya yang lezat dan mudah diolah. Tapi tahukah Anda bahwa di balik kelezatannya, telur rebus menyimpan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh manusia?

Kandungan Gizi Telur

Telur mengandung vitamin A, folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin D, zat besi, karotenoid, fosfor, selenium, dan seng. Hampir tidak ada makanan lain yang mengandung begitu banyak vitamin dan mineral. Tidak heran mengapa telur disebut sebagai makanan super .

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Dikutip dari laman Health Shots seorang Ahli Gizi Eksekutif Senior, Cloudnine Group of Hospitals, Navi Mumbai, VashiShivani Bavalekar, menjelaskan tentang manfaat kesehatan dari telur rebus.

1. Telur Rebus Memiliki Lemak Sehat

Telur rebus mengandung lemak sehat atau baik yang melindungi organ dan membantu menjaga tubuh tetap hangat, membuat telur rebus sempurna untuk musim dingin.

2. Telur Rebus Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Telur mengandung vitamin B6 dan B12 dalam jumlah yang baik beserta seng, dan keduanya “membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan flu dan pilek,” kata Bavalekar.

3. Telur Rebus Menjaga Tulang Tetap Kuat

Telur merupakan sumber Vitamin D yang baik, yang tidak hanya akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda, tetapi juga menjaga tulang Anda tetap kuat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur mengandung sumber protein rendah lemak dan asam amino yang baik, dengan kalori rendah yang dapat membantu penurunan berat badan, sesuatu yang tidak mudah dilakukan selama musim dingin karena kelesuan atau cuaca dingin menciptakan hambatan dalam program kebugaran Anda.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Telur mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3 dan kolin, yang “membangun membran sel dan berperan dalam menghasilkan molekul sinyal di otak,” kata ahli tersebut.

6. Melindungi Mata

Kuning telur atau bagian kuning dari telur rebus diperkaya dengan lutein dan zeaxanthin, yang melindungi mata dan juga mengurangi risiko katarak, jadi untuk mendapatkan mata yang sehat, makanlah telur rebus.

7. Membantu Meningkatkan Kecantikan Kulit

Vitamin C dalam telur rebus membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga dapat membantu mencegah munculnya garis halus dan keriput.

8. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Telur mengandung biotin, yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Oleh karenanya, mengonsumsi telur rebus sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan rambutnya.

9. Kesehatan Jantung

Telur rebus mengandung kolesterol baik (HDL) yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.,” Bavalekar ucap.

10. Telur Rebus Baik untuk Ibu Hamil atau Sedang Menyusui

Telur rebus merupakan pilihan makanan yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Hal ini dikarenakan telur rebus kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi, seperti:

Protein: Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin pada ibu hamil, serta untuk produksi ASI pada ibu menyusui.

Kolin: Kolin penting untuk perkembangan otak dan mata janin, serta untuk kesehatan kognitif ibu menyusui.

Selenium: Selenium penting untuk sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi, serta untuk mencegah kerusakan sel.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)